4 Langkah Persiapan Karier Untuk Wujudkan Dream Job, Catat!

Mempersiapkan diri untuk menggapai karier impian memang membutuhkan kesabaran, kerja keras, dan sikap yang pantang menyerah. Nggak bisa dipungkiri, serangkaian proses demi mendapatkan pekerjaan yang kita idamkan memang sering membuat gugup ya, guys! Apalagi jika kita sudah berhadapan langsung dengan calon atasan kita.

Pernah tidak kamu sudah mempersiapkan diri secara sempurna, tapi justru blank di detik-detik terakhir sebelum dipanggil? Atau justru begitu menerima panggilan wawancara kerja, kamu sudah cemas?

Merasa deg-degan dengan tahapan baru di kehidupan itu memang wajar. Namun, bila sudah dipersiapkan dengan lebih matang, dijamin kamu akan jauh lebih tenang dan siap menghadapinya. MySkill punya tips buat kamu yang sedang atau akan menjalani fase mencari pekerjaan. Yuk, chekidot!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Buat Resume yang Mendukung Karier Kita

4 Langkah Persiapan Karier Untuk Wujudkan Dream Job, Catat!
Cantumkan resume yang relevan dengan bidang profesi

Ya, menyantumkan data diri dan pengalaman sebaiknya tidak kita lakukan tanpa memperhitungkan relevansinya ya, guys! Sangat disarankan untuk ‘hanya’ menuliskan hal-hal yang penting untuk company ketahui. Misalnya, apabila kamu berkeinginan untuk mendaftar sebagai guru, masukan experience yang sekiranya dapat mendukung profesi yang sedang kita tuju, seperti pernah bergabung di komunitas pengajar, freelance sebagai guru les, dan lain sebagainya.

Pastikan apa saja dokumen yang perusahaan minta pada calon pelamarnya. Biasanya perusahaan akan meminta print out dokumen yang telah kamu kirimkan sebelumnya melalui surel. Meskipun demikian, pada masa sekarang lebih banyak lagi company yang tidak memerlukan hal tersebut karena dokumen telah dikirimkan melalui daring. Check lagi, siapa tahu CV yang kita kira sudah baik, ternyata masih kurang menarik!

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Kenali Betul Minat dan Bakatmu

4 Langkah Persiapan Karier Untuk Wujudkan Dream Job, Catat!
Tidak pernah ada kata terlambat untuk mengenali diri!

Bukankah hal seperti ini sudah seharusnya kita tahu sejak dulu? Eitss, tahu tidak bahwa ternyata masih banyak orang yang kebingungan tentang apa keinginan mereka?

Memahami kelemahan dan kekuatan diri memang tidak mudah. Bahkan terkadang orang lain seolah tampak lebih mudah menilai kita dibandingkan diri sendiri. Sangat penting untuk sering melakukan hal yang setidaknya kita minati, mencari pengalaman, dan tantangan baru agar skill semakin terasah. Jangan malu untuk mengakui kekurangan kita, sebaliknya cari cara untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Watch Your Social Media!

4 Langkah Persiapan Karier Untuk Wujudkan Dream Job, Catat!
Bijaksana dalam menggunakan media sosial sangat berguna

Perhatikan media sosialmu! Baru-baru ini, perusahaan mempertimbangkan kelayakan kamu sebagai calon pekerja melalui media sosialmu. Kok bisa?

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, penggunaan media sosial sudah kayak makanan sehari-hari. Hal tersebut jadi dua sisi mata uang karena bisa menguntungkan, atau menimbulkan efek negatif yang tidak kecil. Sebut saja hoax-hoax yang sering bermunculan, melontarkan komentar pedas yang menjurus ke arah cyber bullying, hingga memposting foto yang enggak pantas. Ihh, serem ya..

Lantas, apa hubungannya dengan pekerjaan kita? HRD atau perekrut dari perusahaanmu akan mulai mengecek social media-mu untuk mengetahui background dan kebiasaanmu saat memakai media sosial.

So, yang sering nge-post aneh-aneh di Twitter, Facebook, atau Instagram, lebih baik mulai bersih-bersih deh, biar enak dan sopan ketika calon perusahaan meninjau kita!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Mengikuti Pelatihan Karier yang Bermanfaat

7 Kualitas Wanita Karier yang Memukau Semua Orang di Kantor

Agar persiapan diri sebelum berkarier semakin mantap, yuk belajar di MySkill! Dengan mentor yang mumpuni di bidangnya, kamu bisa memilih berbagai pelatihan seperti Digital Marketing, Data Analysis, Microsoft Excel dan sebagainya.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Nah, buat kamu yang sedang mempersiapkan karier profesional, yuk jangan lupa ikuti kegiatan bersama MySkill! Selain punya kelas keren dan bootcamp dengan berbagai tutor yang berpengalaman, MySkill juga memiliki kumpulan artikel menarik seputar dunia profesi. So, tunggu apa lagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill