Beasiswa PF Prestasi: Fasilitas, Persyaratan, hingga Seleksi

Beasiswa PF Prestasi merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Pertamina dan Pertamina Foundation terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia. Hal ini khususnya bagi mahasiswa jenjang strata satu (S1) dari berbagai perguruan tinggi.

Meski program tersebut sudah ada sejak 2011 dan telah berjalan hampir 11 tahun, ternyata masih banyak mahasiswa yang belum tahu soal Beasiswa PF Prestasi ini, lo! Padahal, fasilitas yang tersedia pun sangat beragam dan tentunya bermanfaat untuk mewujudkan mimpi kamu dalam meraih gelar sarjana.

Oleh karena itu, yuk, simak penjelasan mengenai Beasiswa PF Prestasi berikut ini agar kamu tidak ketinggalan informasi!

1. Mengenal Beasiswa PF Prestasi

Beasiswa PF Prestasi: Fasilitas, Persyaratan, hingga Seleksi
Mengenal apa itu Beasiswa PF Prestasi (Gambar: Dokumen Pribadi)

Beasiswa PF Prestasi adalah pemberian bantuan berupa biaya pendidikan, biaya hidup, dan berbagai bantuan lain dalam rangka mendukung pendidikan serta pelatihan untuk siswa, mahasiswa, hingga masyarakat.

Sumber pendanaan program ini berasal dari pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina (Persero) yang dikelola oleh Pertamina Foundation.

Secara umum, PF Prestasi scholarship terbagi dalam beberapa jenis, yakni Beasiswa Pertamina Sobat Bumi S1 Reguler, Beasiswa Pertamina Afirmasi, Beasiswa Pertamina Vokasi, dan Beasiswa Pertamina Peduli.

Program PF Prestasi merupakan komitmen PT Pertamina (Persero) serta Pertamina Foundation guna menyukseskan visi Indonesia maju dan sejahtera. Salah satu caranya yakni dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dari seluruh lapisan masyarakat.

Fasilitas pendidikan ini sekaligus menjadi apresiasi khususnya bagi mahasiswa yang berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial kemasyarakatan, serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Tujuan Beasiswa

Beasiswa PF Prestasi: Fasilitas, Persyaratan, hingga Seleksi
Tujuan bantuan Beasiswa PF Prestasi

Selain memberi subsidi biaya pendidikan dan biaya hidup, Beasiswa PF Prestasi juga memiliki beberapa tujuan yakni sebagai berikut:

a. Tujuan Umum

Memperkuat perguruan tinggi mitra Pertamina Foundation sehingga dapat menjadi pemimpin bangsa yang berjiwa entrepreneur.

Tidak hanya itu, penerima manfaat beasiswa juga diharapkan mampu belajar, berbagi, dan bergerak bersama untuk menyebarkan pola pikir positif tentang kelestarian alam.

b. Tujuan Khusus

  1. Memberi kesempatan putra/putri Indonesia untuk mendapatkan akses pendidikan.
  2. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan pada perguruan tinggi.
  3. Membantu meringankan beban biaya kuliah agar mahasiswa mampu meningkatkan indeks prestasi (IP) akademik dan lulus tepat waktu.
  4. Memberi stimulan bantuan untuk aksi peduli lingkungan dan peningkatan kapasitas agar lebih siap menjadi kader pemimpin masa depan yang ramah lingkungan.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

3. Bentuk Bantuan Beasiswa

Beasiswa PF Prestasi: Fasilitas, Persyaratan, hingga Seleksi
Fasilitas dan kegiatan PF Prestasi (Gambar: Dokumen Pribadi)

Berikut adalah manfaat yang akan kamu peroleh ketika menjadi penerima PF Prestasi scholarship:

a. Bantuan Biaya Pendidikan

Meliputi pembayaran UKT, praktikum, buku, dan pembinaan mahasiswa maksimal sebesar Rp5.000.000 tiap semester.

b. Bantuan Biaya Hidup

Bantuan biaya hidup merupakan bantuan pendukung sebesar Rp500.000 setiap bulan. Pemberian bantuan biaya hidup melekat dengan bantuan biaya pendidikan. Jadi, apabila penerima beasiswa mengambil cuti kuliah, subsidi biaya pendidikan dan biaya hidup secara otomatis terhenti sampai mahasiswa tersebut menyelesaikan cutinya.

c. Bantuan Kegiatan Aksi Sobat Bumi

Seluruh awardee PF Prestasi wajib untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial serta berkontribusi positif terhadap perbaikan dan pelestarian lingkungan sekitar. Adapun pemberian bantuan untuk kegiatan green living dan environmental sustainability bersifat stimulan dengan besaran sesuai kemampuan Pertamina Foundation.

d. Training Capacity Building

Mahasiswa yang lolos seleksi PF Prestasi akan mendapat training pengembangan individu oleh Pertamina Foundation. Pembinaan ini meliputi pengetahuan, motivasi, keterampilan, serta pengembangan organisasi seperti kemampuan networking, leadership, dan lain lain.

e. Gathering Sobat Bumi

Penerima beasiswa wajib mengikuti kegiatan yang berupa orientasi atau pengenalan beasiswa Sobat Bumi, kegiatan aksi Sobat Bumi, dan team building.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Beasiswa PF Prestasi: Fasilitas, Persyaratan, hingga Seleksi
Syarat mendapatkan Beasiswa PF Prestasi

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi saat akan mendaftar program Beasiswa PF Prestasi:

  1. Mahasiswa S1 aktif yang minimal sedang menempuh semester 2.
  2. IP atau IPK sampai semester 2 mencapai  ≥ 3,0 skala 4.
  3. Aktif mengikuti organisasi dan kegiatan sosial kemasyarakatan atau lingkungan hidup.
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun.
  5. Tidak pernah terlibat penyalahgunaan obat terlarang, narkoba, dan tindak kriminal lainnya.
  6. Membuat karya tulis bertema: “Berbagi Pengalamanku dalam Aksi Solidaritas Covid-19 dan Rencana Aksi Recovery Covid-19” dengan ketentuan minimal 3 halaman kuarto spasi 1,5.
  7. Kuliah di kampus mitra Pertamina Foundation.

5. Proses Seleksi Beasiswa PF Prestasi

Beasiswa PF Prestasi: Fasilitas, Persyaratan, hingga Seleksi
Tahap-tahap seleksi PF Prestasi scholarship

Penerima program PF Prestasi akan melewati tiga tahap seleksi, yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi, dan seleksi wawancara. Berkas yang lolos administrasi akan lanjut ke tahap seleksi substansi, sedangkan yang tidak lolos tetap mendapat pemberitahuan.

Selanjutnya, tim Pertamina Foundation akan menentukan peserta yang berhak mengikuti wawancara. Saat tes wawancara, mahasiswa akan berhadapan dengan perwakilan Pertamina Foundation, PT Pertamina (Persero), dan perguruan tinggi setempat.

Adapun lokasi wawancara berada di kampus masing-masing. Untuk pengumuman akhir, kamu bisa melihat melalui laman beasiswa.pertaminafoundation.org.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Itulah beberapa penjelasan mengenai Beasiswa PF Prestasi. Persiapkan diri mulai sekarang untuk mengikuti berbagai jenis scholarship dan gabung E-Learning Bahasa Inggris bersama MySkill.id agar kamu punya value diri yang berkualitas!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill