Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Vs Bahasa Indonesia. Apa Bedanya?

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang digunakan oleh para pencari kerja untuk mengajukan diri ke sebuah perusahaan atau organisasi. Baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia, surat lamaran kerja memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan informasi tentang diri kita kepada calon pemberi kerja dan mengungkapkan minat kita terhadap posisi yang ditawarkan.
Namun, ada beberapa perbedaan penting antara surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Berikut adalah beberapa perbedaan yang telah My Skill rangkum. Yuk simak!.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

1. Bahasa dan Gaya Penulisan

  • Surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris umumnya menggunakan gaya formal dengan struktur kalimat yang lebih kompleks dan formal dibandingkan dengan Bahasa Indonesia.
  • Penggunaan kata-kata yang lebih bervariasi dan penggunaan idiom atau frase yang sesuai dengan konteks kebahasaan Inggris juga menjadi ciri khas dalam surat lamaran kerja Bahasa Inggris.

2. Struktur Surat Lamaran Kerja

  • Surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris umumnya mengikuti struktur yang terdiri dari pembukaan, paragraf isi, dan penutup, yang disusun secara sistematis dan terstruktur.
  • Struktur ini memungkinkan para pembaca untuk dengan mudah mengikuti alur pikiran kita dan memahami maksud dari surat lamaran kerja kita.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

4. Pembahasan Pengalaman dan Keterampilan

  • Dalam surat lamaran kerja Bahasa Inggris, pembahasan mengenai pengalaman kerja dan keterampilan yang relevan umumnya lebih terperinci dan menggunakan bahasa yang lebih spesifik.
  • Para pelamar kerja cenderung menonjolkan pencapaian mereka dalam karier sebelumnya dan keterampilan yang dapat mereka bawa ke posisi yang ditawarkan.

5. Pemilihan Kata dan Ekspresi

  • Pemilihan kata dan ekspresi dalam surat lamaran kerja Bahasa Inggris lebih dipertimbangkan secara cermat untuk menciptakan kesan profesional dan meyakinkan calon pemberi kerja.
  • Kekuatan bahasa dan kejelasan penyampaian informasi menjadi fokus utama dalam penulisan surat lamaran kerja Bahasa Inggris.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Dengan memahami perbedaan antara surat lamaran kerja Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, kita dapat menyesuaikan penulisan surat lamaran kerja sesuai dengan konteks dan kebutuhan yang spesifik. Pastikan untuk memperhatikan gaya penulisan, struktur, dan bahasa yang digunakan untuk membuat surat lamaran kerja kita menjadi lebih efektif dan menarik perhatian rekruter. Selamat mencoba!.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill