3 Keuntungan Ikut Kegiatan Volunteer! Kamu Tertarik?

Kata orang bijak, kita harus memaksimalkan diri kita dalam mencari pengalaman. Masa muda hanya terjadi sekali, jangan takut untuk mencoba segala hal baru yang belum pernah kita lakukan. Pengalaman bahkan menjadi kunci kemudahan dalam menggapai kesuksesan. Nah, terlebih lagi untuk para mahasiswa harus mampu memanfaatkan momen. Selain mendapatkan pengalaman, CV menjadi lebih bervariatif sehingga membuat branding diri kamu meningkat.Banyak jalan yang dapat kamu tempuh untuk mendapatkan pengalaman, salah satunya melalui kegiatan volunteer.

Pasti kamu sudah tidak asing dengan kata tersebut. Nah, kamu pasti pernah berpikiran untuk mencoba mengikuti kegiatan ini, tetapi kamu bingung apakah benar kegiatan ini ada manfaatnya? Atau hanya kegiatan yang membosankan? Bagus organisasi atau volunteer? Bakal rugi atau tidak ya?

Tenang sobat! Kamu tidak perlu khawatir dengan berbagai pertanyaan yang sedang ramai di pikiranmu. Melalui tulisan ini MySkill.id akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh apa itu volunteer dan keuntungan mengikuti volunteer untuk menunjang karir kamu. Jadi mari kita simak hal tersebut di bawah ini:

Apa Itu Volunteer?

apa itu volunteer
Kegiatan Volunteer

Ada yang bilang “tak kenal maka tak sayang” maka mari kita kenalan terlebih dahulu dengan volunteer. Volunteer sendiri memiliki pengertian berupa pekerjaan yang dilakukan secara sukarela dan tentunya kegiatan ini tidak mengharapkan imbalan yang berarti. Eits, tetapi jangan berpikiran bahwa mengikuti volunteer hanya akan membuatmu rugi. Banyak ilmu dan pengalaman yang dapat kamu terima dalam mengikuti volunteer, terlebih lagi para mahasiswa perlu mengeksplor diri lebih banyak bukan.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Volunteer VS Organisasi, Bagus Yang Mana?

Untuk para mahasiswa, kalian pasti diberi 2 pilihan tersebut, terlebih lagi jika tujuan kalian adalah membuat CV menjadi lebih bervariasi agar mampu menarik hati para HRD. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Namun melalui kegiatan volunteer, ruang lingkup menjadi lebih luas dan pengalaman yang kamu dapat menjadi lebih bervariasi. Kamu akan terlatih untuk mampu menyelesaikan permasalahan yang lebih mendalam di masyarakat dan berpikir secara kritis.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

Keuntungan Mengikuti Volunteer

Eits, jangan salah ya para sobat MySkill.id, meski kegiatan ini bersifat sukarela kamu juga akan mendapatkan berbagai keuntungan loh! Dan tentunya keuntungan ini sangat berguna dalam menunjang karir kamu. Jadi, yuk kita simak bersama:

1.     Memperluas NetWorking
memperluas koneksi melalui volunteer
Semakin mudah mendapatkan koneksi

Selain mendapatkan berbagai pengalaman, keuntungan yang kamu dapat adalah semakin memperluas networking kamu. Terlebih lagi, peran networking sangatlah penting untuk masa depan. Dengan semakin banyak kamu mempunyai networking tentunya akan semakin mempermudah kamu dalam menunjang karir dan membangun koneksi yang berarti.

2.     Meningkatkan Personal Branding
improving personal branding
Personal Branding semakin keren

Melalui kegiatan volunteer akan mendorong peningkatan pada personal branding kamu. Personal branding yang terlatih dari kegiatan volunteer tentunya akan mendorong peningkatan pada kualitas dan kuantitas diri kamu. Selain itu, kamu juga akan semakin terasah dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dengan baik. Tentunya hal tersebut sangatlah berguna dalam menunjang karir kamu.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

3.     Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Dengan Tim
meningkatkan kerjasama tim
Kerjasama dalam tim semakin terasah

Selain keuntungan yang bersifat individu, dengan mengikuti volunteer kamu juga akan semakin terbiasa untuk bekerja dalam tim loh! Kamu akan mampu untuk mengatur, koordinasi, komunikasi, dan bekerjasama dalam mencapai suatu tujuan. Kamu juga akan semakin terlatih untuk mampu menyampaikan pendapat dan mendengarkan pendapat dari orang lain. Bahkan sikap kepemimpinan kamu juga ikut meningkat loh!

Itulah perkenalan dari kegiatan volunteer. Jika kamu ingin belajar lebih banyak mengenai cara membangun karir yang baik secara profesional, sobat MySkill.id bisa mempelajarinya lebih lanjut melalui kelas yang ditawarkan oleh MySkill.id. Kamu bisa mengakses kelas “Mempersiapkan Karir Profesional”.

Di kelas ini kamu akan memperoleh modul lengkap dan mempelajari berbagai macam hal mengenai kebutuhan industri dan persiapan akademik, kesiapan soft-skill dan hard-skill, proses pencarian kerja dan seleksi umum, dan sebagainya. Menarik bukan! Terlebih lagi dengan semakin banyaknya persaingan seleksi ketat dalam dunia kerja menuntut kamu harus lebih semangat dalam mencari ilmu. Jadi jangan lupa ya!

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

uat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor : Apreliani Dwiastuti