Customer Relationship Management Bikin Pelanggan Loyal?

Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah pendekatan dalam mengelola hubungan antara pihak perusahaan dengan pelanggan. Pendekatan jenis ini dapat memaksimalkan komunikasi serta pemasaran untuk mempertahankan pelanggan. 

Secara umum, CRM mengombinasikan strategi, proses, dan kebijakan dalam satu kesatuan pada sebuah perusahaan. Dalam pengelolaannya, CRM menggunakan berbagai metode yang memiliki dampak positif jika dilakukan secara terus-menerus. Salah satunya adalah meningkatnya loyalitas pelanggan, jadi mereka tidak akan mudah pindah ke pesaing sejenis.

CRM juga akan membuat komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan semakin hangat. Hal ini tentunya akan membuat pelanggan betah dalam menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Kali ini, MySkill.id sudah merangkum tujuan, tahapan dan manfaat dari CRM, penasaran? Let’s dig in!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Tujuan Customer Relationship Management

Customer Relationship Management Bikin Pelanggan Loyal?
CRM memiliki tujuan utama untuk menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan

CRM bertujuan untuk meningkatkan pendapatan melalui terjalinnya hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan. Selain itu, untuk menyediakan informasi yang konsisten dan lengkap mengenai data pelanggan agar bisa mengetahui apa yang paling pelanggan butuhkan. CRM juga bertujuan untuk menggunakan data yang terintegrasi tersebut dengan menciptakan sistem pelayanan dan sarana yang memuaskan pelanggan.  

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Tahapan dalam Customer Relationship Management

Customer Relationship Management Bikin Pelanggan Loyal?
Ada tiga tahapan dalam CRM untuk bisnis

Supaya terlaksana dengan baik, ada beberapa tahapan yang harus kamu ketahui!

1. Mendapatkan Pelanggan Baru 

Untuk mendapatkan pelanggan baru, kamu perlu memberikan kenyamanan pada pelanggan saat bertransaksi. Salah satu caranya, kamu bisa memberikan tanggapan yang adaptif ketika pelanggan membutuhkan sesuatu.

Kamu juga perlu memberikan kesan pertama yang baik untuk strategi promosi. Kamu harus ingat bahwa kamu sedang melakukan pendekatan dengan pelanggan. Jadi, perhatikan kesan dan respons yang kamu berikan sejak awal. 

2. Menambah Nilai Pelanggan

Ada dua cara untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, yaitu dengan cara up selling dan cross selling. Cara up selling dapat kamu lakukan saat kamu akan menawarkan produk yang sama, akan tetapi kualitasnya jauh lebih baik. Sementara cross selling dapat kamu lakukan saat menawarkan produk tambahan terhadap pelanggan yang sudah melakukan transaksi. 

3. Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, kamu perlu memberikan pelayanan dan dukungan aplikasi yang memuaskan. Selain itu, kamu juga perlu menyediakan waktu untuk mendengarkan keluhan maupun masukan dari pelanggan terkait produk atau jasa kamu. Dengan begitu, kamu dapat melakukan evaluasi pada pelayanan dan aplikasi pendukung yang kamu punya. 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Manfaat CRM untuk Bisnis

Customer Relationship Management Bikin Pelanggan Loyal?
Ada beragam manfaat CRM untuk bisnis

Last but not least, ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menerapkan teknik CRM untuk bisnis!

1. Biaya Produksi Berkurang

Fokus penjualan produk akan lebih spesifik dalam menargetkan pelayanan terhadap pelanggan. Oleh karenanya, biaya yang nantinya keluar akan tercatat dan tampil secara terperinci sehingga dapat membantu mengurangi biaya produksi. 

2. Loyalitas Pelanggan Meningkat

Hubungan yang terjalin dengan baik antara perusahaan dan pelanggan akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini karena perusahaan memiliki informasi pelanggan yang lengkap sehingga dapat tetap menjaga hubungan dalam level bisnis tersebut. Untuk itu, perusahaan harus terus memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan kualitas produk atau jasa agar pelanggan tidak berpindah ke perusahaan saingan. 

3. Meningkatkan Time to Market dan Pendapatan secara Optimal

CRM dapat menghimpun data pelanggan seperti tren pembelian untuk keperluan strategi promosi. Selain itu, CRM juga dapat menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan sebuah produk sehingga perusahaan bisa bersiap dalam merencanakan metode pemasaran.  Dengan penerapan CRM yang tepat, semua hal tentunya akan berpengaruh dalam memberikan keuntungan bagi perusahaan secara optimal. 

Buat kamu yang tertarik mempelajari CRM, kelas Customer Relationship Management (CRM) Marketing dari MySkill.id bisa jadi pilihan yang cocok. Dalam kelas ini, kamu akan belajar komponen pada strategi CRM, contoh penerapan, dan kanal distribusi CRM. Selain itu, kamu juga akan belajar memahami segmentasi dan alur pengguna. Wah, menarik, ya!

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Customer Relationship Management. Ketika sudah memahami pentingnya CRM, artinya kamu sudah siap menjalankan roda bisnismu dengan lebih maksimal. Tertarik untuk mencoba? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar, ya! Semoga bermanfaat!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill