5 Kemampuan Dasar Wajib Dimiliki Mahasiswa Sebelum Lulus

Mengandalkan ilmu semata tampaknya belum bisa menjadi bekal yang cukup bagi para mahasiswa. Realitasnya, skill yang mumpunilah yang akan membawa pengetahuan tersebut untuk menjelajah dan melihat dunia luar. Berkaca pada diri sendiri, sudahkah kamu merasa bahwa kemampuan dasar yang ada pada dirimu telah mampu bersaing di dunia kerja selepas perkuliahan ini berakhir? Atau masih bingung, skill apa aja sih yang seharusnya menjadi senjata pamungkas milik mahasiswa?

Ini dia lima basic skill yang bisa kamu persiapkan mulai dari sekarang agar mampu mengikuti ritme perusahaan saat sudah bekerja nanti. Udah, jangan merasa bimbang lagi! Yuk, buruan cari tahu sederet informasinya bersama MySkill.id di sini. Check this out!

1. Jangan Asal Ngomong! Yuk, Latih Kemampuan Public Speaking-mu

5 Kemampuan Dasar Wajib Dimiliki Mahasiswa Sebelum Lulus
Mulai perhatikan tutur katamu saat bicara, yuk

Ungkapan soal the power of speech itu benar adanya loh. Bila kamu terlatih dengan skill yang satu ini, secara otomatis kamu juga dapat mengendalikan audience yang mendengarmu! Memiliki skill berbicara yang baik akan sangat membantu dalam menjalin komunikasi dan relasi di dunia kerja. Hampir segala sesuatu di sana tentu akan mengandalkan kemampuan bercakap untuk menyampaikan maksud serta tujuan.

Bagaimana lawan bicara dapat menangkap isi perbincangan jika kamu tidak piawai dalam menyampaikannya? Supaya lebih luwes dalam pengucapan, kamu bisa berlatih dengan berbicara di depan kaca seolah sedang berbincang dengan rekan bisnismu, loh. Mungkin terdengar sedikit konyol, tetapi cara seperti ini akan membuatmu terbiasa! Seperti kata pepatah, alah bisa karena biasa.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

2. Piawai Berbahasa Juga Termasuk Kemampuan Dasar yang Penting!

5 Kemampuan Dasar Wajib Dimiliki Mahasiswa Sebelum Lulus
Sudah berapa banyak bahasa yang kamu kuasai?

Sejalan dengan skill berbicara pada poin sebelumnya, tentu kamu juga membutuhkan keahlian dalam menguasai bahasa. Bagaimana mungkin kamu mampu menyampaikan sebuah opini dengan bahasa yang terbata-bata? Sebagai awal yang baik, kamu dapat memahami terlebih dahulu bahasa nasional dan lantas gali keingintahuanmu untuk mempelajari bahasa asing. 

Jika mampu menguasai keduanya, kamu jadi akan lebih mudah untuk berbaur dengan banyak orang yang memiliki latar belakang bahasa yang berbeda. Tentu, skill berbahasa ini juga akan menjadi poin plus bagimu di mata recruiter di tempat kamu melamar kerja nanti. Menjadi bilingual bahkan multilingual itu bukan hanya terlihat keren, tetapi juga sangat bermanfaat!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Mahasiswa Harus Mengasah Kemampuan Dasar Berpikir Secara Kritis dan Kreatif

5 Kemampuan Dasar Wajib Dimiliki Mahasiswa Sebelum Lulus
Biasakan diri untuk terus bertanya agar merangsang kemampuan berpikirmu

Critical thinking juga masuk ke dalam daftar kemampuan dasar yang wajib menjadi pegangan bagi mahasiswa, nih. Dengan keahlian ini, kamu pasti bisa menjadi penggagas opini yang membawa angin segar dalam setiap brainstorming dengan melahirkan ide-ide terbaik. Kemampuan inilah yang pada akhirnya mampu membuat orang-orang menilai kredibilitas diri yang kamu punya, loh. Yuk, biasakan diri untuk berpikir cepat dan tepat! 

4. Teamwork Skill Juga Perlu Diperhatikan Mahasiswa

5 Kemampuan Dasar Wajib Dimiliki Mahasiswa Sebelum Lulus
Menyatukan banyak kepala untuk satu tujuan

Melakukan sebuah pekerjaan bersama dalam satu tim merupakan hal yang lazim. Team work dapat dikatakan sebagai kombinasi dari kemampuan tiga skill sebelumnya, yaitu public speaking, berbahasa, juga critical thinking. Semua keahlian tersebut akan kamu praktekkan di ranah team work. Karena bersifat kelompok, maka dalam menjalankannya pula harus mengutamakan kepentingan seluruh anggota. Singkirkan dulu rasa egoismu!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Jangan Lewatkan Kemampuan Menulis

Kemampuan dasar yang tidak kalah penting, kemampuan menulis.
Kita tidak akan terlepas dari dunia tulis menulis

Setiap orang bisa menulis, tetapi tidak semua mampu menghasilkan tulisan yang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisannya. Untuk itu, sangat penting memahami writing skill ini. Tentunya hal ini akan sangat menunjang kemampuan dalam menghasilkan laporan-laporan tertulis yang menjadi kebutuhanmu saat bekerja nanti. Kemampuan dasar ini akan sangat apik jika kamu barengi dengan keahlian berbahasa sebelumnya, loh.

Sudah tandai apa saja skill yang harus kamu upgrade setelah membaca lima basic skill milik mahasiswa di atas? Jangan pernah untuk berpuas diri dengan apa yang kamu miliki sekarang ya. Yuk, terus tingkatkan kualitas diri dengan tidak berhenti belajar! Untuk itu bisa banget loh untuk mengunjungi laman MySkill.id dan bergabung dengan kelas-kelas pilihan yang bisa menunjang kemampuanmu! Segera daftarkan diri dan raih manfaatnya bersama MySkill.id.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill