8 Cara Buat Instagram Ads untuk Promosi Bisnis

Di era digital ini, terdapat berbagai cara untuk memperluas bisnis. Kehadiran sosial media seperti Instagram akan mempermudah pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya dengan lebih efektif. Penggunaan Instagram ini akan sangat membantu pelaku bisnis, karena mereka menawarkan berbagai fitur menarik. Salah satunya seperti Instagram Ads.

Apakah teman-teman sudah mengetahui tentang fitur Instagram Ads? Fitur yang satu ini tidak dapat dipisahkan dengan digital marketing. Oleh karena itu, kalian wajib mengetahuinya jika ingin berkecimpung di dunia digital marketing. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai Instagram Ads dan cara membuatnya.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah fitur unggahan berbayar yang khusus digunakan untuk promosi bisnis. Unggahan tersebut dapat muncul dalam bentuk stories, reels, dan posting-an feeds di halaman beranda maupun explore. Sehingga dapat dilihat oleh banyak pengguna.

Penggunaan fitur ini terbilang efektif dalam mempromosikan bisnis. Pelaku bisnis dapat menentukan target audiensnya secara spesifik. Sehingga iklan akan ditampilkan oleh Instagram kepada pengguna yang memiliki kemungkinan untuk membelinya. Selain itu, pada fitur tersebut pelaku bisnis dapat menyisipkan tautan, tombol CTA (Call-to-Action), dan katalog produk yang memudahkan user.

Berdasarkan data dari Hootsuite pada 2021 lalu, pengguna Instagram di Indonesia telah mencapai 86,6% dari jumlah populasi yang ada. Hal tersebut mendorong Instagram masuk peringkat ketiga sebagai sosial media yang paling banyak digunakan masyarakat. Biaya untuk memasang iklan ini juga terbilang tidak terlalu mahal. Oleh karena itu, menggunakan Instagram Ads untuk keperluan promosi adalah pilihan terbaik guna menjangkau audiens dalam skala yang besar.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Cara Membuat Instagram Ads

Selain harganya yang cukup terjangkau, cara membuat Instagram Ads ini pun tidak terlalu sulit. Apalagi jika teman-teman sudah familier dengan Facebook Ads. Guna mengetahuinya lebih lanjut, yuk, bahas bersama cara membuatnya!

1. Buka Facebook Ads Manager
Buka Facebook Ads Manager guna membuat Instagram Ads (Gambar: Dokumenasi pribadi)

Langkah pertama, bukalah Facebook Ads Manager. Pastikan teman-teman sudah memiliki akun serta membuat halaman Facebook terlebih dahulu untuk memasang iklan. Perlu kalian ketahui bahwa setelah 2012, Instagram dan Facebook disatukan dengan Facebook Ads Manager.

Di samping Facebook Ads Manager, kalian juga bisa menggunakan tools lainnya seperti Power Editor untuk membuat Instagram Ads. Pembuatan iklan melalui aplikasi Instagram secara langsung juga bisa kalian terapkan dalam melakukan boost pada unggahan yang sudah ada. Namun, pengaturan Facebook Ads Manager lebih lengkap, penggunaanya juga lebih efektif dan sederhana.

2. Tentukan Tujuan
8 Cara Buat Instagram Ads untuk Promosi Bisnis
Tentukan apa tujuan dari pembuatan iklan (Gambar: Dokumenasi pribadi)

Setelah membuat halaman Facebook, kemudian klik “Create”. Lalu Tentukanlah apa tujuan dari pembuatan iklan tersebut. Tujuan Iklan bisa berupa peningkatan traffic, engagement, meningkatkan interaksi, video views, brand awareness, dan masih banyak lagi.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Pilih Audiens
Pilihlah target audiens dari Instagram Ads yang akan tayang (Gambar: Dokumenasi pribadi)

Kelebihan dari promosi melalui sosial media adalah adanya target audiens yang spesifik. Pada tahap ini teman-teman perlu memilih target audiens yang ingin dijangkau untuk penentuan efektivitas iklan.

Penentuan target audiens bisa kalian atur berdasarkan lokasi, usia, gender, bahasa, pekerjaan, status finansial, dan juga ketertarikan. Selain itu, di tahap ini kalian juga dapat mengatur berapa target estimasi audiens per harinya. Hal tersebut akan berpengaruh dalam menentukan biaya iklan.

4. Atur Penempatan Iklan
8 Cara Buat Instagram Ads untuk Promosi Bisnis
Posisi iklan adalah aspek penting dalam promosi melalui Instagram Ads (Gambar: Dokumenasi pribadi)

Mengatur posisi iklan adalah aspek penting dalam promosi bisnis melalui Instagram Ads. Terdapat beberapa pilihan untuk penempatan iklan. Di antaranya adalah pada feed, explore, shop, stories, dan reels Instagram.

5. Tentukan Budget
8 Cara Buat Instagram Ads untuk Promosi Bisnis
Tentukan budget Instagram Ads (Gambar: Dokumenasi pribadi)

Dalam menentukan biaya, kalian dapat memilih daily atau lifetime budget. Pada daily budget, pengeluaran biaya per harinya memiliki jumlah yang sama rata. Lain halnya dengan lifetime budget, kalian perlu menargetkan biaya untuk jangka waktu tertentu. Biaya tersebut nantinya dapat kalian bagi sesuai dengan efektivitas hari dan waktu yang lebih spesifik.

Selain itu, terdapat pilihan cara optimasi iklan. Cara optimasi iklan ini juga dapat mempengaruhi biaya. Terdapat beberapa pilihan untuk mengoptimasinya sesuai kebutuhan dan tujuan iklan, yaitu link clicks, impressions, daily unique reach, dan landing page views.

6. Pilih Format dan Buat Iklan
Tentukan format iklan dan masukan gambar atau video guna membuat iklan (Gambar: Dokumenasi pribadi)

Sesudah mengisi semua, selanjutnya adalah klik “Next” guna melanjutkan ke tahap pembuatan iklan. Tulislah judul iklan serta koneksikan akun Instagram yang ingin kalian promosikan pada halaman Facebook.

Langkah selanjutnya, tentukan format iklan. Terdapat 3 jenis format yaitu single image or video, carousel, dan collection. Kemudian, pilihlah gambar atau video yang sesuai dengan kebutuhan format iklan. Lalu, buatlah teks deskripsi yang menarik dan singkat untuk mengiklankan produk di Instagram Ads. Jangan lupa masukkan link serta tentukan opsi CTA yang sesuai.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

7. Lakukan pembayaran
8 Cara Buat Instagram Ads untuk Promosi Bisnis
Pilih metode pembayaran serta lakukan pembayaran

Jika teman-teman sudah melakukan langkah-langkah di atas, klik tombol hijau bertuliskan “publish”. Lalu pilih metode pembayaran. Pembayaran bisa melalui transfer Bank Mandiri, BNI, CIMB, Danamon, atau kartu kredit. Jika sudah menentukan metode pembayaran, lakukanlah pembayaran.

8. Pantau Performa Iklan
8 Cara Buat Instagram Ads untuk Promosi Bisnis
Pantaulah performa iklan Instagram Ads

Setelah berhasil membuat iklan, jangan lupa perhatikan performa iklan. Melalui Facebook Ads Manager, kalian dapat mengetahui efektivitas serta performa iklan. Jika terjadi kesalahan, kalian dapat segera memperbaikinya.

Dari informasi di atas, teman-teman dapat mengetahui cara membuat Instagram Ads melalui Facebook Ads Manager. Jika ingin belajar lebih lanjut mengenai social media ads, kalian dapat mengikuti Intensive Bootcamp Digital Marketing dari MySkill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill