5 Manfaat SEO untuk Mengembangkan Website Kamu, Wajib Tahu!

Pada zaman digital sekarang ini, pemahaman tentang Search Engine Optimization (SEO) adalah hal yang penting. Manfaat SEO dapat membantu kita dalam mengembangkan website. Banyak juga orang-orang yang mulai menekuni bidang penulisan SEO karena prospek pekerjaan yang cukup menjanjikan.

SEO sendiri adalah sebuah teknik yang berupaya untuk mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil mesin pencarian. 

Google adalah mesin pencarian paling banyak digunakan oleh kebanyakan pengguna internet. Berdasarkan Google Search Statistic, lebih dari 3 milyar pencarian digulirkan setiap harinya melalui Google Search.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui manfaat-manfaat dari SEO, yuk simak rangkuman Myskill.id tentang 5 manfaat SEO untuk website kamu!

1. Target Audiens yang Tepat

manfaat SEO https://www.pexels.com/photo/1851415/
Menggunakan Kata Kunci yang Tepat untuk Audiens

Jika menggunakan SEO, maka target audiens yang akan mengunjungi website kamu menjadi lebih tepat sasaran. Hal ini akan membuat aktivitas traffic web kamu lebih ramai dengan preferensi keywords tertentu.

Misalnya, website kamu fokus pada pembahasan travelling, maka para pengguna internet akan mencari keywords yang tepat atau berhubungan dengan travelling. Dengan penerapan metode SEO yang tepat, website kamu dapat menjaring audiens tersebut.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Website Muncul di Halaman Pertama Google Search

manfaat SEO
Konten Website Menjadi Headline di Mesin Pencarian

Kebanyakan pengguna Google Search hanya akan mencari website yang muncul di beberapa peringkat teratas di halaman pertama saja. Jadi, dengan penerapan SEO yang tepat, website kamu dapat muncul di deretan peringkat atas halaman utama Google Search atau mesin pencarian lainnya.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

3. Membangun Brand Awareness Suatu Produk

manfaat SEO https://www.pexels.com/photo/6231/
Penerapan SEO yang Tepat untuk Merek Produk

Dengan menggunakan SEO, maka kunjungan atau traffic suatu website dapat membangun brand awareness untuk suatu produk. Para pengguna internet menggunakan Google Search sebagai tempat mereka mencari suatu produk. Maka dengan ini, SEO menjadi hal penting untuk membangun brand awareness.

SEO adalah metode yang strategis untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan produk-produk. Semakin banyaknya pengunjung di laman website kamu, maka produkmu akan semakin dikenal dan memperoleh peringkat teratas di laman mesin pencarian.

Walaupun menggunakan SEO bukan cara yang instan, tapi dengan konsisten memakai kata kunci tertentu, maka website akan mendapatkan traffic dan visitor yang semakin ramai.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. SEO adalah Sebuah Investasi

manfaat SEO https://www.pexels.com/photo/6781008/
SEO sebagai Bentuk Investasi yang Berkelanjutan

Jika kamu secara konsisten menggunakan kata kunci tertentu dengan metode SEO yang benar dan tepat, maka seiring berjalannya waktu, website kamu akan memiliki banyak traffic dan berpengaruh pada intensitas kemunculan di mesin pencarian.

Hal ini akan membuat website kamu membangun traffic secara alami dan berkelanjutan. Tentu saja akan berdampak pada bagaimana produk di situsmu menjadi semakin dikenal audiens, bukan?

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Membuat Top-of-Mind Brand

manfaat SEO https://www.pexels.com/photo/1435750/
Produk Akan Semakin Mudah diingat dengan SEO

Top-of-Mind Brand adalah sebuah julukan untuk sebuah merek produk yang sudah melekat atau terkenal di antara audiens. Seperti produk air mineral, pasti yang terlintas adalah Aqua dan pasta gigi adalah Pepsodent.

Jika SEO yang kamu buat sudah kuat dan berada di posisi teratas untuk jangka panjang, maka akan banyak audiens yang mengenalnya dan membuat merek produknya menjadi Top-of-Mind. Website kamu akan memiliki akar yang kuat sehingga tidak mudah tergeser di laman mesin pencarian.

Itulah 5 manfaat SEO untuk pengembangan website kamu. Dengan penerapan dan penggunaan yang tepat serta konsisten, SEO akan membantu website kamu menjadi top-tier dan sulit tergeser dari deretan most-searched di mesin pencarian.

Jika kamu masih bingung dengan SEO dan cara menggunakannya, kamu bisa kunjungi bootcamp Myskill.id karena di sana kamu akan menemukan banyak pelatihan dan pengetahuan untuk membuat dan mengembangkan website kamu. Yuk, langsung cek!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill