Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan, Setelah Lulus Kerja Apa?

Pencemaran lingkungan di seluruh dunia semakin parah setiap tahunnya, hal tersebut juga terjadi di Indonesia. Pencemaran tersebut tentunya berdampak buruk bagi semua makhluk hidup. Maka dari itu, Indonesia membutuhkan orang-orang yang memiliki kompetensi di bidang kesehatan lingkungan.

Buat kamu anak lulusan jurusan D3 Kesehatan Lingkungan yang bingung setelah lulus mau kerja apa, gak perlu khawatir! Baca aja artikel ini untuk informasi peluang atau prospeknya karena Indonesia membutuhkanmu!

1. Pengawas Pemenuhan Lingkungan Hidup

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan, Setelah Lulus Kerja Apa?
Jangan sampai melakukan pelanggaran, yah!

Menjadi pengawas pemenuhan lingkungan hidup adalah pilihan karir pertama yang bisa kalian lakukan setelah lulus dari D3 kesehatan lingkungan. Sebenarnya, pekerjaan ini cukup jarang kita temui di Indonesia, loh!

Seperti namanya, seorang pengawas pemenuhan lingkungan hidup memiliki tugas utama melakukan investigasi sumber polusi suatu daerah guna memastikan daerah tersebut memenuhi kebijakan lingkungan hidup sesuai regulasi dan kebijakan pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pusat.

Pengawas pemenuhan lingkungan hidup wajib mencatat, mendokumentasikan, dan melaporkan hasil investigasi tersebut. Jika mereka menemukan sebuah pelanggaran, mereka berwenang untuk menentukan jenis pelanggaran, melayangkan peringatan tertulis, serta melakukan penindakan.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Perencana Restorasi Lingkungan

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan, Setelah Lulus Kerja Apa?
Pekerjaan yang cocok bagi kalian yang suka kegiatan menjaga alam

Perencana restorasi lingkungan memiliki tugas yang berkaitan erat dengan lingkup restorasi lingkungan. Mulai dari pengolahan data ilmiah hingga menyiapkan data tersebut menjadi rancangan untuk menerapkannya di lapangan. Profesi ini juga bisa kita sebut sebagai otak dari setiap kegiatan restorasi lingkungan.

Perencana restorasi lingkungan akan banyak berkolaborasi dengan para ahli di lapangan untuk melihat perkembangan proyek restorasi. Selain itu, mereka juga harus melakukan komunikasi bersama pemilik lahan untuk memberikan berbagai rekomendasi restorasi terbaik.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Peneliti Medikal

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan, Setelah Lulus Kerja Apa?
Kalian bisa mengambil pekerjaan ini kalau gak suka keluar ruangan

Pekerjaan ketiga yang bisa kalian pilih adalah peneliti medikal. Tak seperti pengawas pemenuhan lingkungan hidup, pekerjaan ini termasuk mudah kita temukan di Indonesia. Hanya dengan membaca namanya, kita bisa mengetahui bahwa pekerjaan ini memiliki kaitan erat dengan dunia medis.

Sama seperti dokter dan tenaga medis lainnya, peneliti medikal juga turut berkecimpung dalam melakukan penyelidikan, penelitian, dan pengembangan klinis. Yang menjadi pembeda adalah ruang lingkupnya. Seorang peneliti medikal hanya melakukan penelitian yang berkaitan dengan penyakit serta peningkatan kesehatan manusia.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

4. Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan, Setelah Lulus Kerja Apa?
Pekerjaan mulia bagi kalian yang suka menolong sesama

Sebenarnya, pekerjaan yang satu ini sudah banyak menjadi sebuah program studi di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Nama prodinya adalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Lulusannya banyak yang bekerja sebagai ahli kesehatan dan keselamatan kerja. Bagi kalian lulusan D3 Kesehatan Lingkungan, kalian gak perlu berkecil hati karena kalian juga bisa menjadi ahli K3!

Seorang ahli K3 bertugas untuk melakukan perencanaan yang matang serta pelaksanaan keselamatan dan kesehatan bagi para pekerja, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja.

Selain itu, ahli K3 juga bertugas untuk melakukan pengecekan rutin terhadap berbagai alat dan mempunyai wewenang untuk menghentikan penggunaan alat tersebut jika sudah tidak layak pakai. Jika terjadi kecelakaan kerja, ahli K3 memiliki kuasa penuh untuk melakukan penyelidikan guna menghindari kejadian tersebut terulang kembali.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Ahli Ekologi Industri

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan, Setelah Lulus Kerja Apa?
Harus siap nanggung dua beban, yah!

Ahli ekologi industri memiliki tugas yang berhubungan dengan alam serta ekosistem yang berada di sekitar area industri. Seorang ahli ekologi industri menerapkan dan menggunakan ilmu pengetahuan dari berbagai sektor untuk memanfaatkan alam sekitar guna mendapatkan keuntungan bagi pabrik. Namun, mereka juga harus dapat mencegah kerusakan ekosistem yang parah di sekitar area industri tersebut. Berat banget gak, sih?

Itu dia beberapa pilihan karir yang dapat kalian lakukan setelah lulus dari jurusan D3 Kesehatan Lingkungan khususnya dari Poltekkes. Gimana? Menarik bukan? Mulai sekarang kalian gak perlu merasa bingung mau kerja dimana setelah lulus nanti. Kalian juga bisa bertanya pada kakak tingkat yang sudah lulus untuk mendapat gambaran pekerjaan apa yang bisa kalian pilih nantinya.

Kalau kalian masih bingung mau kerja apa setelah lulus, mungkin kalian bisa mengikuti berbagai kelas dan boot camp mengenai Persiapan Karir bersama MySkill.id! Kalian juga bisa mengambil kelas untuk Sukses Menghadapi Wawancara Kerja biar gak grogi saat menghadapinya nanti! Yang jelas kalian gak akan menyesal, deh! Jadi, tunggu apalagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill