Selain Guru, Apa Lagi Ya Prospek Kerja Lulusan Sejarah?

Melihat jurusan Sejarah, teman-teman mungkin menganggap bahwa prospek pekerjaannya hanya sebatas menjadi pendidik atau ilmuwan. Sebenarnya, para lulusan Sejarah memiliki prospek kerja yang sangat luas.

Dengan konsep public history, para sejarawan dapat memanfaatkan hasil studi dan keilmuannya di luar sejarah konvensional. Jadi, apa saja prospek kerja jurusan Sejarah?

1. Konsultan dan Penasihat

Selain Guru, Apa Lagi Ya Prospek Kerja Lulusan Sejarah?
Lulusan sejarah dapat bekerja menjadi seorang konsultan dan penasihat.

Prospek kerja yang pertama adalah konsultan dan penasihat. Lulusan Sejarah dapat menjadi seorang konsultan dan penasihat untuk berbagai perusahaan. Perusahaan dapat menggunakan keahlian lulusan Sejarah untuk mencatat sejarah dari perusahaan tersebut hingga mengurus arsip dan pembukuannya. Jika tujuannya untuk jangka panjang dan menjadi staf tetap, maka institusi-institusi yang mempekerjakan bisa mengangkatnya menjadi seorang penasihat tetap.

Selain itu, lulusan Sejarah juga dapat menjadi anggota pemerintahan atau pembuat kebijakan yang memerlukan refleksi atau perspektif sejarah.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Pariwisata

Selain Guru, Apa Lagi Ya Prospek Kerja Lulusan Sejarah?
Seorang yang bekerja di bidang pariwisata memerlukan pengetahuan tentang sejarah.

Prospek kerja yang kedua, lulusan Sejarah dapat pula terjun ke dalam bidang pariwisata. Sejarawan dapat menjadi tour guide yang menjelaskan bagaimana sejarah objek wisata, hingga  membantu menganalisis nilai historis dari suatu tempat wisata. Situs-situs pariwisata yang tersebar luas di Indonesia hingga museum-museum, dapat menjadi tempat lulusan sejarah berkembang.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Media Kreatif

Selain Guru, Apa Lagi Ya Prospek Kerja Lulusan Sejarah?
Content creator menjadi solusi bagi para lulusan sejarah yang kreatif dan inovatif.

Selanjutnya, lulusan Sejarah juga dapat menggeluti bidang media kreatif. Kebutuhan akan hiburan, saat ini hampir menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Lulusan Sejarah dapat menjadi penyedia komoditi hiburan yang edukatif kepada masyarakat dengan memanfaatkan berbagai platform yang ada.

Dengan keilmuan dan pengalamannya, sejarawan dapat membuat konten video, podcast, artikel kreatif, hingga infografis yang menarik untuk konsumsi masyarakat. Dengan begitu, sejarawan dapat menjaga eksistensi sejarah dengan memanfaatkan media-media kreatif.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

4. Aktivis

Selain Guru, Apa Lagi Ya Prospek Kerja Lulusan Sejarah?
Lulusan Sejarah dapat mengedukasi masyarakat mengenai isu-isu terkini melalui advokasi.

Prospek kerja yang terakhir adalah aktivis. Lulusan Sejarah juga memiliki potensi untuk menganalisis isu-isu kontemporer dengan perspektif masa lampau. Mereka dapat menggunakan pengetahuannya tentang sejarah sebagai media pembanding. Dengan demikian mungkin saja informasi dari masa lalu dapat menjadi perspektif baru dalam menangani isu-isu kontemporer saat ini.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Apakah kamu tertarik setelah melihat banyaknya prospek kerja untuk lulusan Sejarah? Selain prospek kerja tadi, kamu juga dapat mempersiapkan diri untuk berkarier di bidang lain dengan melihat rangkaian kelas persiapan karier di MySkill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill