Dasar-Dasar User Experience (UX) Design, Pemula Wajib Tahu!

Ada beberapa hal fundamental yang perlu kamu ketahui sebagai user experience (UX) pemula. Konsep dasar UX design adalah kenyamanan untuk para pengguna. Dalam hal ini, UX design membantu interaksi antara pengguna dan sistem menjadi efektif. Melalui artikel ini, mari simak hal fundamental apa saja yang perlu kamu tahu sebagai UX designer pemula!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

1. Memahami Sifat Manusia

Dasar-Dasar User Experience (UX) Design, Pemula Wajib Tahu!
Pahamilah sifat manusia untuk menciptakan desain yang baik.

Manusia adalah makhluk hidup yang rumit. Pemikiran dan perasaannya unik. Oleh karena itu, seorang UX designer harus bisa memahami cara berpikir pengguna dengan baik.

Dalam hal ini, UX designer bekerja dengan mempelajari pola dan tujuan emosional manusia sebagai pengguna produk. UX designer mempelajari kebutuhan pengguna untuk menciptakan desain yang paling efektif.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

2. Menyusun Strategi

Dasar-Dasar User Experience (UX) Design, Pemula Wajib Tahu!
Susun strategi yang akan kamu implementasikan dalam UX design.

Dalam proses UX design, tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah proses yang berorientasi pada manusia. Berbeda dengan marketing, UX design tidak memprioritaskan target bisnis, tetapi kepuasan bagi para pengguna produknya. Desain yang baik adalah yang menyeimbangkan target bisnis dan kenyamanan pengguna.

UX design tetap memerlukan strategi sebelum mulai mendesain. Lakukanlah riset dengan mengobservasi dan memahami apa yang terjadi melalui sudut pandang pengguna.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Kegunaan Desain

Dasar-Dasar User Experience (UX) Design, Pemula Wajib Tahu!
Pastikan desain yang kamu rancang sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Bagi UX design, desain yang bagus harus dapat memperlihatkan kegunaannya untuk pengguna. Apabila sebuah elemen desain tidak membantu pengguna menyelesaikan masalah, maka desain itu perlu revisi.

User experience lebih mengutamakan kebermanfaatan bagi pengguna dibandingkan dengan estetika desain. Desain yang baik adalah desain yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan permasalahannya.  

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

4. Validasi Desain

Dasar-Dasar User Experience (UX) Design, Pemula Wajib Tahu!
Selalu cari kritik dan kesalahan dari desainmu supaya bisa berkembang.

Validasi sangat kamu perlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu bisa melakukan uji coba terbatas sebelum mempublikasikan desainmu ke publik.

Teruslah lakukan uji coba dan lihat kekurangan apa yang perlu kamu perbaiki. Dengan begitu kamu akan menciptakan desain yang sesuai dengan kaidah-kaidah UX design. Bagaimana? Kamu sudah siap untuk menjadi UX designer?

Setelah mengetahui hal-hal fundamental user experience (UX) untuk pemula, kamu juga bisa mempelajari hal lain terkait UX melalui rangkaian kelas persiapan karier di MySkill. Misalnya, kamu bisa mengikuti rangkaian kelas UI/UX Designer di MySkill yang tentunya murah dan bermanfaat banget

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill