Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!

Soft skill merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu secara alami yang mencakup kecerdasan, baik emosional maupun intelektual, komunikasi, hingga sosialisasi dengan individu lain. Ini akan menunjukkan sejauh mana kemampuanmu dalam berinteraksi dengan lingkungan. Dunia profesional sangat menghargai skills ini. Karena itu, perusahaan biasanya akan melihat apakah kandidat memiliki soft skill yang sesuai atau tidak.

Nah, dalam artikel ini, MySkill akan memberikan daftar 10 soft skill yang wajib kamu miliki untuk membantumu dalam menunjang karier. Pastikan kamu simak informasi di bawah ini dengan baik, ya!

1. Soft Skill Berpikir Kritis

Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!
Berpikir kritis bisa dilatih dengan membaca banyak buku

Soft skill pertama yang perlu kamu miliki adalah kemampuan berpikir kritis. Kamu bisa mengasah kemampuan ini dengan berbagai cara, seperti membaca buku atau mengikuti diskusi dan debat. Cara-cara tersebut akan sangat mengembangkan pikiran kritismu.

Skill ini sangat penting dalam karier karena ketika bekerja, tentu kamu akan menemui perdebatan dan diskusi untuk mengambil keputusan. Dengan memiliki pikiran kritis, kamu bisa menghasilkan keputusan yang lebih baik dan terukur.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Soft Skill Komunikasi

Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!
Kemampuan komunikasi diperlukan di semua jenis pekerjaan 

Kemampuan ini sangat penting untuk kamu miliki, baik untuk dunia profesional maupun untuk kehidupan sehari-hari. Untuk melatih skill ini, kamu perlu memulainya dengan menjadi pendengar yang baik. Jika seseorang sedang mengajakmu berbicara, simaklah dengan saksama.

Selain mendengarkan, kemampuan menyampaikan juga tidak kalah pentingnya. Suatu pekerjaan pasti dilakukan dengan bekerja sama dan berdiskusi. Oleh karena itu, kemampuan menerima dan menyampaikan pesan sangat penting untuk kamu miliki.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

3. Mengakses dan Menganalisis Informasi

Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!
Kemampuan ini akan memudahkan dalam memilah informasi

Dengan kemudahan teknologi informasi, berita yang tidak benar juga menjadi lebih mudah tersebar. Nah, sebagai seorang profesional, tentu kemampuan memilah dan menganalisis informasi menjadi sebuah kewajiban. Ini karena, turut menyebarkan sebuah informasi palsu membuat seseorang terlihat tidak profesional.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Kreatif, Inovatif, dan Keingintahuan

Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!
Kreativitas yang baik bisa menyelesaikan masalah dengan lebih baik

Ketiga kemampuan ini akan sangat berguna dalam menyelesaikan masalah. Ketika sedang menghadapi persoalan tertentu, rasa ingin tahu membuat kamu terus mencari akar masalah sampai dapat. Ketika telah memahaminya, kamu akan memikirkan solusi dari permasalahan tersebut dengan berpikir kreatif dan inovatif.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Kepemimpinan

Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!
Kepemimpinan yang baik akan berdampak baik dengan perkembangan jenjang karier

Kemampuan kepemimpinan wajib kamu miliki untuk menunjang perkembangan karier. Tentunya kamu mengharapkan promosi untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik, bukan? Dengan kepemimpinan yang baik, kesempatan guna mendapatkan promosi untuk memimpin sebuah departemen makin besar. Karena itu, latihlah kemampuan ini dari sekarang.

6. Soft Skill Adaptasi

Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!
Setiap profesional perlu beradaptasi dengan baik

Banyak pihak berpendapat bahwa dunia kerja jauh lebih keras daripada dunia sekolah atau perkuliahan, boleh jadi memang seperti itu. Oleh karena itu, agar dapat bertahan dibutuhkan kemampuan adaptasi yang baik. 

Setiap pekerjaan pasti terasa berat pada awalnya, apalagi jika belum terbiasa dengan tugas dan lingkungan kantor. Kemampuan beradaptasi akan membantumu melewati masa sulit tersebut.

7. Soft Skill Kerja Sama dan Kolaborasi

Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!
Perlu kerja sama yang baik karena akan bekerja dalam tim

Kemampuan selanjutnya yang sangat wajib kamu miliki adalah kemampuan bekerja sama dan berkolaborasi. Pasalnya, kamu tidak hanya bekerja seorang diri, tetapi juga bekerja di dalam tim.

8. Public Speaking

Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!
Public speaking bisa dilatih

Cukup banyak orang yang menganggap bahwa public speaking adalah sesuatu yang sulit. Mereka merasa tidak mampu ketika harus berbicara di depan banyak orang. Namun, jika kamu ingin sukses dalam karier, kemampuan ini cukup penting. Satu-satunya cara untuk mengembangkannya adalah dengan memberanikan diri dan membiasakannya terus-menerus.

9. Soft Skill Manajemen Waktu

Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!
Manajemen waktu juga akan menentukan kesuksesan seseorang

Seseorang yang ingin sukses dalam dunia profesional harus memiliki kemampuan ini. Sebab, masalah waktu menjadi hal yang sangat krusial dalam dunia profesional. Kamu perlu tepat waktu dalam segala hal, baik saat datang ke kantor ataupun ketika menyelesaikan sederet pekerjaan.

10. Networking Skill

Soft Skill Ini Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang Karier!
Networking yang baik akan membuka kesempatan yang lebih luas

The last but not least, soft skill ini juga tidak kalah pentingnya. Networking memiliki peran yang penting dalam membangun karier. Makin luas networking yang kamu miliki maka makin luas juga peluangmu untuk membangun karier yang baik.

Nah, itu dia 10 daftar soft skill yang harus kamu miliki jika ingin menunjang perkembangan kariermu. Kemampuan-kemampuan tersebut harus dilatih terus-menerus agar makin baik. Selain soft skill, kemampuan teknis juga sama pentingnya. Nah, kamu bisa melatihnya bersama MySkill, lo! Yuk, segera beli kelas-kelasnya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill