CRM: Definisi, Komponen, dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Menjalin hubungan baik bersama para client adalah faktor penting dalam kemajuan sebuah bisnis. Terlebih, kamu harus memastikan bahwa mereka puas dengan pelayanan perusahaan. Nah, untuk mengetahui hal tersebut, kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi bernama CRM atau Customer Relationship Management.

Lalu, apa itu CRM dan bagaimana fungsinya terhadap kemajuan perusahaan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Definisi CRM

CRM
Definisi Customer Relationship Management

Customer Relationship Management merupakan salah satu jenis aplikasi sekaligus strategi yang bertujuan untuk membangun relasi antara perusahaan dengan customer. Sebagai sebuah sistem, CRM memiliki peran repository, yakni mengintegrasikan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan para pelanggan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk menyederhanakan proses, strategi, serta pengelolaan tenaga penjualan dalam satu sistem.

Fungsi CRM

CRM
Fungsi Customer Relationship Management

CRM sebagai salah satu strategi peningkatan hubungan dengan pelanggan setidaknya harus menjalankan beberapa fungsi berikut:

  • Menerapkan gagasan yang berorientasi pada pelanggan (customer centric).
  • Mengidentifikasi berbagai faktor penting bagi kebutuhan pelanggan.
  • Menciptakan pelayanan terhadap customer secara berkualitas dan maksimal.
  • Membuat parameter berdasarkan sudut pandang pelanggan.
  • Memberikan dukungan secara penuh kepada customer.
  • Menerima dan menyelesaikan berbagai keluhan dari customer.
  • Mencatat setiap aspek dalam penjualan.
  • Menyusun informasi terkait pusat layanan dan penjualan dari customer.

Komponen Customer Relationship Management

CRM
Komponen Customer Relationship Management

Hal yang harus kamu ketahui selanjutnya tentang Customer Relationship Management adalah komponen yang dimiliki. Adapun CRM memiliki 3 komponen penting di dalamnya, yakni sebagai berikut:

Manajemen (Management)

Komponen pertama dari sistem CRM adalah manajemen. Dalam hal ini, manajemen berfokus pada sistem pengelolaan dan peningkatan hubungan dengan pelanggan. Itulah yang menjadi alasan mengapa keberadaan manajemen dalam CRM begitu penting.

Selain berdampak pada kemajuan perusahaan, komponen tersebut juga berperan dalam meningkatkan serta menentukan inovasi baru terkait strategi bisnis.

Hubungan (Relationship)

Sebuah perusahaan atau instansi tentu tak lepas dari kegiatan komunikasi. Hal ini tentu bertujuan untuk membangun interaksi antara pemilik bisnis dengan para pelanggan. Menjalin hubungan atau relationship yang baik dengan pelanggan juga akan mendukung perkembangan bisnis maupun perusahaan.

Pelanggan (Customer)

Komponen pelanggan merupakan seseorang yang akan, sedang, dan telah membeli suatu produk atau menggunakan jasa dari sebuah perusahaan.

Tahapan Customer Relationship Management

Tahapan Customer Relationship Management
  • Mendapatkan Customer Baru (Acquired)

Agar bisnis kamu terus memperoleh pelanggan baru, pastikan untuk selalu memberi pelayanan yang ramah kepada setiap pelanggan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan promosi terkait produk lain dari perusahaan dengan cara yang menarik sehingga pelanggan yang semula hanya membeli satu produk tertentu menjadi berminat untuk mencoba produk yang lainnya.

  • Menambah Daya Beli Customer (Enhanced)

Dalam dunia bisnis, terdapat dua cara untuk meningkatkan daya beli pelanggan, yakni menggunakan up selling dan cross selling. Up selling merupakan strategi penawaran jenis produk yang sama tetapi mempunyai kualitas yang jauh lebih baik, sedangkan cross selling merupakan upaya penjualan dengan menawarkan produk pelengkap terhadap barang yang sudah dimiliki oleh pelanggan.

  • Mempertahankan Customer (Retain)

Mempertahankan pelanggan adalah hal yang mudah jika kamu memiliki kredibilitas bisnis yang tinggi. Oleh karena itu, sempatkan waktu untuk mendengarkan pendapat, kritik, serta saran dari para pelanggan.

Selain itu, apabila terjadi komplain atau laporan ketidakpuasan, segera lakukan evaluasi agar pelayanan dalam perusahaan semakin meningkat.

Baca juga: 5 Tips Copywriting untuk Menghipnotis Audience

Manfaat Customer Relationship Management

Manfaat CRM (Customer Relationship Management)

Baca juga: Intip, 5 Strategi CRM yang Efektif untuk Bisnis!

Berikut adalah manfaat CRM sebagai salah satu strategi bisnis:

  • Meningkatkan keuntungan bagi perusahaan melalui up selling dan cross selling.
  • Terciptanya hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan.
  • Meningkatkan sistem pelayanan menjadi lebih memuaskan berdasarkan informasi yang telah diperoleh.
  • Menghasilkan konsistensi dalam pembuatan prosedur penyaluran jawaban kepada pelanggan.
  • Sebagai bahan evaluasi perusahaan.
  • Aplikasi untuk CRM akan menyimpan arsip-arsip berupa data penjualan, analisis, hingga campaign yang pernah dijalankan.

Itulah penjelasan mengenai CRM yang meliputi definisi, fungsi, komponen, tahapan, serta manfaatnya. Nah, agar bisnis dan perusahaan yang kamu jalankan semakin berkembang, yuk, asah skill marketing kamu dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp bersama MySkill.id!

Editor: Deden Usman Hafidi