Intip 5 Tips Menyusun Perencanaan Karir Pribadi Berikut

Karir yang bagus dengan gaji tinggi merupakan impian bagi setiap orang. Untuk mencapainya, kamu harus terus mengembangkan karirmu. Biasanya, perusahaan akan membantu karyawannya yang terlihat memiliki potensi besar untuk dapat mengembangkan karir melalui berbagai program. Maka dari itu, penting untuk menyusun perencanaan karir yang baik sehingga membuat atasan tertarik denganmu! Ingin tau caranya? Intip 5 tips perencanaan karir berikut!

1. Mengenali Diri

Intip 5 Tips Menyusun Perencanaan Karir Pribadi Berikut
Mengenali diri untuk menemukan potensi tersembunyi

Hal pertama yang wajib kamu lakukan dalam menyusun perencanaan karir adalah memahami dirimu sendiri. Kamu harus tahu passion dan bakatmu serta apa saja kekurangan yang kamu miliki. Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dapat mempermudah kamu untuk menemukan berbagai peluang di masa mendatang.

Dengan mengenali diri, kamu bisa mengetahui posisi atau jabatan apa yang cocok untukmu. Selain itu, kamu juga dapat mempersiapkan segala hal dengan lebih matang sehingga menghasilkan perencanaan karir yang baik.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Memiliki Visi dan Misi Tujuan Karir

Intip 5 Tips Menyusun Perencanaan Karir Pribadi Berikut
Visi dan misi yang jelas akan menuntunmu menggapai mimpi

Layaknya pergi berlibur ke suatu tempat, kamu wajib mengetahui lokasinya dengan tepat dan bagaimana cara untuk mencapai destinasi tersebut. Sama halnya dengan menyusun perencanaan karir, kamu harus mengetahui goals-mu dan langkah apa saja yang wajib kamu lalui untuk mencapainya.

Setelah mengetahui tujuan karirmu, kamu bisa memanifestasikannya menjadi visi dan misi. Tulislah visi dan misi tersebut di secarik kertas atau catatan di dalam gawaimu agar kamu dapat melihatnya setiap hari. Hal tersebut akan memberikan asupan motivasi untukmu sehingga kamu tetap bersemangat untuk menggapainya.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

3. Mengetahui Perkembangan Peluang Karir

Intip 5 Tips Menyusun Perencanaan Karir Pribadi Berikut
Jangan sampai kudet dengan perkembangan peluang karir

Meskipun kamu udah mengenali diri sendiri dan memetakan tujuan serta visi misimu dalam menggapai impian, kamu harus selalu up to date dengan perkembangan peluang karir. Hal tersebut tentu saja untuk membantumu dalam mendapatkan berbagai peluang baru yang gak ketinggalan zaman.

Selain itu, kamu juga bisa memprediksi pekerjaan atau profesi apa saja yang memiliki prospek bagus di masa mendatang. Hal tersebut tentunya dapat membawa manfaat besar untukmu, kamu dapat mempersiapkan dirimu sembari terus mengasah skill yang kamu miliki agar tetap bisa bersaing.

BTertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Berkomitmen dan Terbuka dengan Wawasan Baru

Intip 5 Tips Menyusun Perencanaan Karir Pribadi Berikut
Perusahaan gak suka sama karyawan yang malas-malasan

Perusahaan mana sih yang gak suka kalau karyawannya memiliki komitmen yang kuat untuk terus maju mengembangkan diri dan perusahaan? Atasan juga akan memberikan perhatian lebih kepada karyawan yang memiliki komitmen kuat tersebut. Jadi, manfaatkan hal tersebut untuk terus menyusun perencanaan karir yang baik dan tetap mengembangkan potensi, yah!

Oiya, kamu juga harus menjadi karyawan yang selalu terbuka dengan berbagai wawasan baru, yah! Jangan takut untuk terus belajar dan mencoba berbagai peluang dan kesempatan yang ada. Ingat! Kesempatan gak akan datang dua kali!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Terus Mengevaluasi Diri

Intip 5 Tips Menyusun Perencanaan Karir Pribadi Berikut
Evaluasi diri dapat membantumu untuk menjadi versi terbaik dirimu

Setelah melewati beberapa langkah di atas, jangan lupa untuk bekerja sebaik mungkin, yah! Jangan sampai rencana yang telah kamu susun sedemikian rupa hanya menjadi wacana belaka. Selain itu, kamu juga wajib melakukan evaluasi diri secara berkala. Evaluasi tersebut dapat menjadi monitor bagi dirimu sendiri sehingga kamu dapat memperbaiki segala kesalahan yang telah kamu lakukan. 

Itu dia 5 tips perencanaan karir dari MySkill.id khusus untukmu! Kamu bisa mengimplementasikan berbagai tips di atas untuk menyusun perencanaan karir pribadimu! Buat kamu yang sedang Mempersiapkan Karir Profesional, MySkill.id menyediakan berbagai kelas dan bootcamp menarik mengenai Persiapan Karir bersama tutor berpengalaman yang bisa kamu ikuti, loh! Selain itu, ada juga berbagai kelas lainnya untuk meningkatkan skill-mu!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill