4 Jurus Jitu untuk Survive di Jurusan Bahasa dan Sastra!

Kuliah adalah masa-masa sulit yang harus mahasiswa tempuh, begitu pula dengan mahasiswa bahasa dan sastra. Mendapatkan nilai yang memuaskan sudah seperti kewajiban bagi setiap mahasiswa, sehingga mereka harus memiliki berbagai jurus jitu yang ampuh untuk bisa menyelamatkan diri. 

Tak hanya wajib mendapatkan nilai yang memuaskan, mahasiswa bahasa dan sastra juga kerap mendapat pandangan sinis dari orang sekitar. Banyak orang menganggap jurusan bahasa dan sastra sebagai jurusan nomor dua dan tak layak bersanding dengan jurusan lainnya.

Mahasiswa yang nyasar ke jurusan bahasa dan sastra bahkan lebih merasakan penderitaan-penderitaan di atas. Tanpa bekal bahasa asing yang memadai, mereka bisa tertinggal oleh teman-temannya.

Buat kamu anak jurusan bahasa dan sastra, sekarang kalian gak perlu khawatir! Kami punya beberapa jurus jitu yang ampuh biar kamu bisa survive di jurusanmu! Jurus jitu kami mungkin gak bakalan ada di tempat lain, makanya baca dengan seksama, ya!

1. Jurus Jitu Pertama, Hafalin Kata Kerja

4 Jurus Jitu untuk Survive di Jurusan Bahasa dan Sastra!
Menghafal kata kerja sangat membantumu

Menghafal mungkin sudah menjadi kegiatan yang lazim bagi mahasiswa bahasa dan sastra asing. Tanpa menghafal, mereka tidak akan mampu memahami arti dari sebuah teks. Meskipun hal tersebut sangatlah penting, namun kebanyakan mahasiswa merasa malas untuk menghafal.

Rasa malas itu bukan tanpa sebab. Rasa itu timbul karena jangkauan hafalan mereka benar-benar terbatas. Kebanyakan mahasiswa hanya fokus dalam menghafal kata benda, padahal ada cara lain yang lebih mudah yaitu menghafal kata kerja.

Dengan menghafal kata kerja, mahasiswa akan dituntut untuk menghafal kata benda. Loh, kok bisa? Kita ambil contoh kata ‘play’ yang berarti bermain, kata tersebut akan membuat kita menjadi penasaran dengan berbagai kata benda yang dapat dihubungkan dengan kata ‘play’. Hal ini juga berlaku pada berbagai kata kerja lainnya seperti ‘cook’ yang berarti memasak dan ‘hear’ yang berarti mendengar.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Jurus Jitu Kedua, Nonton Film dengan Subtitle

4 Jurus Jitu untuk Survive di Jurusan Bahasa dan Sastra!
Menonton film, asyik dan bermanfaat

Selain mengasyikkan, menonton film juga dapat membantu kalian untuk belajar bahasa asing. Tapi pernah gak sih kalian kepikiran kalau menonton film dengan subtitle dapat membantu mempercepat proses belajar bahasa asing?

Subtitle yang saya maksud di sini tentu saja bukan subtitle bahasa Indonesia, loh ya! Subtitle di sini merupakan subtitle yang sesuai dengan bahasa film yang kamu tonton. Jika filmnya berbahasa Jerman ya kalian juga harus memakai subtitle bahasa Jerman.

Fungsi subtitle sendiri adalah untuk membantu melatih kemampuan listening kalian. Kalian bisa mencocokkan apakah kata yang terdengar di telinga sudah sesuai dengan kata yang aktor ucapkan. Selain itu, dengan subtitle kalian dapat memastikan bahwa pronunciation kalian selama ini sudah benar atau belum.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

3. Jurus Jitu Ketiga, Carilah Native Speaker

4 Jurus Jitu untuk Survive di Jurusan Bahasa dan Sastra!
Asah kemampuanmu dengan native speaker

Sejak dulu native speaker telah menjadi acuan bagi pelajar bahasa asing. Kemampuan untuk memahami apa yang native speaker ucapkan dan kemampuan untuk menghasilkan kalimat yang bisa native speaker pahami sudah menjadi kewajiban bagi setiap pelajar bahasa asing.

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa bahasa dan sastra asing untuk mencari native speaker sebagai lawan bicara. Mencari native speaker pada zaman ini tidaklah sesusah beberapa dekade ke belakang. Sudah banyak platform panggilan video internet yang dapat kita gunakan sebagai sarana untuk mencari native speaker sebagai lawan bicara.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

4. Jurus Jitu Keempat, Perbanyak Mengerjakan Soal

4 Jurus Jitu untuk Survive di Jurusan Bahasa dan Sastra!
Soal dapat membantumu

Pelajar bahasa asing sudah menerapkan teknik ini sejak lama, namun keefektifannya sebagai jurus jitu tidaklah berkurang sama sekali. Bahkan banyak orang menggadang-gadang teknik ini sebagai teknik yang punya peranan terbesar dalam membantu mahasiswa untuk belajar.

Teknik ini sangat membantu mahasiswa bahasa dan sastra asing untuk lebih memahami grammar dari bahasa yang ia pelajari. Hal tersebut menjadi poin penting agar dapat lulus dengan nilai yang memuaskan dalam tes kemampuan bahasa yang akan ia ambil.

Itu dia beberapa jurus jitu yang ampuh banget dan dapat membantu kalian untuk bisa survive di jurusan bahasa dan sastra, terutama bahasa asing. Empat jurus jitu di atas merupakan teknik yang dapat kalian gunakan untuk mempersiapkan karir dan studi impianmu di masa mendatang.

Untuk kalian yang berminat dengan studi lanjut di luar negeri tanpa banyak mengeluarkan biaya, kalian bisa mendaftar Webinar Get The Grit secara gratis untuk mendapatkan berbagai ilmu, tips, dan trik terkait beasiswa Chevening yang tentunya hanya ada di MySkill.id!

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

MySkill.id juga menyediakan berbagai layanan dan boot camp dari Persiapan Studi dan Beasiswa hingga Karir dan Pengembangan Diri. Jadi tunggu apalagi, nih? Langsung aja bergabung bersama kami! Jangan lupa juga buat ninggalin komentar dan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian yang membutuhkan! Kami selalu siap untuk membagikan berbagai artikel menarik lainnya. Jadi, nantikan selalu artikel dari kami, ya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill