4 Langkah Utama Mengembangkan Digital Marketing

Kita mengenal digital marketing sebagai upaya yang dijalankan para pebisnis dalam merintis karir mereka melalui pemasaran pada ragam ruang maya. Digital marketing merupakan salah satu cerminan bahwa teknologi berkembang kian pesat dengan arus yang tidak tertahan. Tentu eksistensi digital marketing bertujuan untuk menggaet para konsumen yang telah masuk dalam daftar sasaran perusahaan mereka. 

Sebelum menjalankan strategi ini, pastinya pebisnis harus melewati beberapa tahapan hingga nanti sukses di pasaran. Tidak perlu bingung, MySkill.id hadir menyajikan informasi terkait empat langkah awal yang bisa menjadi dasar pijakan kamu dalam mengembangkan usaha digital marketing ini. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahuinya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Mengerti Keinginan Pasar dan Sasaran Market Digital Marketing

4 Langkah Utama Mengembangkan Digital Marketing
Pentingnya mengenal pasar dan target

Keberhasilan dalam digital marketing tidak senantiasa terfokus pada keuntungan yang diperoleh semata. Kondisi ini secara tidak langsung mengharuskan para pegiat usaha mengenal terkait kebutuhan seperti apa yang diinginkan oleh pasar. Setelah mengetahui hal tersebut, maka inilah salah satu tujuan dari digital marketing, yaitu memenuhi kebutuhan para konsumen dengan menawarkan produk maupun jasa yang relevan. 

Perlu untuk diingat pula untuk menetapkan sasaran dari strategi yang dirancang ini. Hal tersebut berguna agar setiap pegiat usaha mampu mencapai goals mereka dengan capaian sasaran yang ada. Penentuan target dapat merujuk kepada pengelompokan yang relevan dengan tujuan awal. Target dapat berupa kelompok usia, jenis kelamin, profesi, dan lain sebagainya. Ada banyak sasaran yang dapat menjadi patokan dalam menunjang digital marketing itu sendiri.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Menetapkan Goals dalam Sebuah Digital Marketing

4 Langkah Utama Mengembangkan Digital Marketing
Sudah punya goals untuk digital marketing-mu?

Adanya tujuan atau goals yang menjadi acuan ketika hendak menentukan arah sebuah digital marketing adalah hal penting yang tidak dapat kita lepaskan begitu saja. Untuk itu, jangan sampai terlewat untuk menentukannya dalam point yang jelas juga detail. Seperti halnya, beberapa digital marketing bertujuan sebagai media penyampai konten, lalu selebihnya merupakan alat untuk menarik viewers dalam skala yang besar, hingga sebagai soft selling yang bertujuan untuk melakukan penjualan dalam jangka panjang kepada para konsumen. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan visi serta misi yang menjadi tujuan awal pembentukan strategi pemasaran tersebut. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Membangun Platform Digital Pribadi

4 Langkah Utama Mengembangkan Digital Marketing
Jangan takut membangun platform digital milik sendiri

Mau sampai kapan terus bergantung dengan platform sosial milik orang lain? Inilah saatnya kamu membangun ruang digital milikmu sendiri yang tentunya bisa kamu jalankan tanpa perlu cemas berlebihan akan persaingan dengan perusahaan lain di satu marketplace yang sama. Pembangunan ini dapat menyesuaikan dengan kelompok target yang menjadi pilihanmu. Sebab semakin kamu memahami sasaran awal, semakin mudah pula kamu bisa menjangkau mereka. 

Pembangunan platform ini dapat terdiri atas website yang kamu rancang dengan ide terbaikmu. Rancanglah sebaik mungkin guna menarik minat massa. Cobalah untuk memperluas platform kamu pada media sosial lainnya, seperti Instagram, Twitter, Youtube, dan ranah lainnya yang memiliki peminat sesuai dengan parameter yang kamu butuhkan. Semakin banyak mencoba media lainnya, semakin besar pula peluang untuk meraih para konsumen.

4. Manfaatkan Peluang dengan Menggunakan Online Advertising

4 Langkah Utama Mengembangkan Digital Marketing
Google ads adalah salah satu solusinya

Kedudukan sebagai seorang pebisnis menuntut kita untuk mampu membaca peluang yang bisa menghasilkan profit. Ada banyak pilihan yang tersedia untuk meningkatkan profit sebuah usaha digital marketing di masa ini. Terlebih lagi dengan banyaknya pihak yang menawarkan jasa pengiklanan secara online. Salah satu di antaranya adalah milik Google yang bernama Google Ads. Masyarakat ramai menggunakan mesin pencarian ini untuk berbagai keperluan. Hanya dengan mengetik keyword terkait, maka Google akan menyajikan banyak pilihan kepada kita.

Begitu juga yang terjadi pada Google Ads, merupakan jasa iklan berbayar milik laman pencarian yang dapat menjadi alternatif bagi para pegiat usaha. Hanya dengan membayar dengan kisaran harga tertentu, produk atau jasa milikmu sudah bisa wara-wiri di platform mereka ketika para konsumen mengetik kata kunci yang relevan dengan apa yang kamu iklankan tersebut. Satu tombol klik pada laman pencarian sangat membuka peluang bagi usahamu dalam menemukan targetnya. 

Sudah catat empat hal di atas guna menambah persiapan terkait membangun sebuah digital marketing? Setelah memahami empat di antaranya kamu pasti sudah memiliki gambaran taktik seperti apa yang akan kamu terapkan dalam digital marketing-mu nanti. Intinya, jangan takut untuk memulai. Sebab langkah awal bisa menjadi pembuka hal-hal baik yang kita tidak pernah duga sebelumnya. Jangan lupa untuk tinggalkan jejak digital-mu di kolom komentar! 

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill