Sediakan Layanan Penyimpanan Hingga 2 TB, Ini Fitur-Fitur yang Ada di Google One

Apakah kita menggunakan cloud storage untuk berbagai kebutuhan pekerjaan? Google One adalah salah satu layanan cloud storage yang bisa dimanfaatkan, lho.

Apa Itu Google One?

Dilansir dari situs resmi Google, Google One adalah layanan cloud storage yang memungkinkan kita untuk menyimpan file dokumen, foto, hingga video. Layanan ini berbeda dengan yang ditawarkan oleh Google Drive, karena Drive hanya menawarkan layanan untuk menyimpan data di satu cloud storage. Sementara, layanan terbaru Google ini menawarkan layanan berlangganan yang bisa digunakan untuk seluruh produk Google termasuk Drive, Gmail, dan Photos. Kita bisa menggunakan layanan ini dengan membayar biaya langganan. Dengan biaya tersebut, kita bisa menyimpan data dengan kapasitas mulai dari 100GB hingga 30TB.

Fitur Google One

  1. Family member
  • Melalui fitur family member, layanan ini dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh lima orang sekaligus. Siapa pun yang menjadi anggota dari fitur family member dapat berbagi storage dengan kita. Jadi, jika kita memiliki paket 200GB, kumpulan storage itu tersedia untuk semua orang dalam grup. Namun, file semua orang tetap terjaga privat.

2. VPN

  • Keunggulan lainnya adalah fitur VPN. Menurut Cnet, fitur ini dapat diakses apabila kita berlangganan dengan kapasitas 2TB atau lebih. VPN ini terintegrasi ke dalam aplikasi Google One dan berfungsi untuk memberikan lapisan keamanan ekstra saat kita online. Untuk saat ini, fitur VPN hanya bisa dijalankan di sistem operasi Android saja.

3. Google Experts

  • Selain fitur family member dan VPN, berlangganan Google One juga akan memberikan kita akses pada fitur Google Experts. Fitur ini dikembangkan agar para pengguna layanan dapat berinteraksi dengan para pakar ahli yang akan membantu kita dengan salah satu produk Google. Dengan kata lain, Google Experts merupakan layanan customer support yang lebih eksklusif.

Biaya Berlangganan Google One

  1. 100GB, 2 dolar AS per bulan
  • Dengan biaya 2 dolar AS per bulan atau 20 dolar AS per tahun, kita akan mendapatkan kapasitas storage sebesar 100 GB. Kapasitas ini dapat digunakan di Drive, Gmail, maupun Photos.

2. 200GB, 3 dolar AS per bulan

  • Selain manfaat yang kita dapatkan dengan paket 100GB, pelanggan 200GB mendapatkan lebih banyak penyimpanan serta manfaat anggota tambahan hanya dengan Rp42 ribu. Salah satunya adalah cashback sebesar 3% untuk pembelian paket berlangganan aplikasi di Google Store.

3. 2TB, 10 dolar AS per bulan

  • Berlangganan paket storage 2TB memberikan semua manfaat yang sama dari dua paket sebelumnya, ditambah dengan keuntungan tambahan cashback hingga 10% ketika berlangganan aplikasi di Google Store. Pelanggan yang berlangganan paket ini juga mendapatkan layanan VPN untuk ponsel Android. Kita cukup membayar Rp142 ribu per bulannya.

4. Paket berlangganan lainnya

  • Selain tiga paket di atas, masih ada paket berlangganan dengan kapasitas storage 10TB, 20TB, atau 30TB. Untuk bisa berlangganan paket ini, kita harus telah berlangganan salah satu dari tiga paket sebelumnya. Setelah menjadi pelanggan, kita dapat mengakses fitur yang sama dengan tiga paket sebelumnya dengan kapasitas storage yang lebih besar.

Berlangganan Google One

Sebelum berlangganan kita harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Dengan memiliki akun, kita telah mendapatkan layanan gratis dengan kapasitas storage sebesar 15GB. Kemudian, kita hanya perlu mengakses website resmi Google One dan memilih paket berlangganan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kita ingin mengubah paket, buka situsnya dan pastikan kita menggunakan akun yang benar. Klik Storage di sisi kiri layar lalu pilih Get More Storage, atau scroll ke bawah untuk pilihan lainnya. Pilih paket yang kita inginkan dan ikuti petunjuk di layar untuk mengonfirmasi. Kita juga dapat membuka laman Setting dan pilih Change Membership Plan. Jika kita ingin membatalkan keanggotaan, kunjungi Setting dan pilih Cancel Membership.

Nah, itu dia hal-hal yang perlu kita ketahui mengenai layanan Google One. Dengan menggunakan layanan ini, kita bisa menyimpan data-data dengan aman dan mengaksesnya kapanpun dibutuhkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan