10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly: Masuk Halaman 1 Google

Zaman sekarang, menulis artikel dengan baik tidaklah cukup. Kamu ingin artikelmu berada pada hasil pencarian nomor 1 oleh Google, bukan? Tentunya begitu. Kemudian jika kamu bertanya lagi bagaimana cara melakukannya, maka cobalah pelajari tentang Search Engine Optimization (SEO). Setelah itu, mulai saja untuk latihan menulis artikel SEO friendly. Oleh karenanya, berikut kami sajikan penjelasan mengenai cara mudah menulis artikel SEO friendly. Yuk, simak penjelasannya!

1. Ketahui Informasi yang Sedang Banyak Dicari untuk Menulis Artikel SEO Friendly

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly: Masuk Halaman 1 Google
Memilih topik yang sedang ramai orang perbincangkan itu penting

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam menulis artikel SEO friendly adalah mengetahui informasi yang sedang ramai dibicarakan oleh banyak orang. Itu bisa menjadi nilai tambah bagi artikel kamu. Nantinya, artikel milikmu dapat berpeluang besar untuk tampil pada halaman pertama pencarian Google. Wah, sangat menguntungkan, ya, sahabat MySkill!

2. Pikirkan Pemilihan Keyword yang Tepat

Keyword yang tepat dapat mempengaruhi hasi yang didapat
Pilih keyword tools yang ada

Riset keyword merupakan salah satu langkah yang penting untuk kamu lakukan, sebab dapat memengaruhi kinerja websitemu. Prosesnya ialah menemukan kata kunci yang relevan dengan tema yang diangkat.

Saat ini sudah banyak kita temui riset keyword tools yang dapat memudahkan kamu untuk mencari kata kunci yang tepat, seperti google keyword planner, LSI keywords, ubersuggest, dan lain-lain.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

3. Buat Judul yang Menarik Ketika Menulis Artikel SEO Friendly

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly: Masuk Halaman 1 Google
Buat judul yang berhubungan dengan isi artikel

Orang pada umumnya akan melanjutkan membaca sebuah artikel setelah melihat judulnya, untuk itu usahakan membuat judul yang impresif. Maksudnya, kamu perlu memberikan judul yang menawarkan manfaat atau solusi, namun tetap singkat dan melibatkan perasaan pembaca.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. Jangan Lupa Buat Struktur Tulisan yang Jelas

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly: Masuk Halaman 1 Google
Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Struktur artikel membantu pengunjung agar lebih mengerti isi artikelnya. Sudah kita ketahui bersama kalau struktur artikel itu ada pembuka, isi, dan penutup. Paragraf pembuka berisi latar belakang dan tujuan penulisan, isi adalah gambaran inti topik yang sedang kamu bahas, dan penutup adalah rangkuman dari artikel secara keseluruhan. 

Di sisi lain, kamu lebih baik menambahkan subheading (subjudul) dalam upaya menjaga perhatian pembaca tetap pada artikelmu. Subheading merupakan poin inti dari bahan bacaan. Itulah yang menjadikan keberadaannya cukup penting. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

5. Optimasi Gambar

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly: Masuk Halaman 1 Google
Pastikan gambar kamu sesuai dengan narasi artikelnya

Tambahan konten visual untuk artikel memanglah penting, namun kamu juga harus mempertimbangkan setiap langkah optimasi. Apa saja yang perlu kamu lakukan? Pertama, beri nama file dengan singkat dan tepat, deskripsikan alt-text gambar, pilih format gambar yang sesuai, dan kecilkan ukuran gambar tanpa menurunkan kualitasnya. Kamu bisa melakukan kompres gambar melalui layanan online, contohnya menggunakan ResizePixel.

6. Pakai Kalimat Pembuka yang Menarik

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly: Masuk Halaman 1 Google
Lihat banyak referensi artikel

Tidak hanya judul saja lho yang bisa menarik perhatian pembaca, ternyata kalimat pembuka juga sangat berpengaruh. Oleh karena itu, buatlah kalimat pembuka yang semenarik mungkin supaya ketika pembaca mulai membaca judul dan paragraf awal, mereka akan semakin penasaran dan pada akhirnya membaca sampai akhir. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

7. Sertakan Paragraf Secukupnya dalam Menulis Artikel SEO Friendly

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly: Masuk Halaman 1 Google
Usahakan tidak lebih dari 5 baris dalam 1 paragraf

Pembaca biasanya merasa kurang fokus kalau kalimat pada paragrafnya terlalu banyak, jadi buat yang lebih simple, misalkan tidak lebih dari 150 kata dalam satu paragraf. Ini juga bermanfaat agar artikelmu menjadi ramah SEO (Search Engine Optimization).

8. Gunakan Internal Link dan Eksternal Link

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly: Masuk Halaman 1 Google
Sertakan link seperlunya saja

Internal link merupakan link dari satu halaman ke halaman lain yang masih dalam satu website yang sama. Ini dapat membantu Google mengindeks website kamu dan mengetahui konteks artikelnya. 

Membuat internal link sangat bermanfaat untuk menjadikan pengunjung lebih mengerti tentang topik yang kamu bicarakan. Kemudian, eksternal link memiliki fungsi untuk lebih meyakinkan pembaca dan memperkuat deskripsi artikel.

9. Perhatikan Panjang Artikel

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly: Masuk Halaman 1 Google
Panjang artikel jangan terlalu pendek maupun panjang

Kamu bisa menulis artikel yang panjang sesuai kebutuhan dan informasi yang ingin kamu sampaikan. Sebenarnya untuk standar panjang artikel itu tidak pasti, akan tetapi pada umumnya minimal sekitar 500 kata sampai 1000 kata dengan informasi yang mudah untuk dimengerti oleh pembaca.

10. Sebarluaskan Artikel Kamu

Promosikan artikelmu ke sosial media
Jangan malu untuk menyebarluaskan artikel kamu

Mempromosikan artikel buatanmu itu juga perlu demi menjangkau lebih banyak pembaca. Toh, kamu juga akan untung melalui itu. Caranya bisa dengan membagikan link artikel ke media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lain sebagainya. Atau bisa juga memanfaatkan iklan berbayar. 

Gimana nih, sudah siap untuk membuat artikel yang SEO friendly? Lebih baik coba dulu sambil terus belajar, ya, sahabat MySkill. Kamu juga bisa bergabung dengan kelas yang ada di MySkill.id. Selain karena harganya yang terjangkau, kamu bisa mendapatkan banyak sekali ilmu. 

Kemudian, terkait pembahasan kita tadi tentang menulis artikel SEO friendly, ada kelas yang membahasnya, lho. Tajuknya adalah menulis artikel ramah SEO, dari sini kamu bisa mempelajari konsep dasar SEO, memahami kata kunci, merancang struktur konten, dan mengoptimalkan konten untuk SEO. 

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill