4 Hal yang Perlu Kamu Hindari Saat Merancang Strategi Konten

Kualitas sebuah konten merupakan langkah awal yang berguna untuk menilai keberhasilan dari marketing yang berlangsung. Para marketer selalu berupaya untuk menyuguhkan ide-ide konten yang relate dan dekat dengan masyarakat guna menggapai target yang tepat sasaran. Selain hal-hal yang menjadi penentu keberhasilan sebuah pemasaran, ada pula sederet persoalan yang secara tidak langsung menghambat marketing-mu untuk berkembang. Salah satunya adalah kekeliruan pada saat merancang strategi konten yang ada.

Cobalah untuk menghindari empat hal di bawah ini supaya pengembangan strategi konten untuk pemasaranmu tidak berjalan hanya di tempat saja, sobat MySkill.id. Jangan berhenti scroll down sebab MySkill.id telah menyiapkan solusi terbaik untukmu. Tunggu apalagi, check it out!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Terlampau Idealis Merusak Strategi Konten Milikmu

4 Hal yang Perlu Kamu Hindari Saat Merancang Strategi Konten
Bangun! Kenyataan tidak selalu seindah bayanganmu saja

Tidak ada salahnya menjadi pribadi yang idealis, terlebih lagi sikap tersebut bertujuan untuk mendatangkan keuntungan bersama. Namun, jangan sampai pola pikir yang terlampau tinggi itu malah menutup mata kita dengan realitas yang sebenarnya. Sikap semacam ini akan berujung merubah kamu menjadi pribadi yang egois dan tidak mau beradaptasi dengan kenyataan di lapangan nih, sobat MySkill.id.

Bagaimana hendak menciptakan strategi konten yang tepat guna bila masih terjebak dalam idealitas yang tidak berujung? Kamu sebenarnya tetap dapat mempertahankan sisi idealis ini dan menjadikannya sebagai goals yang akan kamu gapai di kemudian hari. Namun, kembali ingat tujuan awal saat akan membuat konten ini, apakah tujuannya semata untuk memenuhi hasratmu atau sebagai pemenuh kebutuhan konsumen di pasaran.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

2. Konsisten Itu Perlu untuk Mengoptimalkan Konten!

4 Hal yang Perlu Kamu Hindari Saat Merancang Strategi Konten
Jangan abai dengan schedule dan harus tetap konsisten!

Setiap pegiat usaha harus membuat schedule mereka sendiri, termasuk para marketer. Adanya konten yang konsisten dan terjadwal tentu menghadirkan banyak keuntungan, seperti meminimalisir bentrok terkait postingan apa yang akan tayang terlebih dahulu dan mana yang harus masuk dalam waiting list. Selain itu, konten yang konsisten tentu akan lebih menarik dan menawarkan kepastian kepada para audience!

Jangan sekali-kali menganggap penjadwalan ini remeh ya, sobat MySkill.id. Berpatokan dengan schedule yang telah menjadi kesepakatan juga akan membantu kegiatan pemasaran ini menjadi lebih sistematis atau terarah jalurnya. Kamu jadi dapat mengawasinya dengan baik, bukan? Yuk mulai merancang schedule kontenmu!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Jangan Hanya Mengejar Konten Viral

4 Hal yang Perlu Kamu Hindari Saat Merancang Strategi Konten
Pertimbangkan konten yang sifatnya timeless untuk kebutuhan jangka panjang

Kemunculan hal-hal yang berpotensi viral dan menjadi perbincangan publik memang sangat menguntungkan bagi para marketer dalam meraup laba. Namun yang harus kita sadari adalah seberapa lama konten tersebut mampu bertahan di tengah membludaknya permintaan pasar saat ini. Konten viral memang mampu meraih traffic yang lebih besar pada masanya, tetapi juga sangat rentan untuk kembali meredup.

Di sinilah perlunya untuk mempersiapkan konten yang timeless. Salah satunya kamu dapat merancang konten bersifat evergreen, bentuk konten yang selalu relate dan tetap mampu memenuhi kebutuhan konsumen walau telah berselang lama. Konten semacam ini biasanya berisi tentang informasi, tips and trick, maupun pengetahuan yang pastinya akan tetap bermanfaat bagi para audience.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Jangan Lupakan Evaluasi Guna Pengembangan Strategi Konten

4 Hal yang Perlu Kamu Hindari Saat Merancang Strategi Konten
Sempatkan diri untuk mengadakan evaluasi bersama team untuk pengoptimalan konten

Jangan sampai terbuai dengan keberhasilan yang bersifat sementara. Keberhasilan yang kamu raih bukan berarti tidak membutuhkan evaluasi di dalamnya. Justru evaluasi ini menjadi sangat penting guna memprediksi laju perkembangan marketing yang kamu punya. Secara tidak langsung, kamu dan team jadi lebih bersiap untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi di masa depan, nih.

Konten yang baik adalah konten yang selalu mendapat pengoptimalan dalam jangka waktu tertentu. Pada momen inilah evaluasi menjalankan perannya. Kamu dapat merunut segala hal yang terjadi pada konten-konten terdahulu dan menemukan solusi serta ide-ide baru yang dapat membuat tampilan kontenmu semakin fresh di mata audience! Sudah mengevaluasi kontenmu belum hari ini?

Sudah catat empat hal yang patut kamu hindari saat merancang sebuah strategi konten? Apabila tidak cukup, cobalah mengulik jenis serta tujuan dari konten tersebut dan bukalah forum bersama team untuk membicarakannya. Agar menambah pengetahuan terkait bagaimana merancang strategi konten yang baik, kini MySkill.id punya kelas online yang asyik untuk kamu ikuti. Ingin tahu bagaimana caranya? 

Kamu dengan mudah dapat mengakses kelas-kelas tersebut dengan mengunjungi laman MySkill.id dan memilih menu strategi konten yang tertera. Segera check out pada opsi Membuat Strategi Konten Untuk Pemasaran agar marketing-mu semakin apik dan mendulang insight yang maksimal! Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri dan dapatkan segudang manfaat bersama kami!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill