5 Kesalahan CV Yang Wajib Kamu Hindari, Apa Saja Ya?

Kamu ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan, tetapi selalu dapat penolakan karena ada kesalahan CV yang kamu buat. Kejadian tersebut sangat sering terjadi dalam dunia pekerjaan. Banyak calon pelamar kerja yang sudah menyiapkan segalanya dengan baik, bahkan pengalaman para calon pekerja tersebut sangatlah banyak dan beragam.

Namun sayangnya para calon pekerja tersebut, terlebih lagi fresh graduate sering kali terkecoh dengan banyaknya kesalahan pada pembuatan CV mereka. Seringkali mereka beranggapan bahwa CV yang telah mereka buat telah sesuai, tetapi setelah perusahaan meneliti kembali ternyata banyak kesalahan.

Padahal kesalahan tersebut sangatlah sederhana sehingga sayang apabila kita gagal hanya karena hal tersebut. Maka dari itu, melalui tulisan ini mari kita ulas berbagai kesalahan dalam pembuatan CV:

1.     Kesalahan Pada Penulisan CV (Typo)

5 Kesalahan CV Yang Wajib Kamu Hindari, Apa Saja Ya?
Typo dalam penulisan CV

Kesalahan pada penulisan (typo) merupakan suatu kesalahan yang sangat sederhana tetapi banyak calon pekerja yang tidak memperhatikan hal tersebut. Perusahaan sangat mementingkan ketelitian dalam penulisan. Maka dari itu, kamu sebagai calon pekerja yang baik harus lebih teliti dalam penulisan tersebut. Tidak enak bukan apabila perusahaan menolak kita hanya karena kesalahan sederhana.

2.     Ingin Terlihat Kreatif Di CV Namun Berlebihan

5 Kesalahan CV Yang Wajib Kamu Hindari, Apa Saja Ya?
Kreatif tetapi berlebihan

Kita telah mengetahui bahwa banyak sekali ragam bentuk CV, salah satunya CV kreatif. Tidak jarang calon pekerja menonjolkan idenya melalui penulisan tersebut. Tetapi sayangnya hal itu tidak diperlukan oleh perusahaan, bahkan terkadang apabila perusahaan tersebut bukan perusahaan yang bekerja pada bidang industri kreatif mereka akan langsung menolak.

Penyebabnya adalah perusahaan hanya ingin melihat hal-hal penting yang ada tanpa kamu perlu memberikan banyak hiasan. Alangkah baiknya saat kamu membuatnya, pakailah font yang tetap mudah dibaca dan tidak banyak hiasan agar perusahaan dapat membacanya dengan lebih mudah.

3.     Terlihat Aktif Di CV Tetapi Tidak Valid

5 Kesalahan CV Yang Wajib Kamu Hindari, Apa Saja Ya?
Terlalu banyak informasi menutupi point mu

Banyak calon pekerja yang memiliki banyak pengalaman serta prestasi yang membanggakan. Namun tidak semua hal dapat kamu tulis secara mendalam dalam CV mu. Perusahaan ingin melihat hal utama yang dapat kamu tonjolkan. Maka dari itu, kamu dapat mempersingkat pengalaman yang telah kamu punya tanpa harus memasukkan banyak informasi yang dapat menutup point utama.

4.     Kesalahan Melamar Pada Tempat Yang Tidak Sesuai

5 Kesalahan CV Yang Wajib Kamu Hindari, Apa Saja Ya?
Melamar lah dengan tempat dan cara yang tepat

Banyak para calon pekerja yang masih seringkali melamar semua pekerjaan dengan CV yang sama. Padahal perlu diperhatikan bahwa CV yang baik adalah CV yang sesuai dengan perusahaan yang ingin kamu lamar. Jika kamu melamar perusahaan negara tetapi yang kamu berikan CV yang bersifat fleksibel tentu hal itu tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.

Sesuaikan kembali dengan keinginan perusahaan agar nantinya kamu tidak salah sasaran dalam melakukan lamaran pekerjaan. Selain itu, kamu dapat menonjolkan kemampuanmu sesuai dengan perusahaan yang ingin kamu lamar.

5.     Kesalahan Terakhir, Fokus Pada CV Hingga Cover Letter Terlupakan

5 Kesalahan CV Yang Wajib Kamu Hindari, Apa Saja Ya?
Ayo jangan lupa cover letter nya

Seringkali terjadi para calon pekerja sibuk pada pembuatan CV hingga lupa untuk menyisipkan pula Cover Letter. Memang pada dasarnya perusahaan tidak akan langsung meminta hal tersebut. Namun alangkah lebih baik jika kita telah menyiapkan hal tersebut.

Tentunya perusahaan akan memberikan nilai tambah kepada kita sebagai bentuk apresiasi atas kesiapan dan kesiagaan diri kita. Maka dari itu, jangan lupa untuk memberikan Cover Letter ya! Begitulah beberapa kesalahan calon pekerja yang tidak mereka sadari. Terlihat sederhana tetapi bukan hal yang sepele, kamu harus teliti kembali CV yang telah kamu buat!

Untuk mendapatkan informasi yang lebih informatif lagi, kamu dapat membaca artikel lain yang berada di Myskill.id. Kamu akan lebih percaya diri dan melamar pekerjaan yang kamu inginkan dengan persiapan yang lebih matang. Semangat untuk para sobat Myskill.id!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill