Mengenal Tools Adobe Illustrator, Permudah Desain Grafis!

Apakah kamu tertarik dengan bidang kreatif? Ingin menghasilkan uang jajan dengan karyamu? Maka kamu wajib berkenalan dengan Adobe illustrator. Adobe Illustrator adalah perangkat lunak desain berbasis vektor yang saat ini tengah marak menjadi perbincangan seiringan dengan meningkatnya ketertarikan kawula muda akan prospek dalam ranah desain grafis. 

Adobe Illustrator kini sudah menjadi standar desain grafis untuk perusahaan-perusahaan besar, sehingga sangat penting bagi kamu yang ingin merintis dalam bisnis kreasi untuk mempelajarinya. Karena itu, artikel ini akan memperkenalkanmu dengan tools yang dapat kamu gunakan dalam mendesain di Adobe Illustrator

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

1. Fungsi Shape Tools di Adobe Illustrator

Mengenal Tools Adobe Illustrator, Permudah Desain Grafis!
Shape tools yang memiliki berbagai jenis

Tools satu ini adalah kumpulan tools yang memungkinkanmu untuk membuat sebuah bentuk. Shape tools terdiri atas rectangle tool, ellipse tool, polygon tool, star tool, dan line segment. Di poin ini kamu akan diperkenalkan hingga star tool, sebagai contoh dari tools bentuk.

Rectangle tool, selain menggunakan icon persegi, juga dapat kamu aktifkan dengan menggunakan shortcut “M”. Fungsi dari rectangle tool adalah untuk membuat bentuk  yang memiliki segi empat dengan mengklik dan drag cursor-mu di artboard. Untuk membuat persegi dengan sama sisi, kamu bisa sambil menekan tombol ctrl atau ctrl+alt ketika sedang mengklik dan drag menggunakan tool ini. 

Sebelum berlanjut mungkin kamu penasaran dengan perbedaan antara ctrl+alt dan ctrl saja. Ctrl+alt akan membantu menyeimbangkan bentuk dengan poros di tengah, sedangkan ctrl saja akan membantu menyeimbangkan bentukmu dengan poros di sudut.

Ellipse tool, dapat juga kamu aktifkan dengan menggunakan hotkey “L”. Fungsi tool ini adalah untuk membuat bentuk yang melingkar seperti lingkaran biasa maupun oval. Seperti rectangle tool, untuk memastikan lingkaran mu benar-benar sama setiap sisinya dan tidak lonjong, kamu bisa menggunakan tombol ctrl atau ctrl+alt

Kemudian ada polygon tool yang sesuai dengan namanya dapat membantumu membuat bentuk dengan segi banyak. Misalnya kamu ingin membuat sarang lebah dengan bentuk hexagonal atau kamu ingin mengeksplor desainmu dengan bentuk octagonal, maka kamu perlu menggunakan polygon tool. Namun, walaupun memiliki sudut dan sisi yang banyak juga, bentuk bintang memiliki tool khususnya sendiri yaitu star tool.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Selection Tool

Mengenal Tools Adobe Illustrator, Permudah Desain Grafis!
Selection tool memodifikasi secara sederhana

Untuk memodifikasi bentuk secara sederhana, selection tool adalah tool yang penting untuk kamu kenali. Selection tool dapat kamu aktifkan dengan shortcut “V” dan dapat membantumu untuk menggeser dan memutar object. Dalam memodifikasi bentuk, selection tool dapat mengubah secara tertata, misalnya mengubah persegi menjadi persegi panjang atau resizing. Kamu juga dapat membuat rounded corner dengan nodes secara seragam.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Direct Selection Tool di Adobe Illustrator

Mengenal Tools Adobe Illustrator, Permudah Desain Grafis!
Direct selection tool yang fleksibel

Dengan mengklik huruf “A” di keyboard-mu, kamu dapat mengaktifkan direct selection tool. Perbedaan direct selection tool dari selection tool adalah direct selection tool dapat memodifikasi bentuk dengan lebih fleksibel dan spesifik. Misalnya kamu bisa menarik satu sudut tanpa mempengaruhi sudut lainnya atau membuat round corner pada satu sudut atau sudut yang dipilih saja.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Pen Tool

Mengenal Tools Adobe Illustrator, Permudah Desain Grafis!
Menggambar bebas dengan pen tool

Pen tool, dengan icon pena atau yang dapat kamu aktifkan dengan huruf “P”, berfungsi untuk membuat bentuk dengan garis secara manual. Seperti freehand drawing, tapi lebih terstruktur.

5. Type Tool

Mengenal Tools Adobe Illustrator, Permudah Desain Grafis!
Gunakan pilihan type tool agar tulisanmu terlihat unik

Type tool dengan hotkey “T”, seperti namanya berfungsi untuk membuat tulisan. Namun, tidak hanya dalam bentuk tulisan lurus, kamu juga dapat memodifikasinya mengikuti bentuk yang kamu inginkan. Untuk mengirim file-mu yang memiliki tulisan, jangan lupa untuk meng-embed font-mu agar tetap sama.

Nah, itulah tools dasar Adobe Illustrator yang perlu kamu ketahui sebagai bekalmu. Setelah ini kamu bisa langsung berkutik di dalamnya dan mulai mendapatkan uang jajan! Kalau kamu ingin belajar lebih dalam, tenang saja! Myskill.id menyediakan kelas untuk desain grafis seperti Tutorial Dasar Adobe Illustrator atau Fondasi Dasar Desain Grafis.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill