Networking untuk Perkembangan Karier, Apa Saja Manfaatnya?

Membangun karier yang baik bukan hanya soal meningkatkan kemampuan teknis semata, tetapi juga banyak hal yang berkaitan dengan perkembangan karier, salah satunya adalah networking. Ini merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia kerja karena networking akan memberikan beragam manfaat yang sangat berdampak pada kesuksesan karier seseorang.

Merangkum dari beberapa sumber, networking atau jejaring merupakan sebuah cara yang bisa kamu lakukan untuk saling bertukar informasi dan ide dengan beberapa orang yang memiliki profesi atau ketertarikan dalam bidang tertentu.

Networking merupakan salah satu social skill yang wajib untuk kamu miliki agar bisa mengembangkan karier. Kemampuan ini penting dalam membangun relasi dengan orang lain. Selain itu, kemampuan networking juga bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Melihat betapa bermanfaatnya hal ini, MySkill akan membahas secara mendalam mengenai manfaat networking yang baik bagi dunia kerja agar kamu mengetahui manfaatnya dan makin semangat untuk membangun relasi. Simak tulisan ini sampai habis, ya!

1. Saling Membantu Satu Sama Lain

Networking untuk Perkembangan Karier, Apa Saja Manfaatnya?
Dengan relasi yang baik akan saling menolong satu sama lain

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan ketika memiliki jejaring yang baik adalah bisa saling membantu satu sama lain. Kamu dapat saling bertukar informasi tentang lowongan pekerjaan, berbagi pengalaman kerja, dan bertukar ide dengan mereka.

Selain itu, kamu juga bisa saling memberikan rekomendasi positif di LinkedIn. Dengan saling membantu, harapannya semua pihak bisa mencapai kemajuan dalam kariernya di masa yang akan datang.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Mendapatkan Referral dari Networking

Networking untuk Perkembangan Karier, Apa Saja Manfaatnya?
Referral sangat bermanfaat bagi keberhasilan karier

Referral merupakan rujukan dari pihak lain dalam dunia profesional dan bisnis. Biasanya, dikenal sebagai rekomendasi yang diberikan seseorang tentang kapabilitas atau jabatan tertentu kepada seseorang yang ia ketahui kinerjanya. Dari jejaringlah hal semacam ini bisa kamu dapatkan.

Dalam networking, dukungan berupa rekomendasi merupakan hal yang penting di dunia kerja. Seseorang yang mendapatkan referral biasanya mendapatkan prioritas lebih, misalnya saat sedang melamar pekerjaan. Dengan ini, perekrut bisa mempertimbangkan rekomendasi yang ada.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Networking yang Luas Dapat Membuka Peluang Baru

Networking untuk Perkembangan Karier, Apa Saja Manfaatnya?
Peluang akan terbuka lebih luas dengan memiliki networking yang baik

Manfaat berikutnya dari memiliki jejaring yang baik adalah kesempatan yang semakin terbuka luas. Misalnya, seseorang akan menawarkan pekerjaan baru karena mengetahui kemampuan dan kapabilitas yang kamu miliki.

Makin banyak relasi yang kamu miliki, maka makin banyak pula informasi dan kesempatan yang didapat. Melalui networking, kamu akan menemukan koneksi di industri yang diinginkan. Misalnya, jika tertarik dengan industri perfilman, segeralah membangun relasi dengan orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Dengan begitu, kamu akan mendapat lebih banyak informasi dan kesempatan juga terbuka lebih luas

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu dalam rangka mengembangkan networking agar membuka kesempatan yang lebih luas demi karier yang lebih baik.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Networking Membantumu Mendapatkan Promosi Jabatan

Networking untuk Perkembangan Karier, Apa Saja Manfaatnya?
Peluang naik jabatan semakin besar ketika berhasil membangun networking

Networking tidak hanya bermanfaat bagi job hunter, tetapi juga banyak manfaatnya bagi kamu yang sedang bekerja di suatu tempat. Oleh karena itu, bangunlah juga jejaring yang baik dengan kolega di tempat kerjamu, misalnya dengan rekan satu departemen atau dengan atasanmu.

Atasan tentu akan makin mengenalmu jika kamu berhasil membangun relasi yang baik dengannya. Setelah relasi itu terbangun, tunjukkanlah performa terbaikmu dalam bekerja agar makin terbuka kesempatan untuk naik jabatan karena berhasil memberi kesan yang baik di mata atasan.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Networking untuk Perkembangan Karier, Apa Saja Manfaatnya?
Rasa percaya diri timbul dari pengakuan

Manfaat dari memiliki networking yang terakhir adalah menumbuhkan rasa percaya diri. Makin efektif jejaring yang kamu bangun, maka makin kuat rasa percaya diri yang muncul dari dirimu.

Hal ini bisa terjadi karena seorang relasi akan memberikan pengakuan dan dukungan terhadap kemampuan dan/atau pencapaian seseorang sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri seseorang tersebut.

Demikianlah pembahasan lengkap dari MySkill tentang manfaat memiliki networking yang baik bagi perkembangan karier seseorang. Kamu bisa mengembangkan jejaring dengan berbagai cara, seperti mencarinya di LinkedIn, media sosial, mengikuti career event, bergabung dengan organisasi, ikut magang, dan berbagai cara lainnya.

Selain networking, kamu juga memerlukan kemampuan lainnya agar bisa mengembangkan karier. Kamu tidak akan mendapat rekomendasi dari orang lain jika tidak memiliki kemampuan yang memadai. Nah, tahukah kamu? MySkill juga memiliki beberapa kelas pengembangan karier lo!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill