Ikuti Tips Saat Interview Ini agar Tampil Stand Out

Tahap yang paling menegangkan dari rangkaian proses penerimaan pekerja adalah tahap interview. Tahapan ini biasanya berada pada akhir dari proses seleksi. Kemungkinan lolos dari tahap ini bergantung pada jawaban dan gaya kamu dalam menjawab, lho.

Rata-rata orang yang tidak lolos dalam interview adalah orang yang tidak memiliki kesiapan yang cukup. Mereka cenderung menjawab dengan grogi bahkan tidak sadar memiliki etika yang buruk. Point gaya bahasa dan tubuh merupakan salah satu hal yang diperhitungkan. Ada yang bilang bahwa “kesan pertama meninggalkan kesan yang dalam”. Oleh karenanya, first impression orang terhadap diri sendiri itu penting banget.

Selain kesan pertama, hal yang cukup krusial dalam interview adalah jawaban yang kamu berikan. Menjawab pertanyaan interview haruslah jujur dan sesuai dengan diri kamu. Hal ini dikarenakan perusahaan dapat menilai apakah pekerjaan yang kamu lamar cocok dengan diri kamu atau tidak. Jangan sampai apabila kamu melebihkan diri kemudian tidak mampu membuktikannya, akan menyulitkan kamu. Ga mau kan?

Ternyata menjawab pertanyaan interview ada tekniknya, nih. Kamu bisa menemukan teknik STAR, BEI, dan banyak lagi. Jadi, ga sembarangan. Nah, dalam rangka memudahkan lolos tahap interview, kamu dapat membaca artikel ini. Berikut adalah Tips menjawab pertanyaan agar tampil stand out.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

1. Tips Interview Paling Penting, Fokus pada Kualitas Utama

Ikuti Tips Saat Interview Ini agar Tampil Stand Out
Fokus terhadap kemampuan

Penting untuk mengetahui kualitas atau kemampuan pada diri sendiri. Sehingga akan lebih mudah untuk diungkapkan apabila terdapat pertanyaan mengenai “Apa kelebihan kamu dibanding dengan banyak orang lainnya?” Pertanyaan ini sering muncul pada interview, nih.

Jika kamu belum menemukan kemampuan dalam diri kamu, maka kamu harus sesegera mencari tahu. Mulailah tuliskan kelebihan dan kemampuan kamu dari sekarang. Hal ini tentu akan mempermudah diri kamu dalam memperoleh pekerjaan.

Menjawab pertanyaan dengan mengandalkan kemampuan yang kamu miliki adalah nilai tambah. Tunjukkan kesinabungan antara posisi yang kamu lamar dengan kemampuan kamu, ya. Dengan begitu kamu akan tampak mempesona di mata recruiter.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Tips Lolos Interview, Jangan Sombong

Ikuti Tips Saat Interview Ini agar Tampil Stand Out
Bergaya arrogant

Kesombongan adalah sifat yang buruk dan kunci kegagalan. Menyombongkan diri sendiri tentu akan membuat orang lain menjadi ilfil. Orang akan menjadi tidak respect hanya karena kesombongan. Jadi, jauhilah sifat ini ya.

Kesombongan erat kaitannya dengan mengungguli diri sendiri. Berhati-hatilah kamu dalam menyatakan kelebihan kamu. Jangan sampai menyatakan kelebihan ini dapat memberi kesan sombong di mata orang lain. Apalagi pada saat interview, tentu akan berakibat fatal, nih.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Mengiringi Pernyataan dengan Pengalaman

Ikuti Tips Saat Interview Ini agar Tampil Stand Out
Pengalaman melakukan perjalanan di atas pegunungan

Kalimat yang menyatakan pengalaman akan menambah kesan menarik. Pengalaman akan lebih disukai karena telah terjadi atau dilakukan. Fakta yang dipaparkan berdasarkan pengalaman harus kamu periksa kembali, nih. Tentu harus bersesuaian dengan posisi yang kamu lamar ya.

Recruiter memiliki waktu yang sangat sempit dalam menyeleksi calon pegawainya. Oleh karena itu, apabila kamu dipanggil untuk interview, artinya kamu adalah sosok yang sesuai dengan harapan recruiter. Mereka akan senang jika kamu menceritakan detail pengalaman yang kamu miliki. Jelaskan yang kamu muat di resume dan jawablah pertanyaan dengan mengaitkan pada pengalaman kamu. Jangan lupa untuk tetap ringkas dan langsung pada intinya. 

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

4. Jangan Terlalu Banyak Mengulang Perkataan

Ikuti Tips Saat Interview Ini agar Tampil Stand Out
Menghindari kalimat yang tidak perlu

Jawablah pertanyaan interview dengan tidak terlalu banyak mengulang. Terlebih apabila telah termuat dalam resume. Ini akan memberikan kesan yang membosankan. Ceritakanlah hal menarik pada resume kamu, tetapi tidak mengulang pernyataan yang sama persis dengan yang dituliskan.

5. Menjawab Pertanyaan dengan Sopan dan Hormat

Ikuti Tips Saat Interview Ini agar Tampil Stand Out
Senyum yang dapat memberikan kesan positif

Attitude adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan terlebih dalam bekerja. Perusahaan cenderung tidak akan memilih calon pegawainya dengan attitude yang minim. Meskipun calon pegawainya adalah orang yang memiliki kelebihan di atas rata-rata.

Menjaga etika sopan santun dan sikap hormat harus senantiasa kamu lakukan. Buatlah kesan bahwa kamu adalah orang yang dapat diandalkan dengan siapapun. Dengan begitu, mereka akan menghargai kamu dan tidak segan untuk menerima kamu.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu praktikkan saat melakukan interview. Persiapkan dengan baik dan berdoalah. Karena sejatinya usaha tidak akan mengkhianati hasil akhir. Semangat!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.