Mau Jadi YouTuber Gaming? Intip 4 Tipsnya Berikut Ini!

Meningkatnya jumlah game baru mengakibatkan banyak youtuber tertarik membuat konten-konten tentang game. Selain menyenangkan, konten gaming juga banyak disukai dan ditonton. Bagi kamu yang suka bermain game, mungkin menjadi youtuber gaming bisa jadi alternatif mencari pundi-pundi rupiah. 

Kamu tertarik untuk memulai karier sebagai youtuber gaming? Sebelum memulai karier, ada baiknya kamu simak dahulu tips meniti karier sebagai youtuber gaming berikut ini!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Tentukan Target Penonton

Mau Jadi YouTuber Gaming? Intip 4 Tipsnya Berikut Ini!
Target penonton memengaruhi jumlah viewers YouTube kamu.

Seperti memulai bisnis, memulai sebuah kanal YouTube juga harus melalui persiapan matang. Sebagai seorang youtuber pemula, kamu harus mengetahui konten apa yang akan kamu buat dan siapa yang akan menjadi penontonmu. 

Umumnya penonton ingin menonton sebuah kanal YouTube gaming karena berbagai alasan. Entah karena itu memberikan mereka pengetahuan baru tentang sebuah game atau sekadar mencari hiburan melalui konten game yang lucu.

Dengan demikian, sebelum memulai kanal YouTube milikmu, kamu harus menentukan target penonton dan konten apa saja yang nantinya akan kamu unggah. Sebab, hal ini juga akan berpengaruh pada jumlah penonton yang akan tertarik dan mau menonton video kamu nanti.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Persiapkan Alat-Alat Rekaman

Mau Jadi YouTuber Gaming? Intip 4 Tipsnya Berikut Ini!
Alat rekaman memengaruhi kualitas videomu.

Setelah kamu berhasil menentukan target pasarmu, kamu perlu mempersiapkan alat-alat rekaman agar konten yang dibuat lebih berkualitas. Alat-alat yang kamu gunakan tidak harus mahal. Murah asalkan dapat berfungsi dengan baik dan kualitas yang dihasilkan cukup bagus, kiranya hal itu tidak jadi masalah.

Adapun alat-alat yang kamu perlukan antara lain, pertama kamu harus memiliki game yang akan kamu mainkan. Jangan menggunakan game bajakan! karena hal tersebut dapat menurunkan kredibilitasmu. Gunakan lah platform yang cocok, baik itu PC, PS, Xbox, atau Nintendo.

Selanjutnya, tentu kamu harus memiliki kamera, aplikasi perekam layar, dan perekam suara. Ketiganya berfungsi sebagai alat bantu kamu membuat video. Setelah itu, kamu juga memerlukan aplikasi edit video untuk mengedit video yang telah kamu rekam. Hal terakhir, tentunya kamu juga memerlukan jaringan internet yang stabil untuk mengunggah videonya ke kanal YouTube-mu.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Unggah Video ke Kanal YouTube

Mau Jadi YouTuber Gaming? Intip 4 Tipsnya Berikut Ini!
Judul dan kata kunci dapat memengaruhi jumlah penontonmu.

Setelah langkah-langkah sebelumnya kamu penuhi dan video yang dibuat telah selesai diedit, saatnya mengunggah videomu ke YouTube. Sewaktu pengunggahan, perhatikan judul dan kata kunci yang kamu gunakan. Sebab Judul dan kata kunci dapat memengaruhi jumlah penontonmu. Lakukan lah benchmarking dari kanal YouTube lain sebagai referensi.

Selain itu, untuk meningkatkan jumlah penonton, kamu juga bisa menggunakan thumbnail unik di kanal YouTube-mu. Walaupun sebenarnya itu tidak memengaruhi algoritma pencarian, setidaknya penonton mungkin akan tertarik ketika melihat thumbnail di akun milikmu.

4. Promosikan Kanal YouTube Kamu secara Masif!

Mau Jadi YouTuber Gaming? Intip 4 Tipsnya Berikut Ini!
Jangan lupa untuk promosikan kanal YouTube Kamu.

Setelah berhasil mengunggah, promosi video wajib kamu lakukan untuk menjangkau penonton yang lebih luas. Manfaatkan media sosial yang kamu miliki agar teman-teman, keluarga, serta kerabatmu bisa melihat hasil video yang sudah kamu unggah dan membantumu untuk mempromosikannya. Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan youtuber lain untuk memperluas koneksi dan jangkauan penonton.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Setelah membaca uraian di atas, apakah kamu sudah siap untuk membangun kanal YouTube gaming-mu sendiri? Supaya lebih siap lagi, kamu bisa mempelajari tips and trik lain di kelas memulai jadi YouTuber yang disediakan oleh MySkill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill