Ubersuggest: Tools Pencari Keyword & Cara Penggunaannya

Dalam dunia pembuatan konten, keyword menjadi hal penting yang dapat menentukan kesuksesan konten yang kamu produksi. Saat ini, kamu tidak perlu repot dalam memilih keyword yang tepat karena ada beberapa tools yang bisa membantumu, salah satunya adalah Ubersuggest.

Ubersuggest merupakan salah satu tool yang paling populer di kalangan digital marketer dan SEO specialist. Tool ini dapat memberikan gambaran mengenai topik yang sedang populer di internet.

Dalam artikel ini, MySkill akan membahas apa itu Ubersuggest, manfaatnya, dan cara menggunakannya agar dapat membantumu untuk memilih keyword yang tepat. Simak penjelasan di bawah ini, ya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Apa Itu Ubersuggest?

Ubersuggest: Tools Pencari Keyword & Cara Penggunaannya
Salah satu tool keyword yang banyak digunakan

Ubersuggest adalah tool yang berfungsi untuk meriset keyword. Tool ini dikembangkan oleh Neil Patel, seorang ahli di bidang digital marketing dan SEO yang cukup populer di dunia. Melalui tool ini, kamu dapat menemukan ide keyword maupun meriset keyword yang sesuai dengan konten yang ingin kamu buat. Artinya, tool ini dapat membantu kamu menaikkan trafik konten dengan mudah.

Dilansir dari berbagai sumber, Ubersuggest sudah digunakan oleh berbagai macam perusahaan ternama dunia, contohnya: Nike, Twitter, Spotify, dan Microsoft. Selain itu, tool ini dapat digunakan secara gratis oleh siapa pun, lo!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Manfaat Ubersuggest

Ubersuggest: Tools Pencari Keyword & Cara Penggunaannya
Banyak sekali manfaat dari Ubersuggest
a. Melihat Statistik Domain

Manfaat pertama yang akan kamu rasakan ketika menggunakan tool ini adalah dapat melihat statistik domain suatu website. Kamu dapat melihat sejauh mana kinerja website yang kamu miliki, misalnya dari jumlah total trafik yang masuk, organic keywords, hingga trafik secara detail dari satu periode tertentu.

b. Melihat Kompetitor

Di zaman yang serba terbuka dan akses yang mudah seperti sekarang ini, ada besar kemungkinan kamu memiliki banyak kompetitor, termasuk dalam hal konten website. Tentu saja, kamu pasti ingin website yang kamu miliki lebih baik dari kompetitor, kan?

Ubersuggest memiliki fitur Traffic Overview yang akan menampilkan bagaimana persaingan kata kunci utama untuk dibandingkan dengan kompetitor. Melalui fitur ini, kamu bisa melihat cara kompetitor bekerja untuk konten-konten yang mereka buat, lo!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

c. Ide Konten

Ini adalah salah satu manfaat yang akan sangat berguna ketika kamu menggunakan Ubersuggest. Banyak orang yang membuat blog atau website untuk bisnis, tetapi berhenti di tengah jalan karena kebingungan mengenai topik apa yang bisa dijadikan konten. Dengan menggunakan tool ini, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan konten.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

d. Mendapatkan Data Backlink

Backlink adalah salah satu strategi dalam optimalisasi SEO. Oleh karena itu, tool ini menyediakan data yang lengkap tentang backlink dan kita dapat menyesuaikannya dengan keyword. Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan backlink, antara lain:

  • Domain score: Metrik ini bisa memberikan informasi tentang seberapa besar nilai skor domain pada website.
  • Backlinks: Metrik ini memberikan informasi tentang total jumlah backlink pada website.
  • Referring domains: Metrik ini menyediakan informasi mengenai seberapa besar jumlah domain yang mereferensikan alamat website.
  • Organic monthly traffic: Metrik ini dapat digunakan untuk mengetahui jumlah kunjungan organik setiap bulan pada website.

Baca juga: Pasti Trending! Ini Dia 5 Cara Kerja SEO yang Wajib Kamu Ketahui

3. Cara Penggunaan

Ubersuggest: Tools Pencari Keyword & Cara Penggunaannya
Cara menggunakan Ubersuggest cukup mudah

Dalam praktiknya, Ubersuggest sebenarnya cukup mudah untuk mengoptimalkan website. Kamu hanya perlu mengetikkan nama domain website pada kolom pencarian Ubersuggest. Setelah itu, semua data yang kamu butuhkan akan langsung tersedia.

Agar dapat lebih memahami cara menggunakan tool ini, berikut MySkill paparkan langkah-langkahnya:

  • Pertama, masuk ke halaman utama Ubersuggest.
  • Kedua, ketikkan keyword yang kamu maksud atau domain website bisnis kamu agar dapat mengetahui keyword apa saja yang potensial.
  • Ketiga, ubah kolom pencarian negara menjadi Indonesia.
  • Terakhir, klik ‘Search’. Setelahnya, kamu akan mendapatkan hasil laporan yang berisi keyword overview, keyword idea, dan page title URL. Hasil laporan ini dapat kamu ekspor ke dalam file CSV dan bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan website.

Itulah pembahasan MySkill tentang Ubersuggest. Kamu dapat mulai menerapkan strategi SEO pada website yang kamu miliki dengan menggunakan tool ini. Setelah mendapatkan ide konten dan keyword, tentu saja kamu perlu mengaplikasikannya untuk membuat konten/artikel SEO, kan? Nah, MySkill mempunyai kelas Menulis Artikel Ramah SEO untuk memaksimalkan konten di website kamu, lo! Ayo, segera daftar!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan