Tips Menghadapi Interview dalam Bahasa Inggris: Wawasan dari Profesional HR

Interview yang dilaksanakan dalam bahasa Inggris bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pencari kerja, terutama bagi mereka yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris.
Berikut beberapa tips yang dapat diaplikasikan dari para profesional HR yang dapat membantu kita menghadapi interview dalam bahasa Inggris secara efektif yang sudah My Skill rangkum. Yuk simak!

1. Latihan Jawaban untuk Pertanyaan Umum dalam Bahasa Inggris

Sebelum wawancara, latihanlah untuk menjawab pertanyaan umum dalam bahasa Inggris. Hal ini akan membantu kita merasa lebih nyaman dan percaya diri saat wawancara sesungguhnya. Fokuslah pada mengungkapkan jawaban kita dengan jelas dan ringkas, dan perhatikan pengucapan dan tata bahasa kita.

2. Perbarui Keterampilan Bahasa Inggris

Luangkan waktu untuk memperbarui keterampilan bahasa Inggris kita, terutama jika kita belum banyak menggunakan bahasa Inggris dalam konteks profesional sebelumnya. Tinjaulah kembali aturan tata bahasa, kosakata, dan pengucapan, dan pertimbangkan untuk mengikuti kelas bahasa atau kursus online untuk meningkatkan kemampuan kita.

3. Siap untuk Mendiskusikan Pengalaman dan Kualifikasi

Siapkan diri untuk mendiskusikan pengalaman, kualifikasi, dan prestasi kita dalam bahasa Inggris. Gunakan contoh konkret dan metrik untuk menunjukkan keterampilan dan prestasi kita, dan siapkan diri untuk menjelaskan bagaimana hal tersebut berkaitan dengan persyaratan pekerjaan yang kita lamar. Latihlah untuk menjelaskan latar belakang profesional dan prestasi kita secara jelas dan meyakinkan.

4. Siap dengan Istilah Teknis dan Industri yang Spesifik

Tergantung pada sifat pekerjaan yang dilamar, kita mungkin akan menemui istilah teknis atau industri yang spesifik selama wawancara. Luangkan waktu untuk mengenal istilah-istilah ini sebelumnya dan latihlah untuk menggunakannya dalam konteks yang tepat. Hal ini akan membantu berkomunikasi dengan efektif dan menunjukkan pemahaman kita terhadap materi yang dibahas.

5. Dengarkan dengan Seksama dan Mintalah Penjelasan jika Diperlukan

Selama wawancara, dengarkan dengan seksama pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dan pastikan kita memahaminya sepenuhnya sebelum memberikan jawaban. Jika kita

ragu tentang sesuatu, jangan ragu untuk meminta penjelasan. Lebih baik bertanya untuk mendapatkan penjelasan daripada memberikan jawaban yang tidak akurat atau tidak lengkap.

6. Tetap Tenang dan Percaya Diri

Pertahankan sikap yang tenang dan percaya diri sepanjang wawancara, meskipun kita menghadapi kesulitan atau membuat kesalahan. Ingatlah bahwa wawancara adalah percakapan dua arah, dan pewawancara tertarik untuk mengenal kita sebagai calon karyawan. Fokuslah untuk menampilkan keterampilan, pengalaman, dan kepribadian kita dengan sebaik mungkin.

7. Latih Mendengarkan Aktif dan Komunikasi Nonverbal

Latihlah keterampilan mendengarkan aktif dan komunikasi nonverbal selama wawancara. Pertahankan kontak mata yang baik, anggukkan kepala sesekali untuk menunjukkan keterlibatan kita, dan hindari gelisah atau duduk dengan buruk. Sinyal nonverbal ini dapat menyampaikan rasa percaya diri dan profesionalisme, bahkan dalam bahasa yang mungkin bukan bahasa pertama kita.

8. Cari Umpan Balik dan Pelajari dari Setiap Pengalaman

Setelah wawancara, carilah umpan balik dari teman, anggota keluarga, atau mentor yang mahir dalam bahasa Inggris. Mintalah penilaian jujur ‚Äč‚Äčtentang penampilan kita dan area-area yang perlu diperbaiki. Gunakan setiap pengalaman wawancara sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang, dan terapkan umpan balik yang kita terima untuk wawancara di masa depan.

Kesimpulan

Menghadapi wawancara kerja dalam bahasa Inggris bisa menjadi tantangan, tetapi dengan persiapan, latihan, dan percaya diri, kita dapat mengatasi segala rintangan bahasa dan menampilkan keterampilan dan kualifikasi kita secara efektif kepada calon majikan. Dengan mengikuti tips dari para profesional HR ini, kita dapat menghadapi wawancara dalam bahasa Inggris dengan percaya diri dan meningkatkan peluang kesuksesan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan