Lima Langkah yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Terkena PHK

Merebaknya virus corona di dunia mempengaruhi berbagai sektor dalam kehidupan, salah satunya adalah perekonomian. Banyak perusahaan yang mengalami kerugian dan terpaksa mengurangi karyawan. Alhasil banyak mudah-mudi yang terkena PHK tiba-tiba dan bingung untuk mememulai pekerjaan kembali.

Pemutusan hubungan kerja (PHK) selalu menjadi kabar yang tidak mengenakkan. Karena pekerja harus mencari kembali lowongan dan memulai dari nol jenjang karir yang telah mereka buat. Namun, jika kamu salah satu orang yang terkena PHK jangan merasa putus asa. Penting untuk kamu menghadapi situasi bukan meratapinya.

Jangan risau buat kamu pejuang karir, mari mulai lakukan lima langkah penting ini setelah terkena PHK dan simak pembahasannya berikut ini!

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

1. Tetap tenang

ketenangan sangat kamu butuhkan apabila terkena phk
Tenang dan Mulai Cari Solusi Terbaik

Ketenangan dalam diri akan membawa hal positif dalam pikiran. Upayakan diri kamu tenang dan menerima semua keadaan dengan ikhlas. Hadapi keputusan perusahaan dengan bijak dan cobalah bertanya perihal alasan kamu terkena PHK. Jangan ragu untuk meminta hak pemberian pesangon sebagai pekerja.  

Jangan mengeluh untuk setiap halangan yang dihadapi. Cobalah untuk tetap tersenyum dengan kegiatan positif di sekitarmu. Ubahlah kepanikan dalam menghadapi persoalan dengan sikap tenang dan berusaha mencari solusi terbaik untuk keadaanmu.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Jangan Ragu untuk Mengikuti Program Kerja dari Pemerintah

Lima Langkah yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Terkena PHK
Mencoba Mendaftar Program Kerja

Gunakan kesempatan dengan baik untuk mendaftar program kerja dari pemerintah. Beberapa program kerja pemerintah akan meningkatkan kompetensi kamu, salah satunya melalui Program Kartu Prakerja. Program prakerja  merupakan program dari pemerintah yang ditujukan bagi para pencari kerja, pekerja terkena PHK, dan pekerja yang menambah kompetensi baik pelaku usaha kecil dan mikro.

Pemerintah juga memiliki program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Program JKP sebagai upaya pemerintah bagi para pekerja yang kehilangan pekerjaan (PHK). Kamu perlu paham juga alur pendaftaran program JKP yaitu bergabung dahulu dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Cari tahu program kerjanya dan cobalah mendaftar sebelum kesempatan hilang dari kamu. Mencoba lebih baik daripada kamu menyesal dengan kesempatan yang telah berlalu.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Tebar Lamaran Pekerjaan 

Lima Langkah yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Terkena PHK
Melamar Pekerjaan Butuh Banyak Persiapan 

Cobalah melamar pekerjaan sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki. Cari tahu lowongan pekerjaan yang ada dan pastikan kamu mengetahui persyaratan pekerjaan dengan baik. Buatlah persiapan dan kesan menarik untuk memaksimalkan lamaran kerja. 

Jangan ada keraguan dan berusahalah melamar pekerjaan di manapun. Sumber informasi internet akan banyak membantumu mencari dan melamar pekerjaan. Kuatkan tekad kamu untuk melamar pekerjaan sebagai usaha kamu melihat orang di sekitarmu bahagia. 

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

4. Mengatur Keuangan

Lima Langkah yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Terkena PHK
Mengatur Keuangan Butuh Kesabaran

Kelola dengan bijak keuangan yang kamu miliki terutama untuk pengeluaran setiap bulannya. Memang benar dalam mengatur keuangan di masa sulit akan terasa menyedihkan. Tapi mengatur keuangan perlu dilakukan untuk mengatasi hal terburuk yang akan terjadi. Mulailah mengatur keuangan dengan list daftar kebutuhan kamu bukan pada keinginan. Jadikan motivasi dalam diri kamu untuk segera mendapatkan sumber penghasilan baru.

5. Berdoa

Lima Langkah yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Terkena PHK
Percaya dan Keyakinan dalam Hati  

Terakhir setelah melakukan banyak usaha, kamu bisa merapalkan doa kepada Sang Pencipta sebagai penutup. Yakinlah pada Tuhanmu yang akan memberikan kemudahan setelah kesulitan. Berusaha semaksimal mungkin dan iringilah dengan doamu. Karena setiap doa yang kamu panjatkan akan membawa pengaruh positif dalam diri kamu.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.  

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill