4 Keuntungan Ikut Program Internship! Tertarik Mencoba?

Mengikuti sebuah kegiatan magang merupakan salah satu langkah yang bisa kamu ambil untuk mengenal lebih dekat perihal karir impianmu! Terjun ke dalamnya membuat kita kecipratan soal dunia kerja, loh sobat MySkill.id. Mengakses informasi seputar internship juga semakin mudah belakangan ini. Bermodal beberapa platform sosial yang ada, para mahasiswa dan fresh graduate dapat menemukan lowongan menarik dimana mereka bisa menyalurkan skill dan pengetahuan yang dimiliki.

Waktu untuk keberlangsungan sebuah internship memang tidak selama layaknya mereka yang menjadi karyawan tetap. Barangkali hanya sekitar tiga atau bahkan enam bulan saja. Untuk waktu yang cukup singkat ini, lantas apa untungnya bergabung dalam kegiatan magang? Jangan takut, semua yang kamu lakukan tentu memiliki benefit-nya sendiri. MySkill.id selalu punya jawabannya! Yuk, simak empat manfaat apabila kamu memutuskan untuk magang di perusahaan pilihanmu!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Jadi Tahu Soal Dunia Kerja

4 Keuntungan Ikut Program Internship! Tertarik Mencoba?
Seperti pekerja sungguhan!

Memilih bergabung dalam sebuah program magang tidak akan membuat kamu berkhayal lagi soal dunia kerja, nih sobat MySkill.id. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu itu kamu secara tidak langsung harus membiasakan diri dengan rush-hour di tempat kamu magang. Sudah seperti pekerja sungguhan, bukan? 

Terlebih lagi, program internship ini bisa membuat kamu melek soal pattern apa saja yang menjadi budaya kerja dalam sebuah perusahaan. Layaknya ujian, lewat kegiatan ini kamu seperti mendapatkan kisi-kisi sebelum akhirnya secara nyata terjun dalam karir yang kamu pilih! Hal ini membuat kamu selangkah lebih tahu soal job desc dari posisi yang kamu incar. Menggiurkan, bukan?

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Internship Baik untuk Pengembangan Potensi Diri

4 Keuntungan Ikut Program Internship! Tertarik Mencoba?
Upgrade skills ketika magang? Siapa takut

Siapa bilang kalau anak magang kerjanya hanya mengurusi persoalan kertas fotocopy atau sekedar lalu-lalang untuk menyeduh kopi milik para seniornya? Jauh dari itu, internship merupakan sebuah wadah besar bagi kamu untuk berkembang. Pekerjaan yang mampu terselesaikan dengan baik dan menyentuh target dapat menjadi tolak ukur terkait kualitas yang kamu miliki! Hal ini tentu akan memudahkan kamu mengenal potensi diri yang menjadi unggulanmu. Program internship ini jugalah dapat menjadi catatan, dimana di kemudian hari boleh menjadi acuan untuk pengembangan diri yang lebih baik lagi. Terus tingkatkan kualitasmu, ya sobat MySkill.id.

3. Work as A Team? Sudah Biasa Selama Internship

4 Keuntungan Ikut Program Internship! Tertarik Mencoba?
Jangan ragu bersuara saat kegiatan brainstorming nanti, ya

Bekerja dalam sebuah team bukanlah sesuatu yang baru dalam dunia pekerjaan, begitu juga saat kamu magang. Beberapa tugas maupun proyek kadang kala harus rampung dengan ide milik bersama yang mengharuskan kamu berinteraksi dengan karyawan lainnya, nih sobat MySkill.id. Internship secara tidak langsung akan melatih kemampuan dalam menjalin sosialisasi dua arah yang komunikatif guna melahirkan gagasan terbaik. Akan ada banyak kegiatan brainstorming yang kamu hadapi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Apabila sudah terbiasa terlibat dalam team work, kamu tidak perlu risau apabila nanti ditugasi hal yang serupa di tempat kerjamu yang lain! 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Bonus Insentif Setiap Bulannya

4 Keuntungan Ikut Program Internship! Tertarik Mencoba?
Bergaji atau tidak sama bermanfaatnya

Program magang awamnya terbagi atas dua kategori, yaitu paid dan unpaid internship. Hal ini bergantung kepada kebijakan milik perusahaan. Namun, jangan jadikan kedua hal tersebut patokan terkait baik atau buruknya sebuah internship, ya! Unpaid internship tidak selalu persoalan pasokan dana yang akan masuk ke rekening kamu, loh sobat MySkill.id. Ada juga beberapa perusahaan maupun startup menyediakan akomodasi yang menjadi kebutuhan bagi para karyawan magang di sana. Jadi jangan takut akan kesulitan dalam menjalaninya! Sedangkan untuk paid internship, memang kamu akan menerima upah bulanan seperti para pekerja pada umumnya. Terlepas dari hal tersebut, semua program internship itu tetap menarik dan bermanfaat untuk diikuti, ya! 

Apakah empat benefit di atas telah cukup membuat kamu yakin untuk join sebuah program internship? Ingat ya, sobat MySkill.id semua ini berbalik lagi kepada keputusan yang kamu ambil. Jangan takut untuk mencobanya! Jika tidak mencicipi, bagaimana bisa kamu sebut gula itu manis, bukan? Yuk, bagikan manfaat yang kamu rasakan saat magang dengan meninggalkan jejak digital pada kolom komentar di bawah ini.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill