5 Buku Cara Membangun Startup hingga Menjadi Unicorn

Membangun startup yang berpengaruh tentu menjadi harapan bagi para pendirinya. Supaya tujuan tersebut tercapai, butuh motivasi dan inspirasi agar tetap semangat dalam berikhtiar. Nah, inspirasi tersebut bisa datang dari mana saja, termasuk membaca buku tentang startup.

Yup, bermodalkan membaca buku-buku tersebut, Sobat akan terbantu agar gak mudah patah semangat saat menghadapi masa sulit. Namun, apakah kamu sudah tahu buku seperti apa yang dapat memotivasi dan menginspirasi dalam membangun bisnis?

Well, gak perlu bingung karena MySkill sudah menyiapkan sejumlah rekomendasi buku tentang cara membangun startup menjadi unicorn. Ada apa saja, ya? Langsung aja kita simak informasinya berikut ini, yuk!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Buku “The Startup Playbook: Secrets of the Fastest-Growing Startups from Their Founding Entrepreneurs” oleh David Kidder

5 Buku Cara Membangun Startup hingga Menjadi Unicorn
Dari buku The Startup Playbook, Sobat akan membaca saran-saran hebat dari pengusaha sukses

Buku ini menceritakan kumpulan pengalaman pengusaha dan CEO yang berpengaruh di dunia. Penulisnya, David Kidder, melakukan wawancara langsung dengan para pendiri perusahaan-perusahaan tersebut. Dalam tulisannya ini, ia menceritakan bagaimana mereka berhasil membangun perusahaan yang bernilai jutaan hingga miliar dolar. 

Lebih dari itu, The Startup Playbook akan memberikan insight menarik untukmu. Sebab, di dalamnya, ada banyak saran bermanfaat dari para pengusaha sukses yang David Kidder wawancarai. Jadi, cocok banget buat Sobat yang baru memulai. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Buku “Startup Idea to IPO: What Does it Take to Create a Unicorn Company” karya CA. Rajan Bhatia

5 Buku Cara Membangun Startup hingga Menjadi Unicorn
Pembawaannya yang ringan, tapi tetap edukatif, membuat Startup Idea to IPO banyak dicari di Amazon

Karangan CA Rajan Bhatia yang satu ini adalah buku yang paling banyak dicari di Amazon. Startup Idea to IPO akan mengajarkanmu cara-cara membangun bisnis dengan 3 aspek penting.

Melalui pembawaan yang ringan, ringkas, dan edukatif, Startup Idea to IPO memberikan perspektif yang berbeda dalam membangun bisnis. Layak kamu jadikan sebagai bacaan, nih.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Buku “The Startup Owner’s Manual” oleh Steve Blank dan Bob Dorf

5 Buku Cara Membangun Startup hingga Menjadi Unicorn
Sobat akan belajar tentang permasalahan masa kini yang startup hadapi lewat karya Steve Blank dan Bob Dorf ini

Berbeda dengan buku lainnya yang mengedepankan sisi teori, The Startup Owner’s Manual cenderung berorientasi pada praktik. Steve Blank dan Bob Dorf memberikan perhatian pada masalah yang biasa startup hadapi pada masa ini. Penulis mengklasifikasikan pertanyaan yang akan muncul di masa mendatang sekaligus memberikan solusi.

Selain itu, The Startup Owner’s Manual juga berisi 40 daftar periksa yang berguna untuk semua fase proyek. Di dalamnya, juga termuat penjelasan khusus untuk startup digital dan spin-off.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. “The Hard Thing About Hard Thing” karya Ben Horowitz

5 Buku Cara Membangun Startup hingga Menjadi Unicorn
Ben Horowitz membagikan pengalamannya mengatasi kebangkrutan di The Hard Thing About Hard Thing

The Hard Thing About Hard Thing menceritakan secara langsung pengalaman sang penulis, Ben Horowitz. Dirinya tahu betul bagaimana cara menangani krisis dan perubahan untung-rugi bagi suatu perusahaan. Hal ini karena Ben pernah mengatasi kebangkrutan sebelumnya.

Merupakan seorang co-founder dari firma Andreessen Horowitz, kemampuan menulis Ben terbilang sangat baik. Buku ini ia kemas dengan anekdot dan humor, tetapi tetap mampu mempertahankan esensi keseriusan di dalamnya. Jadi, Sobat gak akan bosan membaca bukunya, deh.  

5. “Zero to One” oleh Peter Thiel

5 Buku Cara Membangun Startup hingga Menjadi Unicorn
Ide-ide baru bisa kamu temukan dalam buku Zero to One karangan Peter Thiel

Peter Thiel adalah pendiri PayPal dan merupakan salah satu investor Facebook pertama kala itu. Kesuksesannya dalam berbisnis dan mengamati peluang ia torehkan ke dalam karyanya yang berjudul Zero to One

Buku yang ini gak perlu diragukan lagi. Sebab, Zero to One adalah buku favorit para pendiri perusahaan yang tidak konvensional, berani, dan penuh ide-ide baru. Nah, buat kamu yang ingin membangun perusahaan berbasis teknologi, karya Peter Thiel ini wajib menjadi bacaanmu, nih!

Itulah beberapa rekomendasi buku untuk Sobat MySkill yang ingin membangun startup hingga menjadi unicorn. Namun, mendirikan sebuah perusahaan gak bisa hanya mengandalkan bacaan buku saja, kan? Sobat perlu punya skill agar usaha tetap bisa berjalan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Kalau bingung cari tempat untuk mengembangkan skill, MySkill punya solusi berupa e-learning dan bootcamp yang dapat Sobat ikuti. Pelatihannya seperti apa, ya? Kalau penasaran, mending langsung cek aja, yuk!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill