5 Alasan Brand Ambassador E-Commerce Indo Artis-artis Korea

Demam Korea atau istilah kerennya hallyu/ Korean wave sudah tidak asing lagi, nih. Pasti kamu yang sebelumnya enggak tahu apa-apa tentang Korea, sekarang jadi udah mulai kenal sama BTS, Blackpink, Park Seo joon, Lee Min Ho dll. Semua ini dikarenakan eksisnya K-pop di seluruh dunia, salah satunya Indonesia. Meranjaknya popularitas K-pop yang digandrungi kawula muda, E-commerce mulai memanfaatkan peluang tersebut. Tapi, kamu tahu enggak sih, alasan lain kenapa harus artis Korea yang menjadi brand ambassador E-commerce di Indonesia? Padahal artis luar negri atau dalam negeri juga masih banyak kok yang enggak kalah keren dari mereka.

Well, biar kamu enggak penasaran, simak tulisan di bawah ini, ya! Berikut adalah lima alasan brand ambassador E-commerce di Indonesia kebanyakan artis Korea.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Brand Ambassador E-commerce Artis Korea Sangat Dekat pada Generasi Z

5 Alasan Brand Ambassador E-Commerce Indo Artis-artis Korea
Generasi muda saat ini sangat mengikuti trend

Melansir dari id.techinasia.com, cuitan Twitter mengenai K-pop mencapai 6,7 miliar di tahun 2020. Angka yang terbilang fantastis terkait satu topik, mengenai K-pop saja, lho. Menariknya lagi pengguna/ user media sosial yang membahas K-pop ini adalah anak muda atau Generasi Z, nih.

Fakta ini lantas memberikan insight baru bahwa Generasi Z saat ini sangat menyukai K-pop. Sementara, kita tahu bahwa kaum muda inilah yang nantinya akan mendominasi kependudukan di Indonesia, nih. Oleh karenanya, tentu akan menjadi vibes yang bagus apabila bisa menjangkau pasar Generasi Z ini. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Brand Ambassador E-commerce Artis Korea dapat Menaikkan Popularitas

5 Alasan Brand Ambassador E-Commerce Indo Artis-artis Korea
Popularitas dikenal dan diakui banyak orang layaknya seorang penyanyi

Kalau kamu pengguna Twitter, pasti sering banget liat tagar nuansa K-pop yang membanjiri trending di Twitter, deh. Selain itu, akhir-akhir ini pun trending Youtube seringkali bermunculan artis-artis K-pop, nih. Rasanya banyak banget ya, pecinta K-pop bertebaran di media sosial.

Nah, melihat kecenderungan ini, wajar saja jika E-commerce Indonesia mulai menggaet artis Korea menjadi brand ambassador mereka. Tujuannya adalah menaikkan popularitas bagi E-commerce tersebut. Sebut saja Shopee, semenjak menerapkan strategi ini, popularitas Shopee mulai menaik, lho. Terbukti ia berhasil mengungguli pesaing sebelumnya yaitu Bukalapak bahkan Tokopedia, pada Juni 2020.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Mendorong Penjualan

5 Alasan Brand Ambassador E-Commerce Indo Artis-artis Korea
Menaikkan angka penjualan

Kebanyakan dari penggemar K-pop adalah penggemar yang setia dan royal. Mereka akan selalu support apapun yang ‘bias atau idolanya lakukan. Nah, maka dari itu strategi pemanfaatan brand ambassador akan menaikkan jumlah penjualan secara tidak langsung.

Meski ini bukanlah langkah efektif yang dilakukan, karena kenyataanya potongan diskon atau promo menarik akan lebih mencuri perhatian bagi konsumen. Namun, tetap saja  fans K-pop ini akan menghargai E-commerce yang menjadikan idolanya sebagai brand ambassador. Langkah persuasif ini akan menguntungkan juga di masa mendatang.

4. Menarik Perhatian Investor Asing

5 Alasan Brand Ambassador E-Commerce Indo Artis-artis Korea
Melakukan kerja sama dalam investasi

Melihat potensi penjualan yang besar di Indonesia, hal ini akan membuat investor asing mengucurkan dananya tanpa diminta. Terlebih kondisi pandemi seperti ini, potensi E-commerce yang mampu survive akan menjadi incaran para investor. Oleh karena itu, strategi bakar uang, mempromosikan besar-besaran serta strategi menggaet artis Korea akan menaikkan angka penjualan sehingga membuat investor asing tak segan berinvestasi pada E-commerce.

5. Memulihkan Perekonomian Indonesia

5 Alasan Brand Ambassador E-Commerce Indo Artis-artis Korea
Menaikkan grafik perekonomian Indonesia

Daya beli anak muda yang melemah akibat pandemi dapat sedikit terobati dengan memanfaatkan K-pop. Misalnya saja, Tokopedia yang menjadikan BTS sebagai brand ambassador mereka. Perlahan menggunakan strategi ini, angka rata-rata pengunjung Tokopedia mulai meranjak naik.

Akibatnya, jika daya beli di Indonesia mulai baik maka akan berdampak pada perekonomian negeri kita juga, nih. Karena sejatinya E-commerce adalah suatu wadah bagi penjual-penjual menjajakan jualannya secara online.

Nah, itu dia lima alasan kenapa sih, brand ambassador E-commerce di Indonesia kebanyakan artis Korea? Semoga menjawab rasa penasaran kamu, ya!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Silvilla Sani