5 Tugas Web Developer di Balik Sebuah Website

Dewasa ini banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga web developer. Hal ini menjadikan web developer sebagai salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari. Sebenarnya apa saja tugas web developer hingga banyak perusahaan yang mencarinya? Yuk, kita telusuri lebih dalam pada penjelasan berikut!

Apa itu Web Developer?

Sebelum mengenal lebih jauh tugas web developer, kita perlu mengetahui apa itu web developer? Web developer atau pengembang web adalah suatu pekerjaan yang memiliki tanggung jawab dalam pembuatan website. Jadi, mereka inilah orang-orang yang ada di balik sebuah website

Web developer termasuk kategori pekerjaan yang menjanjikan di masa yang akan datang dan tentunya dengan gaji yang menggiurkan. Dilansir dari US News pekerjaan ini masuk peringkat 6 dalam daftar pekerjaan terbaik pada bidang teknologi. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Tugas Web Developer

Web developer merupakan pekerjaan di bidang IT (Teknik Informatika), sehingga tugas web developer tidak jauh-jauh dari bidang tersebut khususnya pada pembuatan situs web. Untuk menangani sebuah situs, web developer biasa terbagi menjadi beberapa posisi yaitu back-end developer, front-end developer, dan full stack developer.

Back-end developer berfokus mengatur server, aplikasi, dan database, sehingga lebih banyak bersinggungan dengan browser. Sedangkan, Front-end berfokus pada tata letak, skrip, dan desain suatu website. Dalam menjalankan tugasnya front-end developer akan bersinggungan dengan pengguna website atau user. Terakhir, ada full stack developer yang mampu mengerjakan kedua tugas front-end maupun back-end

Walau terbagi dalam beberapa posisi, tugas web developer pada setiap posisi saling terikat satu sama lainnya. Guna memberikan gambaran yang lebih jelas dan rinci, berikut ini adalah 5 tugas web developer!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

1. Membuat Tampilan Website
5 Tugas Web Developer di Balik Sebuah Website
Web developer memiliki tugas untuk mendesain layout website

Membuat tampilan website yang menarik merupakan tugas web developer terutama untuk posisi front-end developer. Pembuatan tampilan website ini termasuk mendesain layout, mentukan font, memilih warna, mengatur komponen dalam website, dan mengelola apa saja yang akan tampil dalam website.

User experience menjadi salah satu prioritas utama seorang pengembang web. Hal ini demi memberikan pengalaman yang baik pada user, sehingga user tertarik untuk datang kembali pada situs yang telah terancang. Jika, tulisan terlalu kecil atau penempatan tombol mengganggu, maka user menjadi enggan untuk berlama-lama dan kembali ke suatu situs. 

2. Melakukan Coding
5 Tugas Web Developer di Balik Sebuah Website
Berinteraksi dengan sistem komputer melalui coding

Tugas web developer selanjutnya adalah melakukan coding. Coding merupakan kode atau skrip yang ditulis dalam bahasa pemrograman. Tujuannya agar komputer dapat membaca perintah dari web developer. Dengan kata lain, coding merupakan cara agar kita dapat berinteraksi dengan sistem komputer.

Pengembang web dapat memodifikasi performa suatu website agar lebih efektif dengan menggunakan coding. Saat melakukan coding, pengembang web menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti, Javascript, HTML, dan Phyton.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

3. Menguji Website Secara Berkala
Tugas Web Developer, menguji website secara berkala
Web developer wajib menguji website secara berkala

Guna menjaga suatu situs, pengembang web perlu melakukan pengujian atau pengecekan website secara berkala. Hal ini berfungsi untuk mengetahui jika ada kerusakan dan masalah dalam website

Adanya pengecekan ini dapat membantu tugas web developer dalam mencegah kerusakan yang mungkin akan terjadi kedepannya. Selain itu, web developer juga bertugas menjaga keamanan suatu situs.

4. Memecahkan Masalah Pada Website
5 Tugas Web Developer di Balik Sebuah Website
Web developer bertugas untuk m emecahan masalah pada website

Setelah menemukan permasalahan pada suatu website, tentunya seorang pengembang web juga bertugas memecahkan masalah yang terjadi dan berpotensi akan terjadi. Masalah yang dihadapi biasanya berkisar pada masalah keamanan, kecepatan akses, coding, dan tampilan website yang tidak efektif. 

User Experience tidak hanya menilai melalui desain yang menarik saja, tetapi juga dari aksesibilitas, kredibilitas, dan tercapainya tujuan pengguna. Oleh karena itu, keberadaan pengembang web sangat penting untuk menyelesaikan masalah kecepatan akses informasi dan efektivitas tampilan situs.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

5. Menganalisis Kebutuhan Pengguna
5 Tugas Web Developer di Balik Sebuah Website
Developer suatu situs perlu menganalisa kebutuhan pengguna

Sebelumnya, terdapat penjelasan bahwa tugas web developer khususnya bagian front-end bersinggungan dengan user dan sangat memprioritaskan user experience. Oleh karena itu, seorang web developer juga perlu mengetahui kebutuhan pengguna dan memiliki tugas dalam menganalisisnya. 

Menganalisis kebutuhan user menjadi penting untuk menarik minat mereka agar menetap di situs dalam waktu yang lama dan tertarik untuk datang kembali ke suatu situs. Guna mempelajari lebih dalam kita dapat belajar mengenai user experience dan user interface untuk menerapkan tampilan desain yang baik dan sesuai dengan target user kita. 

Setelah mengetahui tugas web developer, kita mengetahui bahwa web developer memiliki peran yang sangat krusial dalam suatu website. Jika, kalian tertarik untuk terlibat dalam pembuatan sebuah website kalian bisa mempelajari ilmunya sedikit demi sedikit dengan mengikuti kelas Fondasi User Experience Design atau kelas UI/UX untuk mulai Merintis Karir Sebagai UI/UX Designer dari Myskill

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill