11 Nama Ruangan di Rumah Sakit Lengkap Beserta Fungsinya

Rumah sakit merupakan tempat yang kompleks dan penuh dengan berbagai ruangan yang memiliki peran dan fungsi masing-masing. Setiap ruangan didesain untuk memberikan pelayanan medis yang spesifik sesuai dengan kebutuhan pasien. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa nama ruangan di rumah sakit beserta fungsinya.

  1. IGD (Instalasi Gawat Darurat) atau UGD (Unit Gawat Darurat):
    Ruangan ini merupakan titik awal pelayanan medis di rumah sakit. IGD atau UGD adalah tempat pertama kali pasien diterima untuk penanganan keadaan darurat. Fungsi utamanya adalah memberikan pertolongan pertama, stabilisasi kondisi, dan menentukan arah penanganan selanjutnya.
  2. ICU (Intensive Care Unit):
    ICU adalah ruangan yang dilengkapi dengan peralatan canggih dan tenaga medis yang berpengalaman untuk merawat pasien yang membutuhkan pemantauan dan perawatan intensif. Pasien di ICU biasanya mengalami kondisi serius, seperti gagal jantung atau cedera parah.
  3. ICCU (Intensive Cardiac Care Unit):
    ICCU khusus dirancang untuk merawat pasien dengan masalah jantung yang memerlukan pemantauan dan perawatan intensif. Ini termasuk pasien yang baru menjalani operasi jantung atau mengalami serangan jantung.
  4. HCU (High Care Unit):
    HCU adalah ruangan yang menyediakan perawatan di antara tingkat reguler dan ICU. Pasien di HCU memerlukan pemantauan ekstra dan perawatan intensif, tetapi tidak seintensif pasien ICU.
  5. Ruangan Operasi:
    Ruangan ini adalah tempat di mana prosedur operasi dilakukan. Tim bedah dan peralatan medis canggih berada di sini untuk menjalankan berbagai jenis operasi, mulai dari yang rutin hingga yang kompleks.
  6. Poli (Poli Umum, Poli Gigi, dsb.):
    Poli adalah ruangan tempat pasien datang untuk mendapatkan konsultasi dan perawatan secara berkala. Poli Umum menyediakan layanan umum, sedangkan Poli Gigi memberikan perawatan gigi dan mulut.
  7. Radiologi:
    Ruangan ini dilengkapi dengan peralatan pemindaian seperti sinar-X, CT scan, dan MRI. Radiologi digunakan untuk mendeteksi masalah medis di dalam tubuh pasien.
  8. Laboratorium:
    Laboratorium di rumah sakit adalah tempat di mana berbagai tes dan pemeriksaan darah dilakukan untuk membantu diagnosis penyakit dan mengawasi kondisi kesehatan pasien.
  9. Farmasi:
    Ruangan ini menyimpan obat-obatan yang diperlukan untuk pengobatan pasien. Apoteker bekerja di sini untuk memastikan distribusi obat yang aman dan efektif.
  10. Rehabilitasi:
    Ruangan rehabilitasi memberikan perawatan untuk pemulihan pasien setelah operasi atau kondisi medis tertentu. Ini melibatkan terapi fisik, terapi okupasi, dan konseling.
  11. Ruangan Perawatan Khusus:
    Selain ruangan-ruangan di atas, rumah sakit juga memiliki berbagai ruangan untuk perawatan khusus, seperti ruangan perawatan bayi prematur, ruangan isolasi untuk pasien dengan infeksi menular, dan ruangan untuk pasien psikiatri.

Dengan memahami fungsi setiap ruangan di rumah sakit, kita dapat menghargai kompleksitas pelayanan medis yang diberikan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan pasien. Setiap ruangan memiliki peran krusial dalam memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan