Interview kerja adalah momen penting dan tidak dapat dilepaskan dengan proses rekrutmen oleh suatu perusahaan, tetapi terkadang kita bisa terlambat. Selain membuat stres, hal ini juga akan mempengaruhi fokus dan kepercayaan diri kita saat interview.
Tidak perlu panik, karena masih ada cara untuk mengatasi situasi tersebut dengan baik dan profesional.
Berikut My Skill rangkumkan beberapa tipsnya. Yuk simak!
Daftar Isi
1. Beritahu segera
Kalau sadar akan keterlambatan, segera beritahu pihak yang bersangkutan. Beri tahu alasan dengan jujur, seperti macet atau masalah transportasi. Memberi kabar cepat bisa menunjukkan bahwa kita menghargai waktu mereka.
2. Mintalah maaf tulus
Ketika sampai di lokasi, minta maaf dengan tulus kepada mereka yang menunggu. Ucapkan terima kasih atas kesabaran dan pengertian mereka. Sikap sopan akan membantu memperbaiki kesan negatif akibat keterlambatan.
3. Tetap tenang dan fokus
Meskipun terlambat, usahakan tetap tenang dan fokus selama wawancara. Jangan biarkan stres mengganggu penampilan dan kinerja kita. Fokuslah pada pertanyaan yang diajukan dan berikan jawaban dengan percaya diri.
4. Jangan berlebihan dalam alasan
Ketika menjelaskan alasan keterlambatan, hindari berlebihan atau memberikan alasan yang terdengar tidak masuk akal. Jawaban singkat dan jujur adalah kuncinya.
5. Berikan kesan positif
Meskipun terlambat, kita masih bisa memberikan kesan positif kepada rekruter. Tunjukkan profesionalisme, antusiasme, dan komitmen kita terhadap pekerjaan yang ditawarkan.
6. Tawarkan solusi jika bisa
Jika dimungkinkan, tawarkan solusi untuk mengatasi dampak keterlambatan. Misalnya, fleksibel dengan jadwal wawancara berikutnya.
7. Belajar dari pengalaman
Setelah wawancara selesai, luangkan waktu untuk merefleksikan pengalaman keterlambatan tersebut. Identifikasi faktor penyebabnya dan cari cara untuk menghindarinya di masa depan. Pengalaman ini bisa menjadi pembelajaran berharga untuk meningkatkan manajemen waktu kita.
Terlambat saat interview kerja adalah suatu hal yang wajar ketika kita memiliki alasan yang benar benar mendesak dan tiba-tiba. Namun, meskipun terlambat, tetaplah tenang dan berkomunikasi dengan baik. Kita masih mempunyai kesempatan untuk memberikan kesan yang baik dan memperbaiki situasi yang sedang terjadi. Semangat ya!.
Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.
Dibuat oleh tim MySkill, startup pengembangan skill dan karir terbesar di Indonesia. MySkill juga mendapatkan penghargaan dari LinkedIn sebagai Top Startup Indonesia pada 2022 dan 2023. Beberapa sumber referensi tulisan di blog MySkill seperti: Kompas, IDN Times, Forbes, Indeed, Semrush, Hubspot, AIHR, Nielsen Norman Group, Xero, Atlassian, Canva, W3, Grammarly dan sebagainya.