Email spam bisa menjadi gangguan yang mengganggu produktivitas kita di kotak masuk. Namun, dengan beberapa langkah sederhana, kita dapat mengurangi jumlah spam yang masuk ke akun Gmail dan Yahoo kita. Mari kita jelajahi langkah-langkahnya!
Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.
Daftar Isi
1. Periksa Folder Spam Secara Berkala
Pertama-tama, penting untuk secara teratur memeriksa folder spam kita. Meskipun sistem filter otomatis berusaha untuk menangkap spam, ada kemungkinan email yang seharusnya masuk ke kotak masuk kita terjebak di sana. Dengan memeriksanya secara berkala, kita dapat memastikan tidak melewatkan pesan penting.
2. Aktifkan Filter Spam
Kedua, kita dapat meningkatkan efektivitas filter spam dengan menyesuaikan pengaturannya. Di akun Gmail dan Yahoo kita, ada opsi untuk mengaktifkan filter spam yang lebih ketat. Dengan mengaktifkannya, kita dapat meminimalkan jumlah spam yang masuk ke kotak masuk kita.
3. Blokir Pengirim Spam
Langkah ketiga adalah dengan secara aktif memblokir pengirim spam. Baik Gmail maupun Yahoo menyediakan opsi untuk memblokir alamat email tertentu. Ketika kita menerima email spam yang sama berulang kali dari alamat yang sama, kita dapat langsung memblokirnya untuk mencegahnya masuk ke kotak masuk kita lagi.
Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.
4. Gunakan Fitur Pengenal Spam
Selanjutnya, kita dapat menggunakan fitur pengenal spam yang disediakan oleh layanan email kita. Gmail dan Yahoo secara otomatis menandai email yang dianggap spam. Namun, jika ada email yang tidak ditandai dengan benar, kita dapat menandainya sebagai spam agar sistem dapat belajar dan meningkatkan pengenalannya di masa mendatang.
5. Hindari Membuka Email yang Mencurigakan
Penting untuk berhati-hati saat membuka email yang mencurigakan. Jika kita tidak mengenali pengirimnya atau pesan tersebut terlihat mencurigakan, lebih baik untuk menghapusnya tanpa membukanya. Terkadang, membuka email spam dapat memicu lebih banyak spam yang dikirim ke kotak masuk kita.
6. Jangan Mengklik Tautan atau Lampiran yang Tidak Dikenal
Sama seperti halnya dengan membuka email yang mencurigakan, kita juga harus berhati-hati saat mengeklik tautan atau membuka lampiran dari email yang tidak dikenal. Tautan tersebut mungkin mengarahkan kita ke situs berbahaya atau lampiran tersebut dapat berisi malware. Lebih baik aman daripada menyesal!
7. Gunakan Fitur Unsubscribe dengan Bijak
Banyak email spam mencakup opsi “unsubscribe” di bagian bawah pesan. Meskipun ini terlihat sebagai solusi cepat untuk menghentikan pengiriman email tersebut, kadang-kadang itu dapat memperkuat legitimasi alamat email kita kepada pihak spammer. Gunakan fitur unsubscribe hanya untuk email yang kita kenal dan yakin bahwa itu adalah langkah yang aman.
8. Laporkan Email Spam
Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, kita dapat melaporkan email spam kepada penyedia layanan email kita. Gmail dan Yahoo menyediakan opsi untuk melaporkan email sebagai spam. Dengan melaporkannya, kita membantu meningkatkan efektivitas filter spam untuk semua pengguna.
Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.
Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kita dapat membantu membersihkan kotak masuk kita dari email spam yang mengganggu. Mari kita bersama-sama menjaga kotak masuk kita bersih dan efisien!
Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill
Dibuat oleh tim MySkill, startup pengembangan skill dan karir terbesar di Indonesia. MySkill juga mendapatkan penghargaan dari LinkedIn sebagai Top Startup Indonesia pada 2022 dan 2023. Beberapa sumber referensi tulisan di blog MySkill seperti: Kompas, IDN Times, Forbes, Indeed, Semrush, Hubspot, AIHR, Nielsen Norman Group, Xero, Atlassian, Canva, W3, Grammarly dan sebagainya.