5 Tips Optimalisasi SEO pada WordPress untuk Tingkatkan Viewers

WordPress merupakan salah satu jenis CMS (Content Management System) yang banyak digunakan oleh perusahaan atau pemilik bisnis untuk memasarkan produknya. Selain karena aksesnya yang mudah, platform ini memiliki satu keunggulan berupa plugin SEO yang membantu para pengguna dalam meraih rank teratas pada pencarian Google.

Namun, meski fitur yang tersedia sudah cukup lengkap, perlu strategi yang tepat agar kamu bisa memanfaatkan tools pada WordPress dengan maksimal. Untuk itu, yuk, simak 7 tips optimalisasi SEO pada WordPress untuk tingkatkan viewers berikut ini!

1. Masukkan Keyword pada Seluruh Bagian Artikel

WordPress
Sisipkan keyword pada setiap bagian artikel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum menulis artikel adalah riset kata kunci atau keyword. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kata apa yang banyak digunakan oleh para pengguna internet saat mencari sebuah topik tertentu.

Adapun untuk mencari kata kunci yang tepat, kamu bisa memanfaatkan beberapa tools seperti Google Trends, Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs, SEMrush, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, masukkan keyword yang telah kamu pilih pada setiap bagian tulisan. Sebagai contoh, ketika kamu mengambil kata kunci “makanan sehat” dan hendak menulis artikel “10 Makanan Sehat untuk Turunkan Berat Badan”, maka pastikan pada poin 1 hingga 10 terdapat kata “makanan sehat” di dalamnya.

Namun, kamu harus menyisipkan keyword tersebut secara natural sehingga dapat membaur dengan isi artikel.

2. Perhatikan Title Tags pada WordPress

WordPress
Pilih title tags yang menarik

Cara mengoptimalkan fitur SEO pada WordPress berikutnya adalah dengan memperhatikan title tags. Title tags merupakan judul yang muncul pada halaman hasil pencarian. Melalui title tags pula, pembaca akan melihat bagaimana isi pokok tulisan tersebut.

Oleh karena itu, pilih rangkaian judul semenarik mungkin agar orang-orang tergerak untuk membaca lebih lanjut mengenai artikelmu.

Adapun berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat title tags.

  • Buat title tags yang ringkas. Meskipun Google tidak memberi batasan mengenai panjang judul, usahakan untuk tetap menggunakan kurang dari 70 karakter, yakni panjang judul maksimal yang dapat ditampilkan oleh SERP (Search Engine Result Page) pada perangkat mobile maupun desktop.
  • Buat judul yang spesifik.
  • Masukkan keyword pada title tags.

Baca juga: Tujuan SEO untuk Bisnis Online yang Pemula Harus Tahu

3. Maksimalkan Meta Description

WordPress
Buat meta description yang singkat dan padat

Setelah menentukan title tags, tips optimalisasi SEO berikutnya adalah dengan memaksimalkan meta description. Secara umum, meta description merupakan ringkasan dari isi artikel yang terletak tepat di bawah title tags dan umumnya memiliki panjang 120 hingga 156 karakter.

Tidak hanya itu, meta description juga akan tampil saat kamu membagikan link artikel tersebut di media sosial.

4. Optimalisasi Permalink dan Backlink

Optimalkan penggunaan permalink dan backlink

Permalink merupakan alamat URL yang memuat identitas artikel. Pada platform WordPress, permalink akan secara otomatis terbentuk dan diambil dari judul tulisan. Namun, kamu bisa mengubah permalink tersebut agar lebih SEO friendly dengan menggunakan beberapa cara berikut.

  • Gunakan kata-kata yang singkat dan efektif.
  • Selipkan kata kunci pada permalink.
  • Gunakan huruf kecil.
  • Permalink harus sesuai atau relevan dengan isi konten.

Adapun yang tak kalah penting dari permalink ialah backlink. Singkatnya, backlink merupakan pranala yang mengarah pada situs atau halaman website lainnya. Salah satu cara untuk menaikkan rank artikel adalah dengan menyisipkan backlink dari tulisan yang memiliki viewers tinggi pada website milikmu.

Baca juga: 5 Plugin SEO untuk Meningkatkan Viewers

5. Manfaatkan Image SEO pada WordPress

Tambahkan gambar yang relevan dengan artikel

Tips meningkatkan viewers pada WordPress berikutnya yakni dengan memanfaatkan gambar, grafik, atau tampilan visual lainnya. Selain mendukung artikel agar lebih menarik, penambahan gambar juga akan membantu kamu untuk meningkatkan SEO.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan gambar pada WordPress.

  • Perkecil ukuran gambar.
  • Gunakan alt text untuk gambar.
  • Pilih format gambar yang sesuai.
  • Berikan nama gambar yang mengandung keyword.

Itulah 5 tips optimalisasi SEO pada WordPress untuk meningkatkan viewers. Selain kemampuan mengelola website yang baik, yuk, kembangkan potensi dan skill lainnya yang kamu miliki dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp bersama MySkill!

Editor: Deden Usman Hafidi