Perbedaan Sales dan Marketing dalam Bisnis

Banyak orang mengira bahwa sales (penjualan) dan marketing (pemasaran) adalah dua hal yang sama, padahal berbeda. Keduanya sama-sama fokus pada pelanggan meskipun pendekatan yang dilakukan berbeda. 

Marketing adalah kegiatan untuk menentukan harga, mendistribusikan, dan mempromosikan produk dengan memenuhi kebutuhan pelanggan untuk membangun kesadaran merek dan mencapai tujuan bisnis. 

Sementara itu, sales mengacu pada aktivitas menjual produk atau layanan dengan membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan potensial. Nah, selain perbedaan definisi tersebut, MySkill.id telah merangkum apa perbedaan pemasaran dan penjualan. Simak selengkapnya di bawah ini, ya! 

1. Proses

perbedaan proses dalam sales dan marketing
Marketing dan sales process

Proses pemasaran berfokus pada pengenalan brand dan produk kepada pelanggan baru dan lama. Dengan demikian, perusahaan akan menjelaskan produk atau layanan mereka, serta bagaimana hal tersebut dapat memecahkan masalah konsumen. Jadi, tim perlu memastikan siapa yang akan tertarik dengan produk atau layanan, kemungkinan biaya, dan di mana mereka dapat menemukan pelanggan.

Pada proses sales fokusnya adalah menjual produk dan menetapkan tujuan secara menyeluruh. Prosesnya lebih banyak melakukan interaksi dengan pelanggan, seperti meminta feedback, memberikan informasi terbaru, dan menjawab pertanyaan yang relevan. Dalam hal ini, kesadaran merek menjadi hal yang sangat penting. 

2. Target

beda target antara sales dan marketing
Sasaran pemasaran dan penjualan

Target marketing adalah mempromosikan product, brand, dan perusahaan dengan mengomunikasikan value-nya secara jelas. Oleh karena itu, tujuan utamanya adalah untuk melihat secara garis besar bagaimana produk atau layanan tersebut dapat bermanfaat dan menghasilkan peluang penjualan yang potensial.

Sementara itu, target sales umumnya berdasarkan berdasarkan kuota dan sasaran volume penjualan. Selain itu, sasarannya juga ditentukan oleh seberapa banyak yang terjual untuk menghasilkan keuntungan yang cukup bagi perusahaan. Akan tetapi, hal ini cenderung memiliki periode waktu jangka pendek yang berpegang pada hasil kuartal.

Baca juga: Marketing Framework: Definisi dan Pentingnya untuk Pemasaran Bisnis

3. Strategi 

strategi yang berbeda antara sales dan marketing
Strategi umum yang digunakan

Penerapan strategi marketing umumnya menggunakan pengumpulan data mengenai target pelanggan untuk melihat berhasil atau tidaknya. Marketing strategy yang paling populer adalah iklan berbayar, SEO, media sosial, dan blog. Hal ini berguna untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. 

Sementara itu, strategi penjualan umumnya berhubungan dengan komunikasi yang terjalin dengan pelanggan, seperti berbicara dan mendengarkan keinginan mereka. Tujuannya adalah membangun cara paling efektif untuk mengubah peluang potensial menjadi keuntungan yang pasti. 

Yes, itulah perbedaan paling mendasar sales dan marketing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa marketing merupakan long-term system yang mendatangkan pelanggan dengan menjaga citra dan meningkatkan brand awareness. Sementara itu, sales sebagai sistem jangka pendek untuk mencapai target penjualan produk yang telah perusahaan tetapkan.

Nah, kamu bisa bergabung dengan MySkill.id untuk lebih memahami topik ini. Tersedia kelas Pemasaran Digital yang bisa diikuti untuk belajar merancang Strategi Brand Marketing hingga Strategi Kampanye & Media. Selain itu, masih banyak e-learning dan bootcamp lainnya dengan metode pembelajaran yang menyenangkan, loh! Tunggu apa lagi? Yuk, gabung!

Editor: Alwan Kurnia