6 Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula, Ketahui Tipsnya!

Dewasa ini, banyak pemula yang mencari cara untuk mulai belajar bahasa Korea. Keberadaan K-Wave memiliki andil dalam hal tersebut. Ketertarikan pada budaya Korea mendorong orang-orang ingin belajar lebih jauh tentang bahasanya. Namun, tak hanya itu saja, beberapa orang merasa bahwa bahasa ini bisa menjadi sangat penting di masa yang akan datang. Sehingga mereka mulai mempelajarinya. 

Hal tersebut didasarkan pada fakta bahwa Korea masuk peringkat 3 besar sebagai negara yang menanamkan investasi di Indonesia. Bahkan, terdapat beberapa perusahaan yang kini mencantumkan bahasa tersebut sebagai kualifikasi calon pegawainya. Maka dari itu, para pemula menganggap belajar bahasa Korea juga bisa menjadi cara untuk membuka peluang karier di masa depan. 

Belajar bahasa Korea memang terlihat rumit, hingga terkadang sebagai pemula kita bingung bagaimana cara memulainya. Namun, teman-teman tak perlu khawatir, karena kali ini MySkill akan berbagi tips dan cara belajar bahasa Korea untuk pemula. Guna mengetahuinya lebih lanjut, simak pembahasan di bawah!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

1. Pelajari Hangeul
6 Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula, Ketahui Tipsnya!
Mengenal hangeul adalah cara paling dasar untuk belajar Bahasa korea bagi pemula 

Mempelajari alfabet merupakan hal paling dasar saat belajar bahasa. Jika ingin menguasai suatu bahasa, kalian harus bisa membaca alfabetnya. Oleh karena itu, mengenal tentang hangeul (alfabet Korea) masuk dalam daftar cara belajar bahasa Korea untuk pemula. Menguasai hangeul sebenarnya relatif mudah. Bahkan, kebanyakan orang bisa mempelajarinya dalam 1-2 hari saja. 

Hangeul terdiri dari huruf 14 konsonan dan 10 vokal. Kalian bisa memulai dengan pelajari 10 huruf vokal dasar, kemudian 14 huruf konsonan. Lalu pelajari tentang kombinasi huruf vokal dan double konsonan. Terakhir, kalian juga bisa mulai belajar membaca kombinasi antara vokal dan konsonan dalam suatu kata. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Latihan Pronunciation
6 Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula, Ketahui Tipsnya!
Melatih pelafalan berulang kali agar terbiasa mengucapkannya

Bersamaan dengan belajar hangeul, untuk menguasai bahasa Korea, pemula juga perlu mengetahui cara pelafalan tiap huruf secara tepat. Meskipun menghafal hangeul cukup mudah, tetapi pelafalan hurufnya sedikit sulit. Oleh sebab itu, latihlah pronunciation kalian secara terus menerus supaya terbiasa melafalkannya dengan benar. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Pahami Berbagai Macam Kosakata
6 Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula, Ketahui Tipsnya!
Pelajari 10 hingga 15 kosakata dasar setiap minggunya

Setelah memahami alfabet dan pronunciation, teman-teman bisa langsung belajar mengenai berbagai vocabulary. Hal ini dilakukan agar kalian dapat memahami arti setiap kata. Selain itu, buatlah target mingguan. Misalnya kalian ingin mempelajari 10-15 kata setiap minggunya. Maka fokuslah untuk memahami 10-15 kata tersebut dengan mencatat, serta mempraktikannya. 

Jangan lupa mengatur topik atau tema vocabulary yang akan teman-teman pelajari tiap minggunya. Sehingga tiap kosakata dapat kalian cerna lebih mudah karena berkesinambungan. Mulailah dengan kosakata dasar yang sering orang-orang gunakan sehari-hari. Seperti perkenalan, angka, warna, dan nama-nama benda. Di samping itu, pelajari juga struktur kalimat dan grammar-nya.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Install Aplikasi khusus Bahasa Korea 
6 Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula, Ketahui Tipsnya!
Unduhlah aplikasi khusus seperti Papago, Duolingo, dan Naver Korean Dictionary

Meng-install aplikasi khusus bahasa Korea akan sangat membantu pemula untuk belajar dengan cara yang lebih efektif. Aplikasi seperti kamus dan pembelajaran bahasa Korea bisa menjadi sumber guna mempelajari 3 poin sebelumnya. Contoh beberapa apps yang dapat digunakan di antaranya Papago, Naver Korean Dictionary, Duolingo, dan Memrise.

5. Kelilingi Keseharian dengan Hal-hal Berbau Korea
6 Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula, Ketahui Tipsnya!
Belajar bahasa Korea melalui lagu dan drama merupakan cara yang menyenangkan untuk pemula

Penuhilah keseharian kamu dengan hal-hal yang berkaitan dengan Korea! Mulai dari mendengar lagu, menonton drama, podcast, hingga membaca komik berbahasa Korea. Hal tersebut bisa membuat kalian familier saat mendengar atau membaca bahasa tersebut. Selain itu, melalui aktivitas-aktivitas tersebut teman-teman bisa belajar pronunciation yang tepat dan mengetahui kosakata baru yang sedang populer.

6. Ikut Kelas Bahasa Korea
6 Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula, Ketahui Tipsnya!
Banyak pemula memilih untuk ikut kelas sebagai salah satu cara belajar bahasa Korea

Selain cara-cara di atas, mengikuti kursus bisa menjadi pilihan terbaik. Tempat kursus akan memberikan fondasi yang kuat pada murid-muridnya. Oleh sebab itu, bergabung dengan kelas bahasa bisa membantu kalian menguasainya lebih mudah. Di samping itu, kalian bisa bertemu teman-teman baru untuk belajar maupun melakukan praktik percakapan bersama-sama.

Berbagai manfaat yang didapat membuat tak heran jika banyak pemula memilih untuk belajar bahasa korea dengan cara mengikuti kelas kursus ini. Bila tertarik mengikuti kelasnya, teman-teman bisa bergabung ke Mini Bootcamp Bahasa Korea dari MySkill.id! Harganya juga sangat terjangkau, jadi tunggu apalagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill