Tableau: Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Tableau hingga saat ini mungkin belum terlalu familier untuk sebagian orang. Namun, bagi mereka yang berprofesi sebagai data analyst, business intelligence, dan pekerjaan olah data lainnya, software ini menjadi salah satu andalan untuk melakukan visualisasi data.

Lalu, apa sebenarnya fungsi Tableau dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Definisi Tableau

Tableau: Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya
Tableau merupakan business intelligence tool untuk visualisasi data

Tableau merupakan salah satu business intelligence tool yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, memproses, dan melakukan visualisasi data dalam jumlah yang besar.

Platform yang hadir di Indonesia sejak 2009 ini memudahkan seseorang khususnya masyarakat awam dalam membaca dan memahami sebuah data. Adapun jenis-jenis data yang tersaji meliputi data masa lalu (evaluasi), data saat ini, dan data masa depan (prediksi).

Dalam hal ini, kamu dapat menampilkan analisis data berupa dashboard atau worksheet sehingga sangat memungkinkan untuk berkolaborasi bersama rekan kerja. Nantinya, visualisasi data tersebut akan menjadi insight perusahaan dalam menentukan langkah serta strategi baru dalam berbisnis.

Adapun dari segi fitur, software ini menyediakan berbagai tools seperti dashboard, scorecards, ad hoc analysis and queries, integrasi spreadsheet, toggle view and drag-and-drop, highlight dan filter data, mobile-ready dashboards, sertamasih banyak lagi.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Fungsi dan Kelebihan Tableau

Tableau: Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya
Fungsi dan kelebihan Tableau sebagai software visualisasi data

Secara umum, fungsi software ini tak jauh beda dengan software visualisasi data yang lainnya. Namun, berikut adalah beberapa fungsi utama dari software ini yang bisa kamu manfaatkan untuk mengolah data menjadi lebih menarik dan easy to read.

  1. Mengubah data menjadi bentuk visual yang informatif dan interaktif
  2. Mengolah dan mengelola metadata
  3. Melakukan impor data yang kompleks baik berupa ukuran maupun range
  4. Membantu visualisasi data dengan lebih mudah dan tanpa coding

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Adapun di antara kelebihan software tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tampilan visual yang menarik
  2. User friendly bagi semua kalangan
  3. Data yang diolah dalam aplikasi ini terbagi pada kategori masing-masing. Contoh, data wilayah akan secara otomatis masuk pada kategori demografi.
  4. Mendukung kolaborasi olah data secara real time
  5. Dapat menggabungkan data dari berbagai sumber, seperti spreadsheet, cloud, big data, dan lain-lain

Jenis-Jenis Tableau

Tableau: Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya
Jenis-jenis Tableau sesuai kebutuhan olah data

Secara garis besar si\oftware ini memiliki 2 jenis, yakni Developer Tools dan Share Tools. Masing-masing tools terdiri dari beberapa bagian dan fungsi tersendiri. Berikut adalah uraian tentang jenis-jenis Tableau.

1. Developer Tools

Developer Tools merupakan jenis yang berfungsi untuk pengembangan data, seperti membuat dashboard, desain bagan, penyusunan laporan, dan visualisasi data. Adapun produk dari Developer Tools ini meliputi Tableau Desktop dan Tableau Publik.

a. T. Desktop

Dengan T Desktop kamu bisa melakukan penelusuran sebuah data, menghubungkan, dan menganalisisnya. Melalui produk ini pula, kamu bisa membuat laporan, storyboard, dan dashboard yang interaktif.

T. Desktop memang bersifat paid atau berbayar, tetapi kamu bisa mengunggah baris dan data dalam jumlah yang tak terbatas. Di samping itu, T. Desktop juga menyediakan lebih banyak konektivitas pada sumber data, serta memungkinkan untuk menyimpan hasil pekerjaan dari Tableau ke lokal desktop milik kamu.

b. T. Publik

Berbeda dengan T. Desktop, kamu dapat mengakses T. Publik secara gratis dengan fitur yang terbatas.

Dalam sekali koneksi data, kamu bisa mengunggah maksimal 1000 baris dan hanya tersedia beberapa data connection saja, seperti Microsoft Excel, Text,  Microsoft Access, dan TDE.

Hasil kerja dari T. Publik akan tersimpan di T. Public Server sehingga siapa pun dapat mengakses serta mengunduhnya. Itulah mengapa software jenis ini lebih sering digunakan oleh orang-orang yang baru saja terjun dan belajar software visualisasi data.

2. Share Tools

Share Tools merupakan bagian dari software yang berfungsi untuk membagikan dan membaca hasil data yang telah kamu olah sebelumnya menggunakan Developer Tools.

Adapun di antara produk Share Tools yakni Tableau Online, Tableau Reader, Tableau Server, dan Tableau Mobile.

a. T. Online

T. Online merupakan salah satu software as a service (SaaS) yang banyak dipakai oleh perusahaan karena kemudahannya untuk kolaborasi. Perangkat ini juga terjamin keamanannya dan selalu up to date.

b. T. Reader

T. Reader merupakan aplikasi desktop gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuka dan berinteraksi dengan visualisasi data yang sudah tersusun di T. Desktop.

c. T. Server

Melalui T. Server, pimpinan dapat berbagi laporan, dashboard, serta sumber data kepada seluruh karyawan, tetapi akan tetap aman di server pribadi perusahaan. Fitur ini sangat berguna bagi instansi yang membutuhkan keamanan ketat seperti pemerintahan.

d. T. Mobile

Sesuai namanya, T. Mobile merupakan aplikasi yang bisa kamu akses melalui ponsel, baik Android maupun iPhone. Meski melalui smartphone, kamu tetap bisa melakukan editing data di dashboard Tableau.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Cara Menggunakannya

Tableau: Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya
Cara menggunakan Tableau untuk pemula (Gambar: Dokumen Pribadi)

Langkah pertama dalam menggunakan software Tableau yakni kamu harus mengunjungi website https://www.tableau.com/ terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa sign in dan memanfaatkan free trial selama 14 hari. Apabila ingin terus mengakses, kamu bisa melakukan pembayaran sebesar $70 per bulan.

Itulah sekilas tentang Tableau, mulai dari definisi, jenis, fungsi, dan keunggulan. Adapun cara menggunakannya, selengkapnya bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kelas Data Visualization: Tableau bersama MySkill.id!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill