5 Tujuan SEO yang Penting Diterapkan untuk Sebuah Bisnis

Search engine optimization atau SEO adalah teknik optimasi website yang memungkinkan situs web untuk menempati posisi SERP yang strategis dengan penargetan keyword tertentu. SEO disebut sebagai strategi digital marketing yang ampuh dan semakin banyak instansi yang sadar akan hal itu. Namun, pemula tentu masih bertanya-tanya terkait apa manfaat dan tujuan SEO sehingga semua bisnis bisa menerapkannya.

Nah, untuk pemula yang masih meraba-raba terkait maksud penggunaan teknik SEO untuk bisnis tidak perlu kebingungan. Manfaat seo pada website secara umum adalah mendapatkan traffic melalui peringkat pada search engine dan pada akhirnya akan berdampak terhadap bisnis tersebut. Ulasan MySkill.id berikut ini yang merangkum tujuan penerapan search engine optimization. Simak, ya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Untuk Meningkatkan Traffic

5 Tujuan SEO yang Penting Diterapkan untuk Sebuah Bisnis
Jumlah pengunjung situs bertambah

Salah satu tujuan penggunaan SEO adalah untuk dapat menempatkan situs web perusahaan pada posisi teratas atau halaman utama search engine. Dengan kata lain, peluang untuk mendapatkan pengunjung pun semakin besar sehingga traffic mengalami peningkatan. Lalu lintas situs yang tinggi dan stabil dalam memberikan value lebih bagi bisnis.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness 

5 Tujuan SEO yang Penting Diterapkan untuk Sebuah Bisnis
Merek dikenal secara luas

Tujuan SEO juga untuk meningkatkan brand awareness yang lebih luas baik yang terjadi secara online maupun offline. Jadi, hal ini termasuk tujuan berkelanjutan karena dengan traffic yang meningkat maka perusahaan bisa mengukur seberapa banyak pengunjung telah membaca informasi dan produk yang mereka tawarkan. 

Artinya, pengunjung akan mengenal dan bahkan mengingat produk atau layanan tersebut. Hal ini akan menguntungkan karena sangat mempengaruhi pengunjung dalam pengambilan keputusan pembelian.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Untuk Meraih Penjualan Produk yang Tinggi 

manfaat seo
Profit penjualan meningkat

Tujuan lain penerapannya adalah untuk meraih penjualan produk yang tinggi. Dengan menerapkan teknik optimasi yang baik dan tepat, serta ranking yang tinggi dapat meyakinkan pengunjung untuk membeli suatu produk dari situs web yang mereka klik. Selanjutnya, penjualan produk dan pendapatan perusahaan dapat meningkat. 

Jika pengunjung tersebut puas dengan produk atau layanan maka mereka akan mempromosikannya dari mulut ke mulut sehingga akan lebih banyak orang yang tahu. Pada akhirnya, profit akan terus meningkat, asalkan kualitas produk dan layanan juga terjaga dengan baik.

4. Upaya untuk Manajemen Reputasi 

5 Tujuan SEO yang Penting Diterapkan untuk Sebuah Bisnis
Reputasi perusahaan terjaga dengan baik

Proses manajemen reputasi melalui konten dan promosi lewat bisa dilakukan dengan search engine optimization. Perusahaan tidak hanya bisa mempertahankan reputasi saja, tetapi juga mengembalikan reputasi yang buruk menjadi lebih baik. Akan tetapi, hal ini menjadi tantangan tersendiri karena karena harus membuat dan mengoptimalkan banyak query dengan menyertakan data yang valid agar pengunjung percaya.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Meningkatkan Sales

meningkatkan penjualan
Increase sales with SEO

Jika situs kita berada di halaman pertama bahkan di rank 1, secara otomatis semakin banyak website kita menjangkau audiens. Audiens yang mengetahuinya keberadaan web kita akan berpeluang untuk meningkatkan penjualan. Peningkatan penjualan melalui website seperti case tadi, tidak bisa terjadi apabila tidak menerapkan optimasi SEO. 

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan SEO untuk bisnis tidak hanya sekedar untuk mendapatkan pengunjung secara gratis dan banyak dalam waktu cepat. Namun, penerapannya juga mempunyai manfaat untuk bisnis jangka panjang, yakni meraih profit yang maksimal hingga mempertahankan reputasi produk dan perusahaan.

Untuk lebih dalam mempelajari ilmu SEO, kamu dapat bergabung dengan MySkill.id! Tersedia kelas Mengenal Search Engine Optimization, yang akan membagikan pengetahuan mengenai konsep dasar, strategi, pemahaman konten, dan distribusi konten untuk SEO. Menarik bukan?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill