5 Alasan Profesi Copywriter Sangat Dibutuhkan pada Era Digital

Belakangan ini, berbagai macam perusahaan banyak mencari orang-orang dengan profesi penulis copy atau copywriter. Mulai dari perusahaan makanan, kosmetik, peralatan elektronik, dan masih banyak lagi. Setiap produsen akan berlomba-lomba untuk melakukan branding terhadap produknya.

Memang, kita tidak bisa menyangkal bahwa persaingan antar brand kini semakin ketat seiring berkembangnya teknologi. Oleh karena itu, seberapa pentingkah sebenarnya profesi copywriter pada era digital? Yuk, simak 5 alasannya berikut ini!

1. Copywriter adalah Kunci Digital Marketing

5 Alasan Profesi Copywriter Sangat Dibutuhkan pada Era Digital
Nyawa digital copywriting terletak pada seorang copywriter

Berbeda dengan traditional marketing yang mengandalkan testimoni dari mulut ke mulut, era digital mengharuskan perusahaan untuk turut mengganti metode pemasaran, yakni menggunakan digital marketing melalui media elektronik dan secara online.

Nah, bagian digital marketing inilah yang sangat membutuhkan profesi penulis copy. Seorang penulis copy yang baik akan membuat produk perusahaan mampu bersaing di tengah maraknya brand kompetitor yang juga gencar melakukan promosi.

2. Copywriter Merupakan Problem Solver dalam Pemasaran

5 Alasan Profesi Copywriter Sangat Dibutuhkan pada Era Digital
Analisis copywriter diperlukan saat memilih strategi pemasaran

Seorang penulis copy tidak hanya bertugas untuk menulis konten yang memikat hati customer. Namun, ia juga melakukan riset serta analisis terkait kelebihan dan kekurangan produk, target pembeli, hingga kondisi pasar.

Setelah melakukan analisis, penulis copy harus mampu menemukan solusi tentang bagaimana cara membangun branding yang tepat. 

3. Meningkatkan Followers Media Sosial dan Traffic Website

5 Alasan Profesi Copywriter Sangat Dibutuhkan pada Era Digital
Tingkatkan traffic melalui copywriting yang menarik

Tentunya, tidak hanya suatu perusahaan saja yang melakukan digital marketing. Namun, hampir semua kegiatan bisnis kini mengandalkan media sosial dan website sebagai sarana memasarkan produk mereka.

Perusahaan harus mampu menghadirkan sesuatu yang out of the box dalam media sosial maupun website, sehingga orang-orang semakin berminat untuk mengikuti perkembangan dari brand tersebut.

Teknik menulis copy yang menarik akan lebih mudah mendatangkan followers dan meningkatkan traffic pada website. Itulah sebabnya, mengapa segala macam perusahaan banyak mencari para copywriter di era digital ini.

4. Strategi Efektif Meningkatkan Customer

5 Alasan Profesi Copywriter Sangat Dibutuhkan pada Era Digital
Copywriting adalah seni memikat customer

Tujuan utama dari sebuah digital marketing adalah menjangkau customer sebanyak-banyaknya. Untuk itu, perlu berbagai macam strategi agar orang-orang tetap tertarik mengunjungi media sosial maupun website dari suatu produk walau berulang kali.

Nah, momen tersebutlah yang sangat memerlukan profesi copywriter demi menciptakan variasi konten agar tidak selalu berisi iklan. Seorang copywriter mampu membuat tulisan berupa tips dan trik yang dapat membantu pembaca maupun customer dalam menyelesaikan masalahnya.

Sebagai contoh, copywriter perusahaan pasta gigi dapat melakukan soft selling melalui sebuah artikel yang berisi cara merawat gigi, cara mencegah gigi berlubang, dan lain-lain. Sehingga orang-orang yang awalnya hanya membaca justru tertarik membeli produk pasta gigi tersebut.

5. Memperkuat Branding Produk

5 Alasan Profesi Copywriter Sangat Dibutuhkan pada Era Digital
Copywriter sebagai penguat branding

Sebuah produk akan dinilai lebih unggul apabila ia mampu menunjukkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh brand lain. Sebagai contoh, produk mi instan berbahan dasar sayuran akan lebih mendapat perhatian masyarakat karena selama ini mi instan terbuat dari bahan yang dianggap kurang sehat.

Begitu juga dengan kosmetik berlabel halal akan lebih mudah diterima oleh customer yang mayoritas beragama Islam. Branding makanan sehat maupun kosmetik halal tersebut taklepas dari peran seorang penulis copy.

Melalui tulisan seorang copywriter, customer akan mudah mengingat slogan dan keunggulan dari sebuah produk. Oleh karena itu, tulisan copywriter tersebut dapat menjadi penguat branding baik bagi perusahaan maupun produknya itu sendiri.

Itulah 5 alasan, mengapa pada era digital perusahaan membutuhkan orang-orang dengan profesi copywriter. Bagaimana? Tertarik menjadikan profesi copywriter sebagai cita-citamu nanti? Yuk, pahami dulu skill-skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis copy!

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri kamu mulai dari sekarang dengan mengikuti bootcamp digital marketing bersama MySkill.id!

Tinggalkan Balasan