Komunitas Marketing: Pengertian dan Manfaatnya

Marketer yang cerdas harus mampu untuk mengikuti perubahan dan perkembangan yang ada namun tetapi berusaha untuk tidak terbawa oleh arus. Terdapat banyak strategi yang digunakan oleh para marketer untuk meningkatkan penjualan,  salah satunya adalah dengan mengikuti komunitas marketing.

Pasti yang ada di benak kamu saat ini adalah komunitas itu biasanya hanya sekumpulan orang berkumpul karena hobi yang sama. Nah, itu merupakan salah satu pemikiran yang tepat dan bisa kamu manfaatkan loh! Hal ini karena secara tidak langsung dengan kamu mengikuti komunitas maka kamu akan semakin mudah dan tentunya menguntungkan buat kamu. Melalui artikel ini, MySkill.id mari kita mengenal lebih dalam mengenai komunitas marketing!

Apa Sih Komunitas Marketing Itu?

apa marketing itu?
Komunitas marketing

Komunitas marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang sering kali digunakan oleh para marketer. Cara kerjanya adalah melalui komunitas tersebut para marketer akan menjadi mudah untuk berinteraksi dengan konsumen, contohnya seperti komunitas yang berada di facebook. Pembentukan komunitas ini biasanya dari adanya persamaan selera dari para konsumen sehingga membuat mereka menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai barang atau jasa tersebut.

Apa Hubungan Antara Komunitas Marketing Dengan Brand Marketer?

hubungan komunitas marketing dan brand marketer
Komunitas dan brand saling terikat

Tentu saja ada hubungannya! Seperti kata pepatah bahwa simpul tali yang erat akan membuat suatu hubungan yang lekat, sama halnya dengan kedua hubungan ini. Apabila kamu mengikuti komunitas marketing maka brand produk kamu akan menjadi lebih mudah dikenal. Komunikasi dua arah yang baik antara konsumen dan marketer akan membentuk suatu hubungan jangka panjang dalam proses transaksi tersebut.

Marketer juga mampu untuk semakin meningkatkan dan menargetkan kembali pemasaran yang ia buat sehingga mampu untuk memberikan peningkatan terhadap penjualannya. Bahkan akan lebih dapat mensegmentasikan kebutuhan dari para konsumen melalui komunitas. Maka strategi ini menjadi pilihan para marketer untuk menjadi penyokong merek terbesar untuk memasarkan produk mereka agar reputasinya semakin berkembang di masyarakat.

Baca juga : Meningkatkan Penjualan? Kenali Dulu Retargeting Ads Strategy

Apa Saja Manfaat Komunitas Marketing?

1. Meningkatkan Branding Produk

manfaat komunitas marketing yaitu meningkatkan branding produk
Semakin terkenal semakin baik

Secara tidak langsung brand produk kamu menjadi meningkat melalui komunitas. Pemasaran produk menjadi lebih mudah untuk dikenal. Selain itu, penilaian konsumen terhadap produk sangat terbuka di komunitas sehingga mampu menarik konsumen lain untuk membeli produk. 

Terlebih lagi dengan jumlah konsumen yang mengikuti komunitas sangat banyak dan memiliki selera yang sama terhadap produk yang mereka nikmati. Promosi yang dilakukan pun menjadi lebih mudah dan mampu mencapai target yang telah marketer tentukan. Adanya interaksi timbal balik menjadikan hubungan tersebut menjadi saling menguntungkan.

2. Hubungan Dengan Konsumen Menjadi Semakin Baik

hubungan dengan konsumen akan baik
Anda senang, kami senang

Melalui komunitas marketing, kamu juga akan menjadi semakin mengenal konsumen. Feedback yang diberikan konsumen dapat kamu manfaatkan untuk memperbaiki apa saja yang kurang pada produk yang telah terjual. Selain itu, melalui penilaian tersebut, dapat menciptakan suatu strategi baru yang dapat kamu manfaatkan untuk ke depan. Kepercayaan konsumen terhadap produk menjadi lebih meningkat dan tentunya mampu menarik konsumen lain untuk percaya dengan kualitas. Seperti kata pepatah anda senang saya pun senang.

Itulah beberapa perkenalan dari komunitas marketing. Dengan adanya pengenalan tersebut kamu akan menjadi lebih paham alasan para marketer menggunakan strategi ini untuk meningkatkan penjualan mereka. jika kamu merupakan seorang marketer, maka kamu tidak perlu lagi untuk ragu dalam menggunakan strategi ini. Jadi tunggu apalagi? Tetap semangat para sobat MySkill.id!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor : Apreliani Dwiastuti

Baca juga : Penting Soft Skill Atau Hard Skill Ya? Yuk Simak 4 Hal Tentang Skill Berikut Ini!