3 Jawaban Pertanyaan Seputar Google Analytics Bagi Pemula

Google Analytics merupakan salah satu tools populer yang umum digunakan oleh seorang pemula atau pemilik situs penjualan produk dan jasa. Layanan ini memberikan informasi secara cuma-cuma, jadi siapa coba yang nggak tertarik? Hanya perlu membuat akun dan dalam 24 jam kamu sudah mendapat laporan dari keseluruhan data.

Tentunya sahabat MySkill.id pasti tertarik dong untuk mengulik sedikit lebih dalam lagi, setidaknya untuk memperoleh pengetahuan dasar mengenai Google Analytics. Yuk kita bahas bareng-bareng ya!

1. Apa itu Google Analytics?

3 Jawaban Pertanyaan Seputar Google Analytics Bagi Pemula
Google Analytics adalah layanan gratis Google untuk analisa website

Platform Google yang memberikan layanan analisis gratis ini merupakan bagian dari Google Marketing Platform. Fungsinya adalah untuk memberikan gambaran mengenai pengunjung dan memantau traffic atau performa website

Data-data yang terkumpul dapat memberikan informasi mengenai seberapa banyak pengunjung website, asal atau lokasinya, apa yang mereka lakukan di halaman situs, elemen apa yang membuat situs menarik, berapa lama orang tersebut mengunjungi situs kamu, dan pada bagian mana mereka meninggalkan situs.

2. Apa Saja Informasi yang Dapat Dilihat?

3 Jawaban Pertanyaan Seputar Google Analytics Bagi Pemula
Banyak laporan yang Google Analytics berikan

Melalui tools analisis ini, Google dapat memberikan informasi mengenai beberapa laporan lewat menu dashboard, berikut MySkill.id beri penjelasan singkatnya ya!

  • Realtime Dashboard

Opsi pertama pada sisi kiri menu yang berfungsi menampilkan visualisasi data seberapa banyak orang yang mengunjungi situs saat ini (real-time).  Pada menu ini pemilik situs dapat mengetahui jumlah, perangkat, atau lokasi pengunjung. Kamu juga mendapat informasi mengenai konten apa saja yang menarik bagi mereka.

  • Audience Dashboard

Dari opsi kedua ini, pemilik situs dapat mengetahui jumlah pengunjung dalam satu hari, satu minggu, atau satu bulan terakhir. Selain itu, lama waktu berkunjung, persentase visitor lama dan baru, bahasa, dan masih banyak lagi. Usia dan jenis kelamin juga merupakan salah satu yang dapat kamu jadikan acuan untuk menyesuaikan antara konten dan batasan umur.

  • Acquisition Dashboard

Menu ini memberikan insight dari mana pengunjung menemukan situs kamu. Traffic ini dapat berasal dari pencarian organik (Google), email, iklan Google (Ads), media sosial (Facebook, Instagram, Twitter), atau referral (tautan dari situs lain atau Youtube). Melalui menu ini, kamu dapat mengetahuimana sumber yang mendatangkan traffic paling banyak.

  • Behavior Dashboard

Dari sini kamu dapat mengetahui pageviews (jumlah total halaman yang pengunjung lihat), unique pageviews (ketika mereka setidaknya mengunjungi satu halaman website), average time on page (waktu yang dihabiskan pada satu halaman), bounce rate (persentase visitor yang hanya melihat satu halaman kemudian berhenti), dan percentage exit (seberapa sering orang pergi dari halaman situs).

  • Conversion Dashboard

Menu terakhir ini menunjukkan bagaimana tingkat konversi. Apa itu? Maksudnya adalah aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung saat mengunjungi situs seperti membeli produk, berlangganan, atan mengunjung gambar dan video. Sehingga, akan sangat bermanfaat bagi kamu seorang pemilik online shop untuk mengetahui informasi penjualan produk atau keberhasilan marketing.

3. Kenapa Perlu Menggunakan Google Analytics?

3 Jawaban Pertanyaan Seputar Google Analytics Bagi Pemula
Layanan gratis segudang manfaat

Selain penggunaannya yang tanpa biaya alias gratis, cukup banyak manfaat yang dapat pemilik situs peroleh ketika menggunakan Google Analytics, berikut Myskill.id rangkum untuk kamu:

  • Mengukur performa website demi meningkatkan kinerjanya
  • Menilai keberhasilan marketing
  • Jenis konten atau produk apa yang menarik pengunjung, serta cocok untuk ditampilkan dan diperjual belikan
  • Memiliki target pengunjung atau pengguna yang jelas (usia, jenis kelamin, tempat tinggal) agar penjualan tepat sasaran
  • Mengoptimalkan situs untuk meningkatkan konversi

Itulah 3 jawaban dari pertanyaan mendasar mengenai Google Analytics yang biasanya muncul dari seorang pemula. MySkill.id telah menjelaskannya secara singkat agar lebih mudah untuk dipahami. Gimana? Semoga kamu bisa paham ya!

Oh iya, kamu juga bisa lho ikut kelas yang MySkill.id adakan. Namanya kelas Google Analytics Dasar, di sini topik yang akan kita bahas bersama adalah seputar konsep Google Analytics, memahami data-data esensial bagi website, penjelasan matrik dan grafik, serta belajar analisa website untuk pemula. Menarik banget nggak sih? Kamu bisa tahu dan bertanya lebih banyak lagi. Yuk join bareng teman-teman yang lain!

Tinggalkan Balasan