Work from Office? Ini Jenis Kantor yang Biasa Digunakan!

Saat ini, banyak perusahaan maupun instansi pemerintah yang sudah mulai kembali menerapkan sistem work from office. Lalu, apakah kantormu salah satu yang sudah menerapkan WFO juga? Jika iya, itu artinya kamu akan mulai kembali menghabiskan banyak waktu di kantor.

Kenyamanan dalam bekerja akan memengaruhi hasil kerja. Tempat atau ruangan yang kamu gunakan dalam bekerja menjadi salah satu faktornya. Para pimpinan perusahaan banyak yang sudah mulai memerhatikan ruang kerja pegawainya agar nyaman bekerja. Berikut ini, mari kita intip jenis-jenis ruang kerja kantor yang biasa digunakan oleh instansi atau perusahaan!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Ruang Kantor Tradisional

Work from Office? Ini Jenis Kantor yang Biasa Digunakan!
Terlihat ruang kantor tradisional terbagi atas beberapa bilik.

Jenis kantor pertama yang akan kita bahas adalah ruang kantor tradisional. Ruang kantor ini biasa digunakan oleh perusahaan yang menawarkan jasa finansial, seperti bank dan firma hukum. Dijuluki “tradisional” karena berbagai perusahaan telah menggunakan ruang kantor jenis ini sejak lama. Ruang kantor ini menyediakan privasi untuk para pegawainya melalui sekat-sekat pembatas. Sekat-sekat ini bertujuan untuk mengurangi interaksi antarpegawai. Dengan begitu, para pegawai dapat bekerja dengan lebih fokus dan teliti.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Ruang Kantor Kreatif

Work from Office? Ini Jenis Kantor yang Biasa Digunakan!
Ruang kantor kreatif memberikan interaksi yang lebih bebas untuk pegawainya.

Ruang kantor kreatif memberikan pengalaman baru kepada para pegawainya. Banyak perusahaan mulai menggunakan jenis kantor ini. Ruang kantor ini memberikan para pegawainya kebebasan untuk saling berinteraksi dan berkolaborasi. Start-up dan agensi periklanan merupakan contoh perusahaan yang biasa menggunakan ruang kerja ini. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan bekerja para pegawai dalam memunculkan ide-ide kreatif.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Ruang Kantor Bersama

Ruang kantor bersama membagi satu gedung untuk beberapa perusahaan.
https://www.flickr.com/photos/52949402@N03/4997916376
Ruang kantor bersama membagi satu gedung untuk beberapa perusahaan.

Ruang kantor bersama menggabungkan beberapa perusahaan dalam satu gedung. Misalnya, dalam sebuah gedung berlantai lima ada dua perusahaan yang sama-sama menyewa gedung tersebut. Perusahaan X menyewa lantai satu sampai tiga untuk kegiatan bisnisnya, sedangkan Perusahaan Z menyewa lantai empat dan lima.

Selanjutnya contoh lain, misalnya dalam sebuah gedung, lantai pertama menjadi kantor sebuah perusahaan firma hukum. Di lantai kedua dijadikan kantor bank. Lalu, di lantai tiga dan empat digunakan sebagai perusahaan transportasi.

Perlu dicatat juga bahwa jumlah lantai yang digunakan dalam satu gedung bersama dapat berbeda-beda. Hal ini bergantung pada kebutuhan dan kesepakatan perusahaan masing-masing.

4. Coworking Space

Work from Office? Ini Jenis Kantor yang Biasa Digunakan!
Coworking Space dapat menjadi alternatif tempat yang nyaman untuk bekerja.

Coworking space adalah salah satu jenis kantor yang saat ini sedang naik daun. Jenis kantor ini menawarkan fleksibilitas tinggi untuk para pegawai. Start-up maupun perusahaan kecil yang membutuhkan ruangan untuk bekerja, dapat menyewa tempat sesuai kebutuhan. Sama seperti ruang kerja kreatif, coworking space memberikan para pegawai kebebasan untuk saling berinteraksi dan berkolaborasi.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Executive Suites

Work from Office? Ini Jenis Kantor yang Biasa Digunakan!
Executive suite untuk para pegawai eksekutif.

Executive suite merupakan ruang kerja yang paling bagus dan nyaman untuk seorang pegawai. Kamu salah satu yang menggunakan ruang kerja seperti ini? Itu tandanya bisa jadi kamu merupakan seorang manajer atau seseorang yang memiliki posisi penting di perusahaan tempat kamu bekerja.

Setelah mengetahui jenis-jenis kantor tadi, apakah kamu jadi tidak sabar untuk kembali bekerja dari kantor? Sembari mempersiapkan diri, ada baiknya kamu boleh membaca rangkaian kelas persiapan karier di MySkill.id untuk menambah soft skill dan hard skill kamu.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill