Kenali 6 Pertanyaan Benefit Kerja Yang Wajib Ditanyakan!

2 min read

Menerima offering letter pasti menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para job seeker. Namun sebelum mendapatkannya, job seeker harus melalui serangkaian perjalanan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya adalah proses interview HR dan user, di mana momen tersebut menjadi bagian penting bagi pelamar untuk mempromosikan dirinya. Di akhir interview biasanya pelamar akan diberikan kesempatan untuk mengajukan beberapa pertanyaan. Inilah waktunya bagi pelamar untuk bertanya mengenai company benefit atau benefit kerja yang akan kamu terima. 

Dalam menyampaikannya, pelamar harus melakukannya dengan sopan dan upayakan untuk melakukan riset terlebih dahulu agar poin-poin yang ditanyakan dapat menjawab kebutuhanmu. Berikut 5 pertanyaan mengenai company benefit yang wajib kamu tanyakan sebelum kamu memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan:

1. Cuti Tahunan

Cuti adalah hak karyawan untuk tidak bekerja dalam jangka waktu tertentu
Cuti adalah hak karyawan untuk tidak bekerja dalam jangka waktu tertentu

Hak bagi setiap karyawan, cuti tahunan. Pada umumnya pemberian cuti kerja ada sebanyak 12 hari dalam satu tahun, tetapi beberapa perusahaan memberikan waktu cuti sebanyak 30 hari, bahkan ada yang memberikan cuti hari-hari tertentu di luar cuti tahunan. Jadi kamu perlu memastikan cuti apa saja yang akan kamu dapatkan dan masa berlaku efektif cuti tersebut. Penggunaan cuti biasanya baru berlaku setelah karyawan baru bekerja selama satu tahun. Kamu perlu memastikan kebijakan ini pada perusahaan tempatmu melamar.

2. Asuransi Kesehatan

Pastikan jaminan kesehatanmu ditanggung oleh perusahaan agar kamu bisa bekerja secara optimal
Pastikan jaminan kesehatanmu ditanggung oleh perusahaan agar kamu bisa bekerja secara optimal

Selain kewajiban perusahaan memberikan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, perusahaan biasanya memberikan benefit keja lain berupa asuransi kesehatan. Asuransi menjadi hal yang sangat penting untuk menjamin kesehatan karyawan. Pertanyaan yang wajib kamu tanyakan mengenai asuransi, apakah asuransi meng-cover biaya rawat inap, berapa limit biaya tersebut, apakah tersedia perawatan mata dan gigi, serta bagaimana sistem pencairannya apakah melalui reimburse, tap or swipe card, atau mobile aps. Asuransi tidak hanya wujud perusahaan untuk menjaga dan melindungi karyawan melainkan juga keluarganya. 

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Interview HRD dan User untuk Siapkan Strategimu 

3. Dana Pensiun

Jaminan hari tua menjadi hal penting untuk tabungan di masa depan
Jaminan hari tua menjadi hal penting untuk tabungan di masa depan

Memiliki dana pensiun adalah impian semua karyawan. Dana pensiun merupakan bentuk apresiasi dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Namun tidak semua perusahaan memberikan benefit ini. Jadi kamu bisa menanyakannya terlebih dahulu, karena dengan adanya jaminan hari tua, masa depanmu akan lebih terjamin, sehingga kamu bisa fokus memaksimalkan kinerja di masa sekarang.

4. Fasilitas Perusahaan

Adanya fasilitas perusahaan akan menunjang kinerja karyawan untuk memberikan hasil yang maksimal
Adanya fasilitas perusahaan akan menunjang kinerja karyawan untuk memberikan hasil yang maksimal

Pada posisi tertentu umumnya perusahaan akan memberikan fasilitas kepada karyawan, baik berupa laptop maupun kendaraan. Kamu perlu tanyakan apakah di posisi yang kamu lamar ada benefit kerja seperti fasilitas perusahaan yang diberikan, lalu kapan fasilitas tersebut dapat digunakan. Tak hanya berupa aset personal, sebagian perusahaan juga menyediakan lahan berupa lapangan bulutangkis, voli, dsb., sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk membuat gaya hidup karyawan lebih sehat. Perusahaan juga memberikan fasilitas voucher pelatihan untuk pengembangan karyawan agar dapat meningkatkan performa kinerjanya.

5. Mekanisme Kontrak Kerja dan Kenaikan Gaji

Perhatikan kontrak kerja dan kenaikan gaji agar kesejahteraanmu terjamin
Perhatikan kontrak kerja dan kenaikan gaji agar kesejahteraanmu terjamin

Sebelum kamu menyetujui kontrak kerja dengan perusahaan, hal terpenting yang perlu kamu perhatikan adalah mekanisme kontrak kerja tersebut. Beberapa perusahaan menerapkan sistem probation untuk proses pengangkatan menjadi karyawan tetap. Namun ada juga perusahaan yang tidak lagi melakukan pengangkatan karyawan tetap melainkan dengan kontrak berjangka yang diperbaharui dan diperpanjang setiap periode tertentu. Oleh sebab itu, penting bagi kamu mengetahui mekanisme kontraknya agar tidak terjadi kesalahpahaman di masa mendatang.

Kontrak kerja yang sudah pasti tentunya akan berpengaruh pada kenaikan gaji. Beberapa perusahaan memberikan kenaikan gaji setiap tahun atas dasar evaluasi kinerja karyawan selama setahun berjalan. Kamu perlu tanyakan apakah gaji yang akan kamu terima selama bekerja akan ada kenaikan di setiap periodenya atau tetap tanpa ada kenaikan. 

6. Tunjangan dan Upah Lembur

Selain tunjangan tahunan, biasanya perusahaan juga memberikan tunjangan lain seperti pulsa, dsb
Selain tunjangan tahunan, biasanya perusahaan juga memberikan tunjangan lain seperti pulsa, dsb

Tunjangan wajib bagi perusahaan adalah tunjangan THR, tetapi tak sedikit perusahaan yang memberikan tunjangan di momen-momen tertentu atau momen bahagia karyawan seperti halnya tunjangan 1x gaji di hari ulang tahun karyawan. Beberapa perusahaan juga memberikan tunjangan lain seperti tunjangan jabatan dan kinerja yang bentuknya bisa berupa insentif atau bonus. Hal ini bisa kamu tanyakan apakah perusahaan menyediakan benefit kerja berupa tunjangan lain dan bagaimana prosedur mendapatkannya.

Bekerja maksimal dengan upah yang sepadan tentu menjadi idaman banyak orang. Namun tidak semua perusahaan menerapkan upah lembur bagi karyawannya yang bekerja di luar jam operasional. Kamu harus menanyakan apakah perusahaanmu akan mengapresiasi pekerjaan overtime dengan memberikan upah lembur. Jika tidak, maka ke depannya kamu tidak bisa keberatan dengan kebijakan yang telah ditentukan.

Gimana sobat MySkill? Sudah siap bekerja dengan penawaran benefit-benefit menarik dari perusahaan tempatmu melamar? Agar keterampilan dan kompetensimu terus meningkat, kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan yang tersedia di MySkill sehingga kamu memiliki bekal untuk siap bekerja di tempat barumu.

Baca Juga: Tidak Hanya Interview, Ini Tahap Seleksi Kerja Lain Saat Melamar Pekerjaan 

Penulis: Utami Nur Hidayati

Editor: Dinan Fuzianti