Ingin Tahu Bagaimana Cara Mengambil Hati HRD Saat Wawancara Online? Simak Dulu Penjelasan Berikut Ini!

Berkaca pada keadaan saat ini yang belum kondusif karena pandemi Covid-19, hampir seluruh kegiatan kantor dilakukan secara online, termasuk proses recruitment karyawan. Alhasil, perusahaan lebih memilih melakukan wawancara via video call. Walaupun begitu, kamu tidak boleh menganggapnya remeh dan malah tidak mempersiapkan apapun. Ketahui juga bagaimana cara mengambil hati HRD saat wawancara online.

Tetap persiapkan mental, berlatih dengan rutin, dan aktif bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman, serta setidaknya lakukan riset kecil-kecilan pada perusahaan impian kamu. Ada lho beberapa cara mengambil hati HRD saat wawancara online, makanya simak penjelasan kami berikut ini, ya!

1. Cara Mengambil Hati HRD Saat Wawancara Online: Jangan Terlambat

Jika kamu terlambat, HRD akan memandangmu sebagai kandidat yang tidak bersungguh-sungguh
Usahakan untuk hadir minimal 10 menit sebelum wawancara dimulai

Mengenai waktu kehadiran kita pada saat wawancara itu penting, ini merupakan salah satu cara mengambil hati HRD saat wawancara online. Sebenarnya tindakan tersebut berlaku juga untuk wawancara secara offline. Lebih lanjut, datang terlalu awal tidak kami sarankan, apalagi terlambat. Bagusnya itu paling tidak 10 menit sebelum waktu wawancara yang telah perusahaan tentukan.

Ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar niat dan tertarik dengan pekerjaan yang sedang perusahaan tawarkan. Jadi, HRD pun akan merasa senang melihat kesungguhan dan sikapmu yang menghargai waktu.

2. Berpenampilan Rapi

Gunakan pakaian rapi untuk mendapat kesan pertama yang baik
Berpenampilan rapi memberi kesan profesional

Ketika kamu berpenampilan rapi, itu bisa menunjukkan kesan yang baik, berbeda halnya kalau kamu memakai pakaian yang lusuh atau baju khusus untuk bermain dengan teman. Jangan seperti itu, ya, sahabat MySkill. 

Kamu harus bisa membedakan mana pakaian untuk kegiatan formal dan non-formal. Bukan hanya karena mengikuti interview online yang sejatinya tidak bertatapan langsung, menjadikan kamu memakai baju yang seenaknya.

3. Miliki Etika dalam Berbicara

Salah satu cara mengambil hati HRD adalah menunjukkan etikamu
Bicaralah dengan sopan

Ada beberapa etika penting yang sebaiknya kamu terapkan pada kesempatan wawancara online, diantaranya adalah arahkan fokus sepenuhnya ke HRD, berbicara seimbang dan tidak mendahuluinya, gunakan kata-kata yang mudah untuk lawan bicara mengerti, dan beri kesempatan interviewer untuk membagi pengetahuan dan sudut pandangnya.

4. Cara Mengambil Hati HRD Saat Wawancara Online: Tampil Percaya Diri

Cara mengambil hati HRD yang selanjutnya adalah tampil confident
Tenangkan diri dulu

Biasanya, sikap percaya diri itu muncul ketika kamu sudah benar-benar mempersiapkan segalanya, mulai dari berkas lamaran, latihan wawancara dengan menyusun semua kemungkinan pertanyaan yang akan keluar, dan lain-lain.

Kamu cenderung akan bersikap tenang, ramah, dan tidak menunjukkan sikap tegang yang terkadang membuatmu gugup untuk menjawab pertanyaan. Bahkan, ketika HRD meminta kamu untuk memperkenalkan diri.

5. Kuasai Pertanyaan Umum Wawancara Kerja

Pelajari dan tebak sesuai dengan riset apa saja yang mungkin ditanyakan saat interview
Buat catatan yang berisi jawaban pertanyaan yang mungkin nanti keluar

Sebenarnya, poin ini sudah sempat kami singgung sebelumnya, intinya kamu perlu menguasai pertanyaan umum seputar wawancara kerja dan kemudian berlatih terus. Saat ini, kamu bisa dengan mudah mengakses informasi terkait hal tersebut di internet.

Pertanyaan umum yang dimaksud ialah seperti coba ceritakan tentang diri kamu, kenapa kamu tertarik melamar kerja di perusahaan ini, tolong jelaskan kelemahan dan kelebihan kamu, mengapa kami harus memilih kamu untuk bekerja pada perusahaan ini, dan lain sebagainya.

6. Cara Mengambil Hati HRD Saat Wawancara Online: Perhatikan Bahasa Tubuhmu

Gaya tubuhmu sangat berpengaruh sebagai cara mengambil hati HRD
Bahasa tubuh bisa menunjukkan kamu sebenarnya serius atau tidak

Ternyata, bahasa tubuh saat wawancara online itu juga berpengaruh, lho. Kamu sebaiknya fokus melihat ke arah kamera dan bukannya melihat diri sendiri. Lalu, hindari posisi duduk yang membungkuk karena akan terlihat malas, ketiga, jangan bersandar pada kursi sambil menyilangkan tangan pada meja. Intinya, bersikaplah secara profesional.

Baiklah, penjabaran di atas berisi tentang bagaimana cara mengambil hati HRD saat wawancara online yang bisa saja kamu jadikan sebagai referensi sebelum melakukannya nanti. Semoga semuanya berjalan lancar, ya, sahabat MySkill. Ohiya, kamu juga boleh memberi pendapat pada kolom komentar mengenai kegiatan wawancara online yang mungkin saja sudah kamu lalui.

Selanjutnya, kamu dapat mengikuti kelas yang MySkill.id adakan, ya, sahabat MySkill. Kelas ini membahas terkait cara sukses menghadapi wawancara kerja. Nantinya, kamu akan mempelajari bagaimana proses wawancara kerja itu, cara menjawab pertanyaan menggunakan STAR Framework, dan tips setelah wawancara kerja. 

Editor: Theodora Beatrice Suryateja