Ahrefs: Fungsi dan Fitur-fiturnya yang Bermanfaat untuk SEO

Bisnis digital memiliki kompetisi ketat di dalam mesin pencarian. SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu metode yang dapat membantu situs suatu perusahaan dalam memenangkan kompetisi tersebut. Namun, penggunaan SEO juga menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang belum terlalu familiar dengannya. Oleh karena itu, Ahrefs dapat menjadi salah satu solusi yang akan membantu kita menerapkan SEO dalam bisnis digital.

Apa Fungsi dari Ahrefs? 

Ahrefs merupakan suatu software suite yang menyediakan berbagai macam tools. Software suite ini juga termasuk ke dalam salah satu SEO tool yang terkenal, seperti Semrush dan Ubersuggest yang sudah banyak gunakan. 

Ahrefs mengumpulkan data secara berkala dengan melakukan crawling pada web untuk mengetahui traffic pencarian, backlinks, keywords, dan lain sebagainya. Melalui hal tersebut, Ahrefs dapat memberikan kemudahan pada siapapun dalam mengakses dan menggunakan sebuah informasi. Di samping itu, dengan tools yang lengkap, Ahrefs juga memiliki fungsi untuk meningkatkan SEO dalam pengembangan bisnis.

Fitur-fitur untuk Tingkatkan SEO 

Ahrefs memiliki berbagai fitur yang berfungsi untuk mengoptimasi kinerja suatu situs web. Kebanyakan fitur yang mereka sediakan diciptakan untuk marketing professionals. Berikut adalah fitur-fitur yang mereka sediakan untuk SEO:

1. Site Explorer

Site Explorer adalah salah satu fitur utama dari Ahrefs
Site Explorer adalah fitur utama dari Ahrefs

Fitur Site Explorer membantu kita dalam menganalisis backlinks dan memberikan informasi berapa banyak backlinks yang terlihat. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat membandingkannya dengan backlinks kompetitor. Site Explorer merupakan fitur utama dari Ahrefs.

Pada Site Explorer terdapat dua tools utama, yaitu organic research traffic tool dan backlink checker tool. Penggunaan organic research tool dapat membantu pengelola website untuk melihat konten apa yang audiens butuhkan. Sehingga pengelola website dapat mengoptimasi situsnya. Dengan backlink checker tool, pengelola website dapat mengetahui mana link situs yang memiliki kualitas tinggi dan dapat menambah kredibilitas. 

2. Keyword Explorer

Keyword Explorer berguna untuk mencari keryword menggunakan agar mengetahui estimasi traffic
Mencari keryword menggunakan Keyword Explorer agar mengetahui estimasi traffic

Ahrefs juga memiliki Keyword Explorer yang dapat mencari keywords yang terkait dengan konten dalam situs kita. Ketika mencari sebuah kata kunci, fitur ini akan memberikan estimasi traffic yang berisikan informasi seberapa sering orang-orang mencari keyword tersebut. 

Keyword Explorer menyediakan lebih dari 3 juta daftar di dalam database-nya, sehingga kita tidak perlu khawatir akan kehabisan solusi. Selain itu, Keyword Explorer mampu menyajikan hasil pencarian keyword di 100 negara lebih. Hal tersebut sangat menguntungkan untuk bisnis dengan target pasar internasional. 

3. Content Explorer

Content Explorer di dalam Ahrefs berguna untuk menganalisis popularitas sebuah topik di dalam sebuah konten
Content Explorer untuk menganalisis popularitas sebuah topik

Selanjutnya adalah fitur yang dapat menganalisis berbagai topik dalam internet dan melihat popularitasnya di tengah masyarakat. Dengan menggunakannya, kita bisa meningkatkan kualitas konten marketing. 

Saat menggunakan fitur ini untuk mencari suatu topik tertentu, mereka akan menyajikan daftar artikel paling terkenal di antara 2 juta artikel dari database. Popularitas ini didasari faktor seperti pendistribusian konten, organic traffic, dan jumlah situs link yang mengutip artikel tersebut. 

Baca juga: Cara Optimasi On Page SEO untuk Website atau Blog

4. Position Tracker

Penggunaan Position Tracker berguna untuk melacak peringkat situs
Penggunaan Position Tracker untuk melacak peringkat situs

Melacak peringkat suatu situs secara berkala merupakan hal penting dalam SEO, karena tujuannya sendiri adalah untuk meningkatkan posisi peringkat sebuah situs. Sehingga pengguna akan mudah menjangkau situs tersebut. Ahrefs memberikan solusi berupa Position Tracker atau Rank Tracker, yang dapat mengawasi peringkat sebuah situs di desktop maupun mobile

Fitur ini akan mengirimkan laporan harian, mingguan, dan bulanan. Hal tersebut akan membantu melihat jumlah ‘klik’ dari organic traffic. Di samping itu, jumlah rata-rata dari peringkat situs di halaman pencarian juga dapat diberikan oleh  position tracker. Oleh karena itu, penggunaanya bisa mendorong kalian untuk memahami perubahan peringkat website dari waktu ke waktu. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kita Perlu mengetahui SEO dalam Berbisnis

5. Site Audit

Salah satu fitur di dalam Ahrefs adalah Site Audit, dapat digunakan untuk menganalisis masalah pada situs
Site Audit untuk menganalisis masalah pada situs

Penggunaan Site Audit sangat berguna untuk memaksimalkan performa website dengan lebih mudah. Dengan menggunakan Site Audit dari Ahrefs, pengelola situs tidak perlu melakukan pengecekan untuk memastikan website berjalan dengan baik. Karena feature ini akan menganalisis dan mengecek masalah yang mungkin timbul di dalam website

Jika terjadi masalah pada sistem situs, feature ini akan memberi peringatan. Sehingga masalah bisa segera kita tangani. Selain itu, Site Audit juga dapat melaporkan hasil analisis ‘kesehatan’ situs kalian. Oleh karena itu, feature ini termasuk penting dan dibutuhkan.

Itulah fungsi dan fitur-fitur dalam Ahrefs yang bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja sebuah website. Guna mengoptimalkan performa suatu website, kalian juga perlu belajar mengenai dasar-dasar SEO. Hal ini dapat kalian temui di kelas Mengenal Search Engine Optimization dari Myskill.id. Gimana mau mengenalnya lebih dalam? Yuk, segera daftarkan diri kalian!

Baca juga: SEO Tools untuk Content Writer

Editor: Wida Kurniasih