4 Seri Netflix Ini Bisa Bantu Career Development

Netflix and chill merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mengisi waktu kosong, khususnya pada akhir pekan. Supaya tambah kece, ternyata kamu bisa Netflix and chill sambil menambah pengetahuan tentang career development loh! Seperti kata peribahasa, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, bukan? Nah, berikut empat seri Netflix yang bisa bantu career development kamu! Check it out!

1. Seri Netflix Up in the Air (2009)

seri Netflix untuk up your career development
Perjalanan karir

Up in the Air adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2009 besutan sutradara Jason Reitman. Film ini menceritakan perjalanan karir sang tokoh utama, yaitu Ryan Bingham (George Clooney) yang bekerja sebagai konsultan di firma Human Resource.

Ryan Bingham merupakan pria yang menjunjung tinggi prinsip kebebasan dalam diri manusia. Prinsip ini sejalan dengan pekerjaan Ryan yang menuntut dirinya berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk membawa berita PHK ke suatu perusahaan. Ryan semakin terbiasa bersikap dingin kepada orang-orang di sekitarnya karena setiap hari ia harus berhadapan dengan emosi para karyawan.

Rutinitas Ryan mendadak berubah ketika ia harus menemui seorang karyawan baru. Natalie Keener (Anna Kendrick) hadir dengan idenya soal PHK melalui video conference yang dapat memangkas biaya perjalanan bagi perusahaan. Ryan tentunya menolak ide tersebut. Dalam melakukan pekerjaannya, ia juga bertemu dengan Alex (Farmiga) yang mengubah pandangannya akan suatu komitmen. 

Film ini mengandung pesan bahwa tidak peduli sudah seberapa jauh karir kita, kita selalu dapat membuat perubahan apa pun. Jangan langsung menolak perubahan tersebut karena sudah terlalu nyaman dengan rutinitas atau prinsip yang kita pegang. Film ini juga menyampaikan pesan tentang bagaimana mengontrol emosi dan menghadapi berbagai tipe karyawan dalam dunia kerja.

2. Parks and Recreation (2009-2015)

Belajar career development

Parks and Recreation, dikenal juga sebagai Parks and Rec merupakan seri sitkom populer dengan political satire sebagai tema besar dari seri ini. Seri ini tayang dari tahun 2009 sampai 2015 dengan total tujuh season.

Parks and Rec menceritakan kehidupan suatu kantor yang sukses besar. Mengawali seri ini, season satu berfokus pada Leslie Knope (Amy Poehler), wakil direktur Departemen Taman dan Rekreasi di Pawnee, Indiana. Ann Perkins (Rashida Jones), seorang perawat, menuntut agar Leslie menutup lubang konstruksi yang terbengkalai di samping rumahnya. Leslie berjanji akan mengubah lubang itu menjadi taman. Akan tetapi, ia mendapat banyak penolakan.

Dengan menonton seri ini, kamu dapat belajar bagaimana menghadapi rekan kerja, manajemen stress, dan tidak lupa bagaimana menghadapi romansa kantor. Pelajaran-pelajaran berharga tersebut tentunya akan membantu career development kamu.

3. Seri Netflix Happy (2011)

Mewawancara seseorang

Happy adalah film dokumenter tahun 2011 yang disutradarai, ditulis, dan diproduksi oleh Roko Belic. Film ini mengeksplorasi cara manusia menemukan kebahagiaan dengan mewawancarai orang-orang dari semua lapisan masyarakat di empat belas negara berbeda. Belic menghabiskan beberapa tahun untuk mewawancarai ratusan orang, mulai dari peneliti kebahagiaan terkemuka, pengemudi becak di Kolkatta, seorang nelayan di Cajun, seorang wanita yang ditabrak truk, dll.

Film ini menggambarkan tentang efek positif psikologi jika kita menemukan jati diri di tengah kehidupan yang membosankan. Dalam menapaki perjalanan karir, menemukan jati diri adalah hal yang penting. Oleh karena itu, film ini cocok untuk membantu career development kamu.

4. The Office (2005-2013)

Seri Netflix yang bisa mambantu career development kamu
Gambaran serial The Office

The Office merupakan serial televisi sitkom Amerika yang menggambarkan kehidupan kerja sehari-hari karyawan kantor cabang Dundler Mifflin Paper Company yang terletak di Scranton, Pennsylvania. Michael Scott (Steve Carell), sang tokoh utama, merupakan seorang regional manager yang memimpin kantor cabang ini.

Michael adalah sosok manajer yang memiliki pengetahuan bisnis yang kurang. Ia mengawali perjalanan karirnya sebagai seorang sales representative di cabang Scranton. Selain Michael, karakter lain yang cukup menonjol adalah Ryan Howard (B. J. Novak), salah satu karyawan Michael dengan entry level pegawai magang. Ryan merupakan sosok milenial kekinian yang telah menyelesaikan sarjana di usia muda kemudian melanjutkan pendidikan MBA sambil bekerja.

Di akhir musim, Dundler Mifflin memiliki tawaran posisi yang sedang kosong, yaitu vice of sales president, satu tingkat di atas regional manager. Dundler Mifflin memberikan posisi tersebut kepada Ryan. Michael dan Ryan menunjukkan beberapa perbedaan dalam gaya kepemimpinan mereka, seperti bagaimana cara mereka melihat bisnis dan bagaimana karyawan serta perusahaan menilai dan menghargai mereka.

Dari penjelasan singkat tersebut, seri ini tentunya cocok untuk membantu career development kamu. Kamu dapat banyak belajar mengenai dunia kerja seperti bagaimana mengatasi konflik antarkaryawan, memimpin, saling menghargai, dll.

Nah itulah empat seri Netflix yang bisa membantu career development kamu! Sekarang Netflix and chill bisa sambil menambah pengetahuan tentang dunia kerja bukan? Yuk, komen di bawah seri Netflix mana yang ingin kamu segera tonton nih?

Baca Juga: 6 Startup Pendidikan yang Boleh Banget Kamu Jadikan Tempat Belajar

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor: Silvilla Sani