Rekomendasi Website Belajar Digital Marketing untuk Pemula, Gratis!

1 min read

Pengertian Digital Marketing

Kemajuan teknologi serta pesatnya perkembangan bisnis, yang semula hanya dilakukan secara tradisional, kini merambah ke bisnis online. Tentunya dengan begitu, dapat lebih memudahkan serta lebih efisien dalam melakukan suatu kegiatan pemasaran dengan berbiaya murah. Maka dari itu, lahirlah sebuah metode Digital Marketing yang sekarang ini banyak perusahaan butuhkan untuk lebih bisa meningkatkan bisnis ke ranah digital.

Digital Marketing vs Traditional Marketing, Apa bedanya?

Tradisional Marketing
Tradisional Marketing

Digital marketing merupakan suatu metode promosi suatu barang maupun jasa yang dilakukan secara online atau digital yang bertujuan untuk mendapatkan banyak pelanggan dengan cara yang lebih mudah, murah, dan efisien.

Lalu, perbedaan Digital marketing dan traditional marketing terletak yang pertama adalah pada media promosinya. Digital marketing lebih bersifat teknologi promosi yang menggunakan media tools seperti media sosial dan iklan platform streaming, misalnya YouTube.

Marketing tradisional memanfaatkan penggunaan majalah, koran, radio, poster, dan lainnya. Pemasaran dengan cara tradisional memiliki potensi untuk terciptanya brand awarness kepada calon pelanggannya. Sebab, jenis ini mudah menjangkau banyak pelanggan secara offline. Contohnya adalah melalui radio yang dapat menjangkau satu wilayah yang besar.

Baca juga: Digital Marketing: Definisi, Tugas, Gaji dan Skill yang harus Dikuasai

Website untuk Belajar Digital Marketing

Tentunya di balik traditional marketing yang seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi serta kemajuan era digital, banyak permintaan dari perusahaan untuk posisi digital marketer. Sehingga otomatis, tersedia tempat untuk belajar digital marketing. Berikut adalah 3 rekomendasi website untuk belajar digital marketing bagi pemula, gratis lo! Mari check bersama-sama!

Hubspot Academy

Belajar digital marketing gratis
Belajar digital marketing gratis

Rekomendasi pertama yaitu Hubspot Academy. Di website ini, tersedia beberapa pembelajaran yang berkaitan dengan digital marketing, seperti bagaimana cara membuat Email Marketing, Google Ads, pengoptimalan media sosial, dan sebagainya. Oiya, yang lebih kece lagi, Hubspot Academy ini adalah salah satu penyedia layanan belajar CRM (Customer Relationship Software). Sekarang juga kamu bisa, lo, untuk belajar digital marketing di sini, tentunya tanpa biaya!

Google Digital Garage

Belajar digital marketing gratis langsung dari Google
Belajar digital marketing gratis langsung dari Google

Siapa yang tidak tahu Google? Di era perkembangan bisnis digital ini, perusahaan berlogo huruf “G” tersebut menyediakan suatu pembelajaran tentang migital marketing baik untuk pemula maupun yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Pada materi di Google Digital Garage, Sobat bisa belajar mengelola Google Ads, SEO, Fundamentals of Digital Marketing, dan lainnya. Semua peserta akan mendapatkan sertikatnya, lo! Jadi, tunggu apalagi?

Baca juga: 6 Pertanyaan Interview Digital Marketing yang Perlu Kamu Ketahui!

SEMrush Academy

Belajar SEO gratis dan bersertifikat internasional

Siapa yang mau mendalami teknik-teknik Search Engine Optimization (SEO), content marketing, hingga digital marketing? Semrush Academy menyediakan pembelajaran-pembelajaran tersebut agar bisa kamu pelajari dan ada sertifikat bagi yang telah lulus ujian sertifikasinya. 

Demikian 3 Rekomendasi untuk belajar digital marketing yang bisa kamu pelajari secara otodidak. Namun di balik itu semua, perkembangan dunia marketing online akan terus melaju. Metode-metode baru akan hadir kembali menjadi yang lebih modern. Itu artinya, Sobat juga harus bisa mengikuti dan beradaptasi dengan cepat.

Baca juga: 5 Inovasi Digital Marketing agar UMKM Semakin Berkembang!

Untuk lebih memudahkan kamu dalam mempersiapkan diri dan berkembang di dunia digital marketing, Sobat butuh tutor serta pengalaman untuk terjun langsung ke bidang tersebut. So, kamu bisa memilih MySkill untuk menjadi pilihan terbaik untuk belajar menjadi seorang digital markerter. Dengan dibimbing oleh tutor berpengalaman di bidangnya, serta terdapat materi -materi berdaging setiap minggunya, tentunya worth banget untuk mengasah skill kamu. Jadi, tunggu apalagi? buruan klik di sini!

Penulis: Nugroho Wicaksono

Editor: Alifa Justisia