5 Alasan Kita Harus Mengerti SEO dalam Berbisnis

Peran SEO sangat penting bagi perkembangan bisnis di dunia digital. Keberadaannya selalu menjadi dasar pengetahuan yang paling sering sekali dikaji dalam digital marketing. Nah, buat kamu yang sudah memiliki website untuk berbisnis, maka mengoptimalkan SEO adalah Langkah tepat yang harus kamu ambil selanjutnya. Apabila kamu masih bingung cara untuk mengoptimalkan website, kamu bisa baca artikel ini, ya. 

Berikut adalah 5 alasan mengapa kita harus mengerti SEO.

1. Dapat meningkatkan penjualan dan sangat menjanjikan

5 Alasan Kita Harus Mengerti SEO dalam Berbisnis
Mengoptimalkan website dengan strategi SEO

Sudah pada masanya orang selalu bertanya dalam dunia digital atau internet jika ingin mempertimbangkan sesuatu. Entah itu berupa barang atau pelayanan jasa. Sehingga, dapat menjawab kebutuhan konsumen sangat diperlukan dalam hal ini.

Nah, permasalahannya adalah bagaimana kamu bisa menjawab pertanyaan konsumen jika web kamu tidak ditemukan oleh mereka? Tentu ini sangat menyebalkan bukan, meski kamu menawarkan sejumlah manfaat luar biasa yang mereka perlukan, mereka tetap tidak bisa melihat keunggulan dari web kamu.   

Mengatasi permasalahan tersebut tentu kamu bisa mengoptimalkan website kamu dengan menerapkan strategi SEO. Karena, tools ini pada dasarnya membuat website kita akan menjadi lebih maksimal dalam menarik pelanggan. Oleh karena itu, meningkatnya pelanggan yang masuk ke dalam web kita, secara otomatis juga akan memberikan pengaruh peningkatan penjualan. 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. SEO menciptakan kepercayaan dan kredibilitas

5 Alasan Kita Harus Mengerti SEO dalam Berbisnis
Dapat menguntungkan kualitas website

Website yang sudah menerapkan strategi SEO umumnya berpotensi menjadi bagian paling atas dalam mesin pencari. Website yang selalu muncul nomor satu ini akan sangat menguntungkan, sobat MySkill. Mengutip laman  searchenginejournal.com, faktanya lebih dari 25% user akan mengklik hasil dari pencarian google pertama. 

Mengingat algoritma Google yang akan menghubungkan antara keyword yang diinginkan oleh user dengan web yang berada paling atas. Sehingga kesesuain antara keduanya sudah pasti dapat memenuhi kelayakan dari sisi keywordnya, nih. Maka dari itu, website yang berada nomor satu di mesin pencari menandakan kepercayaan dan kredibilitas sesuai dengan aturan Google. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Lalu lintas SEO 94% lebih besar daripada PPC

5 Alasan Kita Harus Mengerti SEO dalam Berbisnis
Besarnya lalu lintas SEO layaknya lalu lintas jalanan yang padat

Alasan lain mengapa SEO penting adalah karena dapat mengalahkan lalu lintas dari Pay Per Click (PPC). Lebih dari 94% user memilih untuk mengklik hasil pencarian organik dan hanya 6% user yang memilih untuk mengklik iklan berbayar.

Persentase ini beranggapan bahwa user cenderung takut untuk mengklik iklan berbayar. Mereka khawatir jika aktivitas mereka dalam internet akan dilacak dan juga khawatir dapat terkena virus. Lebih dari itu, memang banyak user melewatkan iklan berbayar karena kepercayaan mereka yang menurun. 

Oleh karena itu, melihat angka statistik ini bisa jadi pertimbangan alasan logis kamu dalam beralih menerapkan strategi SEO. Selain itu, hal yang mengejutkan adalah menerapkan strategi SEO ini jauh lebih murah daripada menginvestasikan pada iklan berbayar, nih.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

4. Berpotensi Membuka Pasar Baru  

5 Alasan Kita Harus Mengerti SEO dalam Berbisnis
Membuka pasar baru dari awal seperti rumah kosong yang belum terisi apapun

SEO tidak hanya membantu kamu dalam mengoptimalkan website menjadi nomor satu pencarian. Kamu juga bisa memperluas situs web kamu dengan menargetkan kata kunci yang lain. Nah, kata kunci yang kamu targetkan ini akan lebih powerful apabila kamu menggunakan bantuan SEO. 

Bantuan ini berusaha untuk mengarahkan lalu lintas pada penawaran baru yang kamu tawarkan. Sehingga ini akan membantu kamu untuk memasuki pasar baru.

5. Meningkatkan Kecepatan Situs Web

5 Alasan Kita Harus Mengerti SEO dalam Berbisnis
Ilustrasi ekspresi user akibat kecepatan situs web

Korelasi antara SEO dengan kecepatan situs web bisa dikatakan linier dan positif. Dimana, apabila peringkat SEO tinggi, maka situs web juga memiliki kecepatan tinggi. Situs web yang berkecepatan tinggi memiliki manfaat dalam menawarkan pengalaman terbaik kepada user. Meski pada akhirnya kecepatan bukanlah apa yang mereka cari, tetapi menonjolkan sisi kenyamanan pelanggan dalam berselancar di website kita adalah suatu kelebihan. 

Nah, itu dia beberapa alasan pentingnya menerapkan SEO untuk website yang lebih baik. Kamu pasti ingin kan, website kamu selalu berada pada hasil pencarian google pertama. Oleh karena itu, tunggu apa lagi, coba terapkan strategi ini, ya!

Kabar gembira nih untuk kamu yang tertarik mempelajari SEO lebih lanjut, MySkill.id punya penawaran yang menarik buat kamu loh! yaitu Kelas Menulis Artikel Ramah SEO. Nah tunggu apa lagi? yuk manfaatan kelas ini dan kamu akan mendapatkan benefit dalam mengoptimalkan bisnismu.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Disini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill