Selesaikan Konflik dalam Dunia Kerja dengan Empat Skill Ini

Tidak dapat dipungkiri bahwa konflik dalam dunia kerja dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Konflik merupakan perselisihan yang dapat terjadi karena suatu hal. Beberapa hal yang dapat menjadi faktor terjadinya konflik seperti komunikasi yang buruk, perbedaan pendapat, persaingan, masalah pribadi, dan situasi panik. Dalam dunia kerja terjadinya konflik diantara para pekerja dapat menimbulkan dampak negatif sehingga harus diselesaikan. 

Adanya konflik di tempat kerja dapat memberikan dampak negatif baik bagi perusahaan maupun pekerja. Konflik dapat mengganggu lingkungan kerja yang berdampak pada rasa nyaman dan aman para pekerja. Selain itu konflik yang terjadi dalam waktu lama dan tidak rampung dapat mempengaruhi kinerja pekerja sehingga berdampak pada produktivitas. 

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memiliki skill/kemampuan untuk menghadapi dan menyelesaikan konflik di tempat kerja. Berikut adalah beberapa skill yang perlu kamu punya agar dapat menyelesaikan konflik dalam dunia kerja.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Kemampuan mengurai masalah dapat menyelesaikan konflik dalam dunia kerja

Selesaikan Konflik dalam Dunia Kerja dengan Empat Skill Ini
Mengurai masalah untuk menemukan akar dari permasalahan

Kamu dapat menyelesaikan masalah apabila kamu memiliki kemampuan dalam mengurai permasalahan yang terjadi. Konflik dapat lebih mudah kamu selesaikan apabila kamu mengetahui inti atau akar dari permasalahan. Saat kamu memiliki kemampuan untuk mengurai masalah, kamu dapat menemukan inti dari masalah atau konflik yang kamu hadapi sehingga kamu tahu langkah selanjutnya yang dapat kamu ambil untuk menyelesaikannya.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Kemampuan mengenali karakter rekan kerja

Selesaikan Konflik dalam Dunia Kerja dengan Empat Skill Ini
Mengenal dan memahami karakter rekan kerja

Saat bekerja kamu pasti akan menemukan rekan kerja dengan berbagai kepribadian dan sifat yang berbeda-beda. Apabila kamu dapat mengenali serta memahami bagaimana karakter rekan kerjamu, kamu dapat menentukan cara berkomunikasi yang cocok dengan rekan kerjamu. Komunikasi yang baik merupakan hal penting yang bisa kamu gunakan untuk menghindari serta menyelesaikan suatu konflik.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Hindari konflik dalam dunia kerja dengan membuat batasan
Selesaikan Konflik dalam Dunia Kerja dengan Empat Skill Ini
Membuat batasan antara social life dan pekerjaan

Seringkali konflik muncul akibat adanya sikap tidak profesional antar pekerja yang mencampurkan urusan pribadi dengan pekerjaan. Masalah kecil dapat menjadi besar saat kamu tidak dapat membuat batasan antara pekerjaan dengan social life. Oleh karena itu, agar konflik dapat dihindari dan diselesaikan sebaiknya kamu bekerja secara profesional dengan membedakan urusan pekerjaan dengan urusan social life.

4. Kemampuan berkompromi
Selesaikan Konflik dalam Dunia Kerja dengan Empat Skill Ini
Berkompromi untuk menyelesaikan masalah

Menyelesaikan konflik dapat kamu tempuh melalui cara kompromi, yaitu dengan membuat kesepakatan di antara dua pihak yang saling berselisih. Kompromi atau kesepakatan dicapai melalui komunikasi yang baik. Sangat penting bagi kamu untuk dapat berkomunikasi dengan baik agar hubunganmu dengan rekan kerja dapat terjaga.
Itu adalah 4 skill yang perlu kamu punya agar dapat menghadapi konflik dalam dunia kerja. Konflik dalam dunia kerja sebisa mungkin harus kamu hindari agar tidak mengganggu pekerjaanmu. Apabila tidak bisa dihindari, maka kamu harus segera mengambil tindakan untuk menyelesaikannya.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill